Mengenal Pendiri IDCloudhost, Alfian Pamungkas Sakawiguna

- Oktober 29, 2016
Masyarakat Indonesia beberapa hari lalu sedang memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Untuk memperingati hari sumpah pemuda, saya akan menceritakan sedikit tentang sesosok anak muda yang sangat menginspirasi. Anak muda itu bernama Alfian Pamungkas Sakawiguna, ia merupakan salah satu pemuda sukses yang sudah bisa menghasilkan ratusan juta perbulan dari usaha web hostingnya, padahal ia masih berusia 20 tahun.

Foto Alfian Pamungkas Sakawiguna
Alfian Pamungkas Sakawiguna atau biasa dipanggil dengan Alfi, merupakan salah satu sosok pemuda yang patut dicontoh oleh anak muda Indonesia lainnya. Bagaimana tidak, di usianya yang masih berumur 20 tahun ia sudah sukses membangun sebuah web penyedia kebutuhan website, seperti hosting, domain, VPS dan lain sebagainya. Dari hasil berjualan hosting dan kebutuhan website itu ia bisa meraup penghasilan ratusan juta perbulan.

Walaupun bukan berasal dari keluarga pengusaha, Alfian sejak kecil dikenal sebagai seseorang yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Hal ini ditunjukkan pada saat ia masih menduduki bangku SMP, ia berhasil mendirikan sebuah Warnet (Warung Internet) di kampung halamannya Sukabumi, Jawa barat. Warnet yang didirikannya itu bukanlah hasil dari meminta orangtua, melainkan modal dari berjualan pulsa. Hebat kan?

Warnet yang ia dirikan di kampung halamannya tersebut meraih kesuksesan, karena memang pada saat itu akses internet di kampungnya sulit. Alhasil, banyak anak muda yang datang ke warnetnya tersebut, dan uangpun mudah ia dapatkan dari usahanya tersebut. Dari usaha warung internetnya itu, Alfian mendapatkan penghargaan dari kominfo sebagai finalis duta internet sehat dan aman 2013. Dan juga karena usaha warnetnya itu Alfian kerap dimarahi oleh orangtuanya karena tidak pernah belajar.

Hal yang kita dapatkan dari Alfian
Hal yang kita dapatkan dari Alfian
Alfian Pamungkas Sakawiguna, sebagai salah satu orang yang sukses dalam usia muda memberikan banyak sekali pelajaran dan hal-hal bermanfaat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun motivasi atau pelajaran yang bisa kita petik dari perjuangan Alfian adalah sebagai berikut:

Jangan Manja dengan Orang Tua
Jangan manja dengan orangtua
Alfian Pamungkas Sakawiguna telah mengajarkan kepada kita semua terutama para generasi muda, bahwa kita tidak boleh bermanja-manja kepada orangtua. Kita harus bisa menjadi pribadi yang mandiri dan tidak berpangku tangan kepada orangtua. Sejak kecil, Alfian tak pernah meminta jajan sekolah yang banyak kepada orangtuanya. Jajannya pada saat sekolah dasar hanya 100 rupiah, cukup untuk membeli dua gorengan.

Hampir semua usaha yang Alfian dirikan merupakan hasil uang sendiri, contohnya saja usaha warnet, usaha itu ia dirikan berkat modal dari berjualan pulsa, bukan meminta dengan orangtua. Walaupun sempat dilarang oleh orangtuanya untuk membuka usaha warnet kemudian orangtuanya membolehkan lagi Alfian untuk membuka usaha warnet setelah Alfian berhasil membiayai biaya sekolahnya berkat usaha warnet yang ia kelola. Usaha lainnya yang ia dirikan tanpa meminta uang dari orangtua ialah usaha web hostingnya, usaha itu ia dirikan dengan modal 0 (nol) rupiah bahkan untuk belajar hal yang berbayar Alfian mencoba menyisipkan sedikit uang dengan berpuasa.

Mengajarkan Untuk Tidak Mudah Berputus Asa
Jangan Putus Asa
Alfian Pamungkas Sakawiguna adalah sesosok pemuda yang tak kenal lelah dan tak mudah putus asa. Walaupun persaingan dalam dunia web hosting sangat ketat, sebab banyaknya perusahaan-perusahaan penyedia web hosting yang telah lama berdiri tak membuatnya takut untuk bersaing. Walaupun masih tergolong baru, berkat kegigihan dan kerja keras yang ia lakukan, sekarang perusahaan web hosting yang ia dirikan itu sukses membuatnya mendapatkan penghasilan ratusan juta perbulan.

Perjalanannya tak mudah, banyak sekali cobaan dan rintangan yang ia hadapi. Mulai dari mendapatkan masukan hingga keluhan dari service yang telah di berikan, situs lambat dan situs web hostingnyapun pernah di serang. Ia banyak belajar dari kesalahan dan kegagalan yang ia alami, ia belajar untuk menyelesaikan semua permasalahan client-client, ia tak ingin mengecewakan dan selalu ingin membuat nyaman dengan layanan yang diberikan oleh web hostingnya. Sebagai generasi muda, seharusnyalah kita mencontoh sifat yang dimiliki oleh Alfian ini, ia tak mudah putus asa dan selalu berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk client-clientnya.

Cerdas dalam Memanfaatkan Teknologi
Cerdas dalam memanfaatkan teknologi
Selain dikenal sebagai sosok pemuda yang tak mudah putus asa, Alfian juga merupakan sesosok pemuda yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi. Hal itu ditunjukkannya dengan berdirinya usaha warnet dan web hostingnya. Kedua usaha itu merupakan usaha yang berdiri karena Alfian cerdas memanfaatkan kemajuan teknologi, kedua usaha itu juga sama-sama meraih kesuksesan.

Kita sebagai generasi muda juga harus bisa seperti Alfian, yaitu cerdas memanfaatkan teknologi. Jadikanlah teknologi itu sebagai sarana penghasil uang, bukan penghabis uang.

Jeli Melihat Peluang
Jeli melihat peluang
Walaupun bukan berasal dari keluarga pengusaha, tetapi Alfian memiliki jiwa wirausahawan yang tinggi. Jiwa wirausahawannya itu tumbuh sejak ia masih berumur belasan tahun. Salah satu bukti Alfian memiliki memiliki jiwa wirausahawan ialah Alfian cerdas melihat peluang usaha. Saat masih duduk dibangku SMP, Alfian sudah bisa mendirikan sebuah warung internet di kampung halamannya Sukabumi, Jawa Barat, ia mendirikan usaha warnet itu dari modal berjualan pulsa. Usaha warnet yang ia dirikan itu sukses. Karena pada saat itu di daerahnya akses Internet sangat sulit dijangkau.

Bukti selanjutnya bahwa Alfian merupakan sosok pemuda yang jeli melihat peluang ialah dengan berdirinya sebuah perusahaan web hosting. Perusahaan web hosting itu ia dirikan karena ia melihat kebutuhan website dan aplikasi semakin hari semakin meningkat. Alhasil, berkat perusahaan hosting yang ia dirikan itu ia bisa mengantongi ratusan juta setiap bulannya. Anak muda harus gitu dong, pinter melihat peluang usaha agar kelak menjadi orang yang sukses dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Menjadi Pemuda yang Berguna
Menjadi pemuda yang berguna
Alfian pernah berkata, bahwa tujuan sebenarnya ia mendirikan perusahaan web hostingnya itu bukanlah semata-mata untuk memperkaya diri, melainkan ia mendirikan perusahaan tersebut untuk kepentingan umat semata. Maksudnya, ia mendirikan perusahaan tersebut untuk membuka lapangan pekerjaan bagi pengangguran-pengangguran yang ada di Indonesia. Kata Alfian, walaupun ia hanya sebagai perantara ia senang bisa membantu karyawannya menghidupi kebutuhan keluarganya dengan upah yang cukup
Alfian mengajarkan kepada kita, bahwa jadilah seorang pemuda yang berguna bagi masyarakat luas, bukan hanya diri sendiri.

1 Komentar:

avatar

Kata"nya itu, dan Tujuanya Itu. SAMA DENGAN SAYA...!!!!
Saya dukung Kakak. Sukses Selalu kak. Semoga sampai akhir hayat bahkan sampai di akhirat kakak Alfian bisa selalu berguna bagi masyarakat..

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search