Membangun Indonesia melalui Teknologi, Informasi dan Komunikasi, Bisakah?

- Oktober 03, 2016
Membangun Indonesia dengan TIK
 Teknologi, informasi dan komunikasi semakin hari semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga membuat internet dan media sosial lainnya juga ikut berkembang. Hanya dengan sebuah smartphone kita bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan sangat cepat. Menurut penelitian 95% orang yang menggunakan internet merupakan orang yang memiliki smartphone. Kini dengan berkembangnya teknologi membuat kita sangat mudah dalam menyebarkan informasi dan juga memudahkan kita dalam berkomunikasi. Bahkan, kita dengan mudahnya berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh, bahkan jaraknya beribu-ribu kilometer bahkan berbeda pulau.

 Berbeda dengan zaman dulu, orang-orang sangat sulit berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Contoh kecilnya saja, dulu Ibu saya sangat sulit untuk menyampaikan kabar atau berita kepada keluarganya yang ada di kampung, karena pada masa itu belum ada yang namanya handphone. Jika menggunakan surat butuh waktu yang cukup lama untuk suratnya benar-benar sampai kepada saudara yang ada di kampung halaman. Mau tidak mau Ibu saya harus pergi menggunakan sampan (perahu) untuk pergi kesana.

 Walaupun cerita yang saya ceritakan tadi sudah sangat lama, namun pada hari ini masih banyak teman-teman kita yang memiliki nasib yang sama seperti Ibu saya. Biasanya yang mengalami hal tersebut orang-orang yang berada di daerah pelosok, atau daerah yang sulit di jangkau. Jangankan komunikasi, transportasi di daerah seperti itu biasanya sangat sulit. Jika mereka ingin pergi kesuatu daerah biasanya mereka harus menyebrangi sungai terlebih dahulu.

 Sedih rasanya jika melihat saudara sebangsa yang mengalami nasib seperti itu, apakah ini yang dinamakan merdeka? Sangat sangat bersyukur, walaupun tempat tinggal saya merupakan sebuah desa, tetapi di daerah saya teknologi sudah lumayan maju. Dimana masyarakat sudah merasakan mudahnya berkomunikasi dan mudahnya mencari informasi.

 Harapan saya bagi daerah yang belum terjamah oleh teknologi semoga cepat merasakan asyiknya menggunakan teknologi :D Saya sendiri sudah banyak merasakan manfaat-manfaat dari teknologi. Ada banyak sekali Manfaat yang bisa saya rasakan dengan adanya teknologi ini, kali ini saya akan membahas manfaat manfaat teknologi yang sudah saya rasakan.

MEMUDAHKAN BERKOMUNIKASI
Memudahkan Berkomunikasi
 Kita merupakan salah satu generasi yang sangat beruntung, sebab kita hidup di zaman yang serba modern. Dimana kita hidup di zaman yang serba mudah, termasuk untuk melakukan komunikasi. Dulu, orang orang sangat sulit melakukan komunikasi dengan saudara-saudara yang berbeda pulau. Berbeda dengan sekarang, orang yang berbeda negara sajapun kita bisa berkomunikasi dengannya.

 Dengan mudahnya berkomunikasi, membuat tali persaudaraan kamu dan keluarga yang jauh semakin menguat. Dan juga membuat kita lebih mudah menyampaikan berita kepada keluarga yang juah, seperti berita kemalangan dan lain sebagainya. Ya, kita boleh bergembira karena kita merupakan generasi yang beruntung. Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika orang pada zaman dahulu melakukan LDR (Pacaran Jarak Jauh)? Pasti sulit banget ya sob. Jangankan bertemu, komuikasi aja susah. Pas datang ke kampung halaman si Doi, eh si Doi tau taunya udah nikah.

 Nah, berkat kecanggihan teknologi sekarang berkomunikasi jadi semakin menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu bisa melihat wajah saudara ataupun keluarga kamu dengan menggunakan Video Call.  Dengan ini kamu bisa melepaskan rindu dengan keluarga atau saudara kamu yang jauh disana. Tak semua orang bisa merasakan berkomunikasi menggunakan Video Call, hanya beberapa jenis perangkat yang mendukung fitur ini seperti laptop dan smartphone, keren tidak?

MEMUDAHKAN MENCARI INFORMASI
Memudahkan Mencari Informasi Terbaru
 Mencari atau mendapatkan informasi di zaman modern seperti sekarang ini jadi semakin mudah. Kamu bisa mendapatkan informasi terupdate dari seluruh Indonesia bahkan seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, kamu bisa mencari informasi dengan cepat dan mudah, hanya dengan sekali klik.

 Kamu tidak bisa langsung mempercayai informasi yang kamu dapatkan di internet. Banyak sekali berita-berita dan informasi informasi yang belum terbukti kebenarannya. Berbeda dengan TV, berita di Internet biasanya di buat oleh orang-orang yang mementingkan pengunjung dibanding kebenaran berita yang mereka buat. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber informasi, alih alih ingin mendapatkan informasi, kita malah dapatkan sebuah kabar bohong (hoax).

 Sebagai seorang pelajar, saya biasanya memanfaatkan internet untuk mencari tugas sekolah. Dibanding membaca buku, mencari tugas sekolah di internet jauh lebih mudah dan praktis. Bagaimana tidak, cukup dengan mengetik tugas yang ingin kamu cari, kamu sudah mendapatkan jawaban dari apa yang kamu cari. Walaupun begitu kita tak boleh meninggalkan kebiasaan baik membaca buku. Jangan sampai karena keasyikan berinternet jadi tidak mau membaca buku.

MEMUDAHKAN MENCARI TEMAN
Memudahkan Mencari Teman
 Bukan hanya bisa melakukan komunikasi atau mencari informasi saja, berkat kecanggihan teknologi kita juga bisa menemukan teman baru. Kamu bisa menemukan teman-teman di internet melalui sosial media ataupun forum. Di sosial media kamu bisa menemukan teman teman baru dan berinteraksi dengan mereka. Ada banyak situs sosial media di dunia, yang paling terkenal dan yang paling sering digunakan oleh orang orang ialah Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Sedangkan forum terkenal dan terbesar di Indonesia ialah KasKus.

 Berbeda dengan dunia nyata, di dunia maya (begitu sebutannya) kamu berinteraksi menggunakan tulisan. Kamu bisa bebas berekspresi, berkomentar dan berinteraksi dengan pengguna sosial media lainnya. Bebas bukan berarti kamu bisa melakukan apa yang kamu mau tanpa batasan. Walaupun hanya sebuah media sosial kamu harus menuliskan atau berinteraksi dan memberikan komentar dengan sopan. Jika tidak, kamu siap-siap berhadapan dengan UU ITE.

 Sebagai negara hukum, Indonesia juga memberikan hukuman kepada siapa saja yang melakukan tindakan yang tidak pantas di sosial media. Sudah banyak kasus yang terjadi di media sosial, seperti seseorang yang menghina presiden kemudian di penjarakan. Oleh karena itu, kita harus bijak dan cerdas dalam menggunakan internet atau sosial media. Jangan sampai karena sosial media kita bisa terjerumus dalam penjara.

MEMUDAHKAN BERKARYA
Memudahkan Berkarya
 Kita sebagai generasi muda seharusnyalah selalu berkarya dan janganlah berfoya foya. Di zaman modern seperti sekarang ini kita bisa dengan mudahnya berkarya. Kamu bisa berkarya baik di dunia nyata maupun di dunia maya dengan sangat mudah. Banyak generasi muda sekarang ini lebih memilih berkarya di dunia maya (internet) dibandingkan di dunia nyata. Contohnya seperti menulis, banyak para pemuda Indonesia memanfaatkan blog sebagai tempat berbagi tulisan, opini dan gagasan.

 Nah, dengan berkembanganya teknologi membuat para penulis di Indonesia jadi lebih mudah dalam menerbitkan buku. Ya, dengan banyaknya dukungan alat untuk menerbitkan buk seperti komputer dan printer membuat para penulis muda jadi lebih semangat untuk membukukan karyanya. Tak heran, di Indonesia sudah banyak tercipta para penulis muda dan hebat.

MEMUDAHKAN MELAKUKAN PROMOSI
Memudahkan Melakukan Promosi
  Jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2016 adalah sekitar 88,1 Juta pengguna dan akan terus bertambah. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna Internet terbanyak di Dunia, Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara pengguna internet aktif terbanyak di dunia. Dengan banyaknya pengguna Internet di Indonesia, memudahkan para pebisnis online dari luar untuk meraup keuntungan di Indonesia.

 Pebisnis online di Indonesia jangan mau kalah dengan pebisnis online asing, kita harus bisa bersaing dan mengalahkan kita. Ayo kita manfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai ajang promosi dan meningkatkan penghasilan usaha-usaha kecil di Indonesia. Dengan adanya internet jadi semakin mudah untuk melakukan promosi terhadap usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

 Kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads ataupun Google Adwords untuk melakukan promosi secara online dengan mudah dan murah. Dengan menggunakan kedua fitur tersebut kamu bisa mendatangkan pembeli atau mempromosikan produk kamu dengan cepat mudah. Sudah banyak orang yang melakukan promosi dengan menggunakan fitur FB Ads ataupun Google Adwords, hasilnya pun menakjubkan.

 Namun, jika kamu tidak memiliki biaya untuk beriklan di Facebook Ads ataupun Google Adwords kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi. Di sosial media seperti facebook terdapat banyak sekali grup jual beli yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan usaha kamu.

MEMUDAHKAN MENCARI LOKASI
Memudahkan Mencari Lokasi
 Mungkin kamu pernah tersesat atau tidak mengetahui suatu lokasi. Pasti rasanya bingung banget ya sob dan bikin kepala jadi pusing. Di era digital seperti sekarang ini ada sebuah sistem yang bernama GPS. GPS ini bisa mengetahui posisi dan letak suatu permukaan bumi. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System atau dalam bahasa Indonesia berarti Sistem Pemosisi Global.

 Cara kerja GPS ialah dengan menggunakan sejumlah satelit orbit bumi, yang memancarkan sinyalnya dan di tangkap oleh alat penerima. Dengan adanya GPS membuat kita jadi lebih mudah mengetahui suatu lokasi dan posisi. Dan jika kita tersesat kita menjadi tidak pusing dan bingung. Selain digunakan untuk mengetahu suatu lokasi, GPS juga berguna untuk membuat peta, mengukur jarak perbatasan, pemantau gempa dan yang paling populer sekarang ialah GPS digunakan untuk untuk mencari Pokemon.

MEMUDAHKAN SEGALA PEKERJAAN
Memudahkan Segala Pekerjaan
 Intinya dengan Teknologi, Informasi dan Komunikasi semua pekerjaan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Contohnya saja ketika kamu sedang kebingungan mencari tugas sekolah, kamu cukup membuka google untuk mencari tugas tersebut.

BISAKAH MEMBANGUN INDONESIA DENGAN TIK?
 Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk membangun Indonesia melalui Teknoologi, Informasi dan Komunikasi. dalam artikel kali ini saya akan membahas cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membangun Indonesia melalui TIK.

MEMPERKENALKAN TIK
Memperkenalkan TIK
 Untuk membangun Indonesia dengan Teknologi, Informasi dan Komunikasi semua elemen harus ikut membantu memperkenalkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada semua orang. Termasuk memperkenalkan TIK kepada masyarakat, anak muda dan kaum pelajar. Dengan memperkenalkan TIK kepada mereka membuat Indonesia jadi semakin maju.

Memperkenalkan TIK Kepada Masyarakat
 Untuk membangun Indonesia melalui Teknologi, Informasi dan Komunikasi langkah awalnya ialah dengan memperkenalkan TIK kepada masyarakat. Dengan memperkenalkannya TIK kepada masyarakat membuat masyarakat tahu bahwa pentingnya TIK dalam membantu kehidupan manusia.

 Yang paling utama ialah memperkenalkan TIK kepada masyarakat yang tempat tinggalnya sangat sulit dijangkau, baik dijangkau oleh pendidikan maupun teknologi. Kenapa? karena jika kita memperkenalkan TIK kepada orang-orang yang hidup di kota mereka akan tahu sendiri apa itu teknologi, informasi dan komunikasi.

 Namun, jika kita memperkenalkan TIK kepada masyarakat yang tempat tinggalnya yang berada di pedalaman itu akan jauh lebih bermanfaat. Kenapa begitu? Karena akses jalan yang sulit membuat mereka tidak mengetahui apa itu TIK. Dengan memberikan mereka pengetahuan mengenai Teknologi, Informasi dan Komunikasi akan membangun Indonesia dan membuat Indonesia jadi semakin maju, sebab dengan memperkenalkan TIK kepada masyarakat akan mencetak generasi-generasi berkualitas. Ada beberapa perubahan yang akan terjadi jika kita mengajarkan TIK kepada masyarakat yang hidup di pedalaman, antara lain sebagai berikut.

  • Komunikasi

 Masyarakat yang hidup di pedalaman akan lebih mudah berkomunikasi karena mereka sudah mengetahui bagaimana caranya memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi. Dengan itu, membuat mereka lebih mudah berkomunikasi dengan keluarga atau saudara-saudaranya yang sedang merantau.

  • Informasi

 Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan dan mengetahui informasi baru seperti dengan menonton televisi ataupun melihat berita di Internet.

  •  Kesehatan

 Membangun Indonesia dengan TIK di daerah pedalaman juga mempengaruhi terhadap kesehatan masyarakatnya. Masyarakat akan meninggalkan kebiasaan lama seperti berobat kedukun jika sakit dan masyarakat akan lebih memilih berobat ke dokter. Dan kesehatan masyarakat di daerah pedalaman akan meningkat karena alat alat canggih kedokteran banyak tersedia di rumah sakit.

Memperkenalkan TIK Kepada Generasi Muda
Memperkenalkan TIK kepada Generasi Muda
 Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang akan mewarisi negara ini di masa depan. Oleh karena itu, untuk membangun Indonesia melalui Teknologi, Informasi dan Komunikasi kita harus memperkenalkan TIK kepada generasi muda baik di sekolah maupun di rumah. Dengan memperkenalkan TIK kepada kaum pelajardan anak muda akan menyadarkan mereka bahwa pentingnya teknologi. Jangan sampai pelajar-pelajar di Indonesia banyak yang GAPTEK (Gagap Teknologi).

 Untuk mencegah terjadinya GAPTEK pada generasi muda, seharusnyalah kita mengajarkan mereka Teknologi, Informasi dan Komunikasi melalui Pendidikan. Sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang mewajibkan siswanya untuk mempelajari TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi). Dengan mengajarkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi kepada generasi muda, kita bisa membangun negara menjadi negara yang lebih maju.

 Dengan mengajarkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi kepada generasi muda membuat mereka sadar bahwa pentingnya TIK bagi kehidupan dan negara. Sehingga, mencetak generasi yang berkualitas yang akan membangun Indonesia di masa akan datang. Dengan terciptanya generasi yang berkualitas akan memudahkan generasi muda untuk bersaing dalam dunia kerja, mengingat di zaman modern seperti sekarang ini sulitnya mencari pekerjaan dan banyak perusahaan-perusahaan yang hanya menerima pekerja yang bisa menggunakan komputer.

 Kesimpulannya ialah untuk membangun Indonesia melalui TIK, kita harus mengajak generasi-generasi muda untuk sama-sama mempelajari Teknologi, Informasi dan Komunikasi agar terciptanya generasi-generasi yang berkualitas yang bisa membangun Indonesia lebih baik kedepannya. Harapan saya dengan diajarkannya generasi muda mengenai teknologi membuat lahirnya lapangan pekerjaan baru dan generasi muda bisa bersaing dan mengalahkan perusahaan-perusahaan teknologi sekelas Google. Dengan munculnya banyak lapangan pekerjaan membuat turunnya angka pengangguran di Indonesia dan angka kriminalitas turun drastis, sehingga membangun Indonesia menjadi negara maju.

Mempromosikan Indonesia dengan Memanfaatkan TIK
 Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan pulaunya, wisatanya, budayanya, tariannya dan masih banyak lagi kekayaan Indonesia yang lainnya. Oleh karena itu, kita patut bangga dan bersyukur telah tinggal di surga dunia ini. Walaupun Indonesia sudah terkenal dengan keindahan alamnya dan keragaman seni budayanya, tapi kunjungan wisatawan Indonesia masih sedikit setiap tahunnya.

 Untuk memperbanyak kunjungan Indonesia setiap tahunnya, kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnyalah cerdas dalam memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi untuk membangun Indonesia. Salah satu contohnya ialah dengan memanfaatkan internet sebagai alat untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia. Kamu bisa memposting atau mengupload foto tempat-tempat wisata indah di Indonesia ke Sosial Media atau dengan membuat tulisan di blog kamu mengenai kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang unik.

 Dengan cara itu membuat semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan tempat-tempat wisata yang indah dan kebudayaan-kebudayaan unik di Indonesia. Semakin banyak yang melihat foto dan tulisan yang kamu posting, kemungkinan semakin banyak pula yang penasaran dan ingin mencoba berkunjung ke Indonesia. Dan kunjungan wisatawan ke Indonesia setiap tahunnya akan bertambah dengan pesat. Begitu caranya sob untuk membangun Indonesia melalui teknologi, informasi dan komunikasi yang selanjutnya.

Mengajak Pengusaha Memanfaatkan Internet
 Untuk membangun Indonesia melalui TIK selanjutnya ialah dengan mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan internet. Ya, internet merupakan salah satu media yang sangat populer sekarang ini. Bagaimana tidak, dengan internet kita bisa mengakses berabagai macam hal, mulai dari informasi, berita dan masih banyak lagi. Pengguna internet di banyak ragamnya, di Indonesia sendiri pengguna internet muncul dari berbagai kalangan mulai dari remaja hingga orang dewasa.

 Dengan banyaknya orang-orang mengakses internet di Indonesia, seharusnyalah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satu contoh memanfaatkan internet dengan baik untuk membangun Indonesia ialah dengan mengajak para pengusaha untuk mempromosikan produk-produk usahannya. Seperti dengan mempromosikan produk ke sosial media, mempromosikan produk usaha melalui website dan masih banyak lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan usaha kamu.

 Dengan memanfaatkan internet dengan baik, seperti untuk promosi. Akan meningkatkan penjualan produk kamu, orderan makin meningkat dan bisnis kamu akan sukses dan berjalan lancar. Dengan begitu, akan banyak tercipta lapangan pekerjaan dan akan membuat Indonesia jadi semakin maju. Sebab pengangguran menjadi turun dan angka kriminalitas juga ikut menurun.

 Begitulah caranya memanfaatkan TIK untuk membangun Indonesia agar lebih baik. Harapan saya sih semoga para pengusaha-pengusaha di Indonesia bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi dengan sebaik baiknya seperti untuk mempromosikan produk-produknya.

Membangun Pendidikan Indonesia dengan TIK
 Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi sebuah negara. Bagaimana tidak, untuk membangun sebuah negara agar menjadi negara yang maju dan berkembang dibutuhkan pendidikan yang baik kepada generasi mudanya. Dengan diberikannya pendidikan yang baik kepada generasi muda akan membuat Indonesia menjadi negara maju. 

 Di Indonesia sendiri sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan TIK dengan baik, terutama dalam bidang pendidikan. Salah satu contohnya ialah pada tahun lalu ada beberapa sekolah di Indonesia yang melaksanakan ujian secara online. Menurut pandangan saya pribadi, ujian online sangatlah bermanfaat, karena dengan adanya ujian online kita bisa menghemat kertas.

 Bukan hanya ujian online, contoh lainnya pemanfaatkan TIK dalam bidang pendidikan ialah dengan memanfaatkan LCD Proyektor untuk menerangkan mata pelajaran di sekolah. Menurut mbah wiki, pengertian dari LCD Proyektor adalah salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb.

 Dengan menggunakan LCD Proyektor, guru-guru di sekolah jadi lebih mudah dalam menerangkan suatu mata pelajaran, sehingga belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan. Begitulah caranya membangun pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan TIK, semoga Indonesia bisa semakin maju dan berkembang.

Memanfaatkan TIK Untuk Kemajuan Kesehatan
Teknologi Kesehatan
 Kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi sebuah negara. Bagaimana tidak, dengan baiknya fasilitas kesehatan di sebuah negara akan membuat rakyat-rakyatnya menjadi sehat dan sejahtera. Sehingga menciptakan generasi-generasi penerus yang kuat dan sehat.

 Oleh karena itu, seharusnyalah kesehatan sangat di kedepankan, karena kesehatan menyangkut masa depan negara. Bayangkan saja jika fasilitas kesehatan di Indonesia buruk, akan menyebabkan seluruh rakyatnya terjangkit penyakit yang berbahaya sehingga akan menimbulkan kematian. Kalau koruptor yang mati sih gak apa-apa, bayangkan saja jika manusia-manusia yang hebat yang meninggal, pasti Indonesia akan menjadi negara yang miskin dan tidak berkembang.

 Untuk meningkatkan kesehatan di Indonesia seharusnyalah kita memanfaatkan TIK dengan baik. Dengan memanfaatkan TIK dengan baik akan membuat layanan kesehatan di Indonesia semakin bagus. Salah satu contoh manfaat TIK bagi dunia kesehatan terutama di Indonesia ialah dengan adanya TIK peralatan-peralatan kedokteran di Indonesia jadi semakin berkembang. Sehingga membuat dokter lebih mudah dalam mengobati pasien.

 Jika dulu orang Indonesia jika mengalami sakit pergi berobat ke dukun, namun sekarang dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan di Indonesia, banyak rakyat yang sadar bahwa dukun tak bisa sepenuhnya membantu menyembuhkan penyakit, apalagi menyakit yang tergolong 'mematikan'. Oleh karena itu, banyak sekarang orang Indonesia yang lebih memilih berobat ke dokter dibandingkan ke dukun.

 Jika ke dokter kamu bisa di sembuhkan dengan alat-alat yang canggih, sedangkan kamu ke dukun bisa di sembuhkan menggunakan apa? Semburan? Hmm.. enggak deh..

Tips Menggunakan Teknologi dengan Baik
Tips menggunakan teknologi dengan baik dan benar dari saya ialah kamu harus menggunakan teknologi, informasi dan komunikasi sebaik mungkin. Jangan kamu sia-siakan kemajuan zaman ini untuk kegiatan yang tidak berguna. Cara menggunakan teknologi dengan baik dan benar ialah sebagai berikut
  • Gunakan teknologi dengan bijak, maksud saya ialah kamu menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin. Jangan kamu gunakan teknologi untuk melakukan suatu tindakan yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Maka dari itu, sebelum melakukan sesuatu harus berfikir dampaknya baik atau buruk.
  • Gunakan dengan sekucupnya saja, jangan sampai dengan teknologi kamu membuang waktu dengan percuma. Manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin jangan sampai karena teknologi waktu kamu untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar jadi terbuang sia-sia.
  • Gunakan teknologi untuk hal yang positif, gunakanlah teknologi untuk suatu hal yang positif seperti mempromosikan produk, berkomunikasi dan masih banyak hal positif lainnya yang bisa kamu gunakan dengan teknologi.
  • Gunakan untuk mengembangkan bakat, gunakanlah teknologi untuk mengembangkan bakat kamu. Nasib siapa yang tau, mungkin saja dengan bakat yang kamu miliki kamu bisa meraup uang setiap bulannya.
 Nah itu saja Tips Memanfaatkan Teknologi dari saya, semoga bermanfaat.

Kesimpulan
Kesimpulannya ialah dengan adanya Teknologi, Informasi dan Komunikasi semua pekerjaan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Dan dengan adanya Teknologi, Informasi dan Komunikasi kita juga bisa membangun Indonesia agar menjadi negara yang lebih maju untuk kedepannya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, sekian dan terima kasih!

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search