Peran Website, Toko Online, dan Mobile App untuk Kebangkitan Wanita Indonesia

- April 15, 2017
Pengguna internet Indonesia setiap tahunnya terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada tahun 2016 lalu, berdasarkan survey dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta jiwa, banyak banget kan sob?

Statistik Pengguna Internet Indonesia 2016 (APJII)
Ya, ada sekitar 65% atau setara dengan 86,3juta lebih pengguna internet di Indonesia berasal dari Pulau Jawa dan selebihnya lagi berada di luar Pulau Jawa seperti Pulau Sumatera (15,7%), Bali dan Nusa (4,7%), Kalimantan (5,8%), Sulawesi (6,3%), Maluku dan Papua (2,5%).

Jika kita lihat berdasarkan jenis kelaminnya, pengguna internet Indonesia terbanyak berasal dari kaum Pria yaitu dengan total jumlah pengguna sekitar 52,5% dan sisanya adalah pengguna internet waria wanita dengan jumlah 47,5% pengguna.

Kemudahan mendapatkan akses internet diberbagai daerah dilansir sebagai penyebab utama meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun. Ya, banyak daerah-daerah di Indonesia yang dulunya belum terjamah oleh kemajuan teknologi sekarang sudah mulai terjamah dengan cepatnya.

Dengan begitu, tentunya sudah banyak masyarakat yang merasakan beragam manfaat dari kemajuan teknologi ini, tak terkecuali kaum Wanita. Banyak kaum wanita di Indonesia yang sudah merasakan manfaat dari internet sejak dahulu, salah satu manfaatnya ialah memudahkan berkomunikasi, berekspresi dan juga mencari informasi.

Dalam tulisan kali ini saya akan membagikan tulisan mengenai peran website, toko online, dan mobile app untuk kebangkitan wanita Indonesia. Apa sajakah peran website, toko online, dan mobile app untuk kebangkitan wanita Indonesia? Simak tulisannya dibawah ini...

Peran Website Bagi Kebangkitan Wanita Indonesia

Yang pertama saya akan bahas mengenai peran website bagi kebangkitan wanita Indonesia. Sebelum membahas mengenai peran website bagi kebangkitan wanita Indonesia lebih lanjut, saya mau nanya dulu nih, apakah sobat udah tau apa itu website? Jika kamu belum tau, baiklah akan saya kasih tau..

"Website atau biasa disebut dengan web adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet." (Proweb)

Yap, website atau biasa disebut dengan web ini ternyata sangat berperan loh bagi kebangkitan wanita-wanita di Indonesia. Nah, kali ini saya akan memaparkan peran website bagi kebangkitan wanita Indonesia. Nah, apa saja ya peran website bagi kebangkitan wanita Indonesia ya? Yuk simak dibawah ini!

Memudahkan Mendapat Informasi

Jika kita bandingkan dengan wanita zaman dahulu, tentunya wanita zaman sekarang hidupnya lebih enak. Pasalanya, wanita-wanita Indonesia sekarang bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi-informasi terkini baik dari dalam maupun luar negeri dengan mudahnya melalui perangkat canggih yang dimilikinya.

Kesibukan mengurus rumah tangga dan dengan berbagai kesibukan lainnya tak menghalangi wanita-wanita Indonesia untuk mendapatkan update berita terkini melalui berbagai website di internet. Berkat website-lah wanita di Indonesia selalu mendapatkan informasi-informasi terkini dengan mudahnya.

Tak jarang, ada sebagian wanita menggendong buah hatinya sembari memantau info-info gosip terpanas di tanah air lewat website media online ternama (kira-kira seperti sambil menyelam minum air).

Ya, website memang memiliki peran yang cukup penting untuk kebangkitan wanita di Indonesia. Berkat website-lah para suami makin cinta dengan istrinya, karena setiap harinya selalu dimasakkan masakan dengan menua yang berbeda oleh istrinya, sebab istrinya selalu membaca update resep masakan terkini di internet.

Memudahkan Berekspresi dan Berbagi

Peran dari website bagi kebangkitan wanita Indonesia selanjutnya ialah dapat memudahkan untuk berekspresi dan berbagi. Ya, lewat website para wanita Indonesia dapat menuliskan dan berbagi hal-hal menarik seputar kehidupan dan keluh kesahnya, tertarik mencobanya?  Jika kamu tertarik membuat website, kamu bisa coba mengikuti kursus website dari Baba Studio.

Memudahkan Berkomunikasi dan Bersosialisasi

Di era digital seperti sekarang ini berkomunikasi dan bersosialiasi dan tak hanya dapat dilakukan di dunia nyata saja, akan tetapi dapat juga dilakukan di dunia maya. Para wanita Indonesia tentunya bisa dengan mudahnya berkomunikasi dan bersosialisasi lewat website-website sosial media ataupun forum-forum yang bertebaran di internet.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jangan karena sibuk dengan berkomunikasi dan bersosialisasi di dunia maya membuat kita lupa untuk berkomunikasi dan bersosialiasi dengan saudara ataupun tetangga kita yang berada di dunia nyata. Intinya, gunakan internet secukupnya saja jangan sampai membuat kita terlena..

Peran Toko Online Bagi Kebangkitan Wanita Indonesia

Tak bisa kita pungkiri, toko online sepertinya sudah menjadi tren bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII pada tahun 2016 lalu, ada 62% atau sekitar 82,2 jutapengguna internet di Indonesia yang melakukan kegiatan jual beli online.


Itu artinya lebih dari setengah pengguna internet di Indonesia melakukan kegiatan jual beli online. Tentunya ini merupakan pemandangan yang tak asing lagi bagi kita, mengingat bahwa dengan membeli suatu barang secara online tentunya lebih cepat dan mudah.

Berbicara mengenai toko online, ternyata toko online memiliki peran yang cukup penting bagi wanita di Indonesia. Nah, apa sajakah peran toko online untuk kebangkitan wanita Indonesia? Simak selengkapnya dibawah ini...

Memudahkan Berbelanja

Wanita termasuk kedalam kategori manusia paling sibuk di dunia. Pasalnya, setiap hari mereka menghabiskan waktunya untuk bekerja, menjaga anak, mengurus rumah tangga dan lain sebagainya. Karena kesibukan tersebutlah banyak dari wanita Indonesia yang sibuk sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan jasmaninya, seperti berbelanja.

Akan tetapi, berkat kemajuan teknologi sekarang wanita Indonesia dapat dengan mudahnya berbelanja tanpa hambatan, walaupun sesibuk apapun mereka. Yap, berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi wanita Indonesia bisa berbelanja dengan mudahnya melalui toko online yang tersedia di internet.

Berbelanja di toko online merupakan suatu hal yang paling digemari oleh orang-orang (apalagi wanita). Sebab, berbelanja di toko online memiliki berbagai keunggulan bila dibandingka berbelanja di toko biasa, seperti:

Lebih Mudah
Berbelanja di toko online tak mengharuskan kita keluar rumah. Cukup dengan bermodalkan sebuah ponsel pintar kita bisa dengan mudahnya mendapatkan barang yang kita impikan.

Lebih Cepat
Berbeda saat berbelanja di toko nyata, di toko online kita tidak perlu repot-repot keliling untuk mencari barang yang kita impikan. Cukup dengan duduk manis sembari memainkan smartphone dengan jari-jemari, kamu sudah bisa mendapatkan barang-barang yang kamu dambakan dengan cepat dan mudah.

Hemat Waktu
Selanjutnya, bila dibandingkan berbelanja di toko nyata tentunya berbelanja di toko online lebih hemat waktu. Pasalnya kamu tak perlu keluar rumah ataupun berkeliling untuk mencari barang kamu inginkan, cukup duduk manis sambil mantengin toko online kamu sudah bisa dapatkan barang yang kamu inginkan.

Karena toko online lah banyak wanita Indonesia hidupnya terselamatkan karena kebutuhan sehari-harinya sudah terpenuhi dengan mudah.

Memudahkan untuk Berbisnis

Di dalam rumah tangga, biasanya yang mencari nafkah adalah seorang suami, sedangkan istri bertugas untuk mendidik dan menjaga anak-anaknya. Akan tetapi, di zaman modern seperti sekarang ini istri juga sering loh membantu suaminya dalam mencari nafkah. Membantu suami dalam mencari nafkah memang diperbolehkan, tapi jangan sampai karena sibuk mencari nafkah anak-anak jadi terlantarkan.

Namun, di zaman modern seperti sekarang ini istri juga dapat membantu suami mencari nafkah tanpa harus meninggalkan kewajibannya (menjaga anak). Bagaimana sih caranya? Caranya ialah dengan membuka toko online.

Dengan adanya toko online tentunya para istri akan lebih mudah dalam menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan kewajiban menjaga anaknya. Cukup bermodalkan sebuah perangkat yang terhubung langsung dengan internet, para wanita Indonesia sudah dapat menghasilkan uang lewat toko onlinenya.

Tak bisa kita pungkiri, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat bermanfaat untuk kebangkitan wanita Indonesia, salah satunya ialah untuk membantu suaminya mencari nafkah. Berkat adanya toko online para wanita Indonesia bisa memasarkan produknya dengan mudah.

Jika kamu tidak bisa membuat toko online, kamu bisa langsung mencoba kursus membuat toko online dari Baba Studio atau bisa menggunakan sosial media sebagai alat untuk memasarkan produk yang kamu miliki.

Berbisnis menggunakan toko online ataupun sosial media memang merupakan hal yang menyenangkan. Akan tetapi, biasanya banyak pemula yang gagal dalam berbisnis di internet karena ilmu strategi pemasarannya yang kurang. Untuk itu, kamu bisa mencoba kursus internet marketing dari Babastudio untuk menambah wawasan kamu mengenai strategi pemasaran di internet.

Peran Mobile App bagi Kebangkitan Wanita Indonesia

Mobile app atau lebih dikenal dengan sebutan aplikasi sepertinya sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang di bumi ini. Pasalnya, aplikasi memiliki banyak sekali peran yang cukup penting bagi kehidupan manusia. Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit tulisan mengenai peran mobile app atau aplikasi untuk kebangkitan wanita Indonesia, berikut adalah tulisannya..

Memudahkan Segala Pekerjaan

Peran mobile app yang pertama ialah memudahkan segala pekerjaan wanita Indonesia. Seperti yang sama-sama kita ketahui, hampir seluruh wanita Indonesia itu orangnya sibuk banget, dengan begitu tentunya susah untuk melakukan berbagai kegiatan, contohnya saja untuk memberi suatu kabar. Jika dulu (mungkin) para wanita harus pergi ke satu tempat ke tempat yang lain untuk memberi suatu kabar, berbeda dengan sekarang.

Nah, berkat kemajuan ilmu pengetahuan teknologi inilah para wanita Indonesia sekarang lebih mudah untuk melakukan hal tersebut. Cukup dengan membuka aplikasi pesan dan kirim. Kabar tersebut pun dengan mudahnya tersebar dengan orang-orang yang kita kehendaki.

Selain itu, aplikasi juga memudahkan para wanita Indonesia untuk memesan ojek. Jika dulu para wanita harus capek-capek keliling kesana kemari untuk mendapatkan ojek, sekarang sudah berbeda. Cukup dengan memesan ojek lewat sebuah aplikasi ojek online, ojek yang dipesan akhirnya didapatkan. Dengan begitu, tentunya para wanita tidak perlu repot-repot lagi kesana kemari mencari alamat ojek.

Memudahkan Mendapatkan Informasi

Selanjutnya ialah memudahkan mendapatkan informasi bagi para wanita Indonesia. Tak hanya pria, para wanita juga butuh informasi juga loh. Ya, berkat zaman yang makin canggih, para wanita di Indonesia sekarang dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui aplikasi di ponsel pintarnya.

Banyak banget aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan oleh semua orang untuk mendapatkan informasi terkini dan terupdate. Gak perlu kita sebut namanya, soalnya banyak banget!

Dengan banyaknya aplikasi-aplikasi seperti itu, tentunya para wanita Indonesia bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi-informasi terkini dari dalam dan luar negeri. Cukup megang smartphone sambil melakukan berbagai aktifitas lainnya, para wanita Indonesia jadi makin pinter deh. So, para generasi penerusnya nantinya juga pintar seperi ibunya, wkwk.

Walaupun begitu, sobat tetap selalu waspada ya dengan informasi-informasi tersebar di aplikasi yang kamu unduh. Pasalnya tak menutup kemungkinan bahwa informasi-informasi tersebut merupakan sebuah kabar bohong (hoax).

Memudahkan Mendapat Hiburan

Hiburan sekarang tak cuma bisa kita dapatkan melalui televisi, tetapi sekarang juga bisa kita dapatkan melalui aplikasi. Banyak banget aplikasi-aplikasi hiburan di internet yang bisa kalian unduh dengan mudahnya melalui smartphone.

Contohnya saja aplikasi 1CAK, aplikasi 1CAK ini adalah aplikasi yang menyediakan berbagai gambar-gambar lucu (meme) yang lengkap. Ya, dengan begitu tentunya para wanita Indonesia jadi lebih mudah mendapatkan hiburan tanpa batas walaupun sesibuk apapun dia.

Nah, itu saja artikel saya mengenai Peran Website, Toko Online, dan Mobile App untuk Kebangkitan Wanita Indonesia. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat semua, Aamiin.

3 Komentar

avatar

Sekarang memang zaman digital.. Peran website, toko online, mobile app sangat signifikan dalam kehidupan manusia, termasuk para wanita. Betewe, harga kursus di baba studio berapa ya? Pingin bisa membuat website yang profesional.. hehee

avatar

Banyak banget peran website, toko online dan apps dalam mendukung kebangkitan peran wanita indonesia 😊 selain memudahkan dalam berkomunikasi dan bisnis, juga membuat wanita indonesia semakin inovatif dalam berkaryaa. . Jd makin banyak produk berkualitas yg bisa dihasilkan. Hehehe 😁 makasiih sharingnyaaaa. . ..

avatar

Aku berencana buat nih mas, tetapi distro online khusus kaos oblong warna hitam...saya pikir masa cuman main-main blog, facebook dan teman-temannya saja. Wanita memang kudu maju juga kan....doaain ya mas....

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search