Ayo Mengenal Desain Grafis Lebih Dekat

Perkembangan zaman dan juga ilmu pengetahuan teknologi memberikan dampak kepada terciptanya ide-ide baru yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat modern. Salah satu contoh dari hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ialah Desain Grafis.
Bagi sebagian masyarakat modern, desain grafis bukanlah suatu hal yang asing, dan banyak dari masyarakat-masyarakat modern di Indonesia yang sudah tau apa itu desain grafis. Tetapi, apa kamu sudah tau apakah Desain Grafis itu? Jika belum tau, berikut penjelasannya..

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Sejarah Perkembangan Desain Grafis di Dunia
Perlu kita ketahui, sejarah desain grafis merupakan salah satu sejarah yang tak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan seni rupa di dunia ini. Salah satu bukti dari sejarah desan grafis di dunia ialah dengan ditemukannya lukisan gua di Lascaux, Perancis, yang diperkirakan berasal dari tahun 15.000-10.000 SM (Sebelum Masehi). Selain itu, Henry Cole menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain grafis di Inggris, ia meyakinkan pemerintah mengenai pentingnya desain grafis. Pesan itu ia sampaikan dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

Dan tahukah kamu? Kata Desain Grafis pertama kalinya dipakai pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh seorang desainer buku Amerika yang bernama William Addison Dwiggins

Manfaat Desain Grafis di Kehidupan Modern
Sebagai seorang remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, saya tak henti-hentinya terus mempelajari dan mencoba hal-hal baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, terutama dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia teknologi, termasuk desain grafis sob! Walaupun saya masih tergolong pemula di dalam dunia desain grafis, namun saya sudah cukup banyak merasakan manfaat dari desain grafis ini. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, desain grafis memiliki banyak sekali manfaat yang pasti akan dirasakan bagi siapa saja yang mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Tak hanya dapat bermanfaat bagi diri sendiri, desain grafis juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Dalam tulisan kali ini saya akan memaparkan mengenai manfaat desain grafis di kehidupan modern. Nah, apa sajakah manfaat dari desain grafis tersebut? Yuk kita intip di bawah ini…

Mempercantik Tampilan Blog

Desain grafis merupakan salah satu ilmu yang cukup penting yang seharusnya bisa dikuasi oleh para blogger di Tanah Air. Selain menyediakan konten yang berkualitas, sebaiknyalah para blogger di Tanah Air juga menyisipkan sedikit desain grafis di blognya agar pembaca tidak mudah bosan ketika membaca tulisan di blog kita, apalagi orang Indonesia terkenal dengan budaya malas membacanya. Saya pribadi pun sudah merasakan betapa bermanfaatnya desain grafis jika diterapkan pada blog. Dengan menyisipkan desain grafis di blog, tentu akan membuat blog kita lebih hidup sehingga membuat pengunjung betah.

Salah satu media Indonesia yang terkenal dengan desain grafisnya yang keren ialah Tirto.id. Tirto.id sekarang sukses menjadi media besar dan dikenal luas oleh masyarakat, bukan hanya karena kontennya berkualitas namun juga karena desain grafis-nya yang keren. Kamu bisa mencontohnya nih!

Memudahkan Dalam Berdakwah

Di zaman modern seperti sekarang ini, berdakwah tak harus dilakukan dengan kata-kata apalagi dengan cara kekerasan, dakwah juga bisa dilakukan melalui perantara media visual seperti desain grafis. Berdakwah dengan menggunakan desain grafis yang keren tentunya akan lebih menarik dan dapat membuat kita lebih mudah dalam menyebarkan syiar agama islam. Berdakwah menggunakan desain grafis tentunya dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk mengajak orang-orang untuk melakukan kebaikan, tertarik untuk mencobanya? (Sumber Gambar: Muslim Designer Community)

Membuka Peluang Usaha

Selanjutnya, dengan mempelajari desain grafis sungguh-sungguh kita bisa membuka usaha sendiri juga loh. Yap, seiring dengan kemajuan zaman kebutuhan masyarakat dan perusahaan pun semakin meningkat, termasuk dalam kebutuhan desain. Banyak dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuatkan logo, banner, dan berbagai keperluan lainnya. Hal ini tentunya merupakan kesempatan bagi kita semua untuk membuka usaha desain grafis untuk keperluan perusahaan seperti logo hingga banner. Banyak dari anak muda di Indonesia yang sudah mulai membuka bisnis dibidang desain grafis. Selain tidak memerlukan modal yang besar (hanya skill + koneksi internet saja) kamu sudah bisa mengantongi omset hingga jutaan rupiah perbulannya. Selain itu, usaha desain grafis ini jangkauannya juga sangaaat luas, kamu bisa membuka bisnis di Indonesia hingga ke mancanegara tanpa hambatan yang berarti.

Memudahkan Mendapat Pekerjaaan

Menjadi seorang yang ahli desain grafis (designer) memang menyenangkan. Selain bisa membuka peluang usaha sendiri, kita juga bisa mendapatkan pekerjan dengan mudah. Banyak banget lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan Indonesia yang berkaitan dengan keahlian desain grafis. Selain itu, perusahaan-perusahaan berani membayar para designer-nya dengan gaji yang tinggi. Oleh karena itu, selagi kita masih muda dan sehat, ayo manfaatkan semuanya untuk mempelajari hal-hal yang bermanfaat!
Tips Menjadi Desainer Grafis yang Handal
Setelah membahas mengenai manfaat desain grafis, selanjutnya saya akan membahas mengenai cara menjadi desainer grafis yang handal. Yap, menjadi desainer grafis yang handal pastinya merupakan dambaan setiap orang. Bagaimana tidak, jika kita sudah menjadi desainer grafis yang handal tentunya kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat lagi, manfaatnya lebih dari yang saya tulis diatas tadi. Tapi, bagaimanakah caranya menjadi seorang desainer grafis yang handal dan bisa bermanfaat untuk umat? Yuk simak dibawah ini…

Rajin Belajar dan Berlatih

Di dunia ini, tak ada sesuatu yang instan. Mie instan yang katanya “instan” aja masih membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa dinikmati. Begitu juga ketika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis yang handal, butuh usaha dan kerja serta keuletan yang cukup. Salah satu caranya ialah dengan rajin belajar dan berlatih seputar desain grafis.
Kamu bisa membaca tutorial-tutorial yang bertebaran di internet atau membeli buku yang berkaitan dengan desain grafis. Dengan rajin belajar serta mempraktekkannya, InsyaAllah kamu bisa menjadi seorang desainer grafis yang handal. Semangat sob!
Lebih baik mengulang 1 ilmu sebanyak 1000 kali dibandingkan mengulang 1000 ilmu hanya 1 kali.

Memilih Pendidikan yang Cocok

Untuk menjadi seorang desainer grafis yang handal hal yang harus kamu perhatikan berikutnya ialah pendidikan. Yap, pendidikan merupakan hal yang penting, terutama untuk kamu yang ingin menjadi seorang desainer grafis yang handal kamu harus memilih pendidikan yang berkaitan dengan dunia desain grafis. Misalnya di SMK, kamu bisa memilih jurusan mulitmedia. Sedangkan jika di Universitas kamu bisa memilih jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual).

Mengikuti Kursus Desain Grafis

Selain kedua tips diatas, ada alternatif lainnya yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi seorang desainer grafis yang handal, yaitu dengan mengikuti program kursus desain grafis di kota sobat. Mengikuti program kursus desain grafis merupakan cara terbaik yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi seorang desainer grafis yang handal.

Kan, tempat kursus desain grafis banyak tuh. Di mana ya tempat kursus yang terbaik?

DumetSchool, Tempat Kursus Desain Grafis Terbaik di Indonesia
Yap bener banget! Di Indonesia memang banyak sekali terdapat tempat kursus desain grafis, tapi hanya ada beberapa tempat kursus desain grafis yang terbaik, salah satunya adalah DumetSchool. Perlu kamu ketahui Dumetschool merupakan salah satu tempat kursus desain grafis terbaik di Indonesia yang sudah memiliki lebih dari 3.000 murid dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga pemilik bisnis pernah belajar di Dumetschool, keren kan?

Beragam Paket Kursus di Dumet School

Kenapa Memilih DUMET School?

Alamat Dumetschool

Bagi kamu yang tertarik untuk kursus desain grafis ataupun yang lainnya di Dumetschool, kamu bisa mengunjungi alamat Dumetschool Dibawah ini:

Kelapa Gading 
Rukan Artha Gading Niaga Blok i – 23,
Jalan Boulevard Artha Gading Kelapa Gading,
Jakarta Utara 14240
(Belakang Mall Artha Gading)
Telp: (021) 4585-0387
Grogol 
Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan,
Jakarta Barat 11470
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)
Telp: (021) 2941-1188
Srengseng 
Ruko Permata Regensi Blok B – 18,
Jalan Haji Kelik Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: (021) 5890-8355
Depok 
Ruko Jalan Kartini Raya No. 53 Pancoran Mas,
Depok 16436 (± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657
Tebet
Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231
(Samping Universitas Sahid).
Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam
(± 1 Menit dari Tugu Pancoran) Jakarta Selatan
12870 Telp: (021) 2298-3886

Dumet School buka setiap hari Senin – Minggu jam 09.00 s/d 21.00

Sejarah desain grafis by Wikipedia.org
Image/Vector by Freepik.com

7 thoughts on “Ayo Mengenal Desain Grafis Lebih Dekat”

  1. Wah keren tulisanya, saya paling suka dengan quote ini "Lebih baik mengulang 1 ilmu sebanyak 1000 kali dibandingkan mengulang 1000 ilmu hanya 1 kali" dan selamat ya atas prestasinya, salam semangat 😀

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *