Kamu Harus Tau, Begini Perkembangan Teknologi di Indonesia!

- Juni 18, 2017
Dizaman modern seperti sekarang ini kita bisa melihat banyak sekali perkembangan dan kemajuan diberbagai bidang, termasuk juga dibidang teknologi, informasi dan komunikasi. Di Indonesia sendiri, teknologi sepertinya sudah tak bisa lagi dipisahkan dikehidupan masyarakat modern.

Kemudahan serta manfaat yang diberikannya membuat masyarakat tak ingin jauh-jauh dari teknologi. Seiring dengan berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, membuat teknologi semakin hari semakin mengalami perkembangan yang sangat signifikan, termasuk di negara kita, Indonesia.

Kita termasuk orang yang cukup beruntung bisa tinggal dinegara yang perkembangan teknologinya cukup pesat. Di Indonesia, kita bisa menemukan banyak sekali perkembangan di dunia teknologi. Nah, bagaimanakah perkembangan teknologi di Indonesia? Yuk simak berikut ini....

Dari Surat Pindah ke E-mail

Pada masa lalu, banyak orang yang menggunakan surat sebagai alat untuk menyampaikan kabar, atau hanya sekadar menyampaikan informasi kepada orang lain yang berjauhan. Akan tetapi, semenjak berkembangnya teknologi di Indonesia, banyak orang yang kemudian meninggalkan surat dan beralih menggunakan e-mail

E-mail atau surat elektronik sudah menjadi pilihan masyarakat modern sejak dahulu. Dengan menggunakan email, kita bisa mengirimkan tulisan, file ataupun dokumen kepada rekan-rekan yang berjauhan dengan mudahnya tanpa ribet.

Dari Cangkul Beralih ke Traktor

Apakah kamu sudah tau apa itu Traktor? Traktor adalah alat pertanian modern yang sering digunakan oleh para petani untuk melakukan pengolahan tanah di industri pertanian. Pemakaiannya yang mudah serta lebih hemat tenaga, membuat traktor lebih banyak digandrungi oleh para petani modern di Indonesia.

Dari Belanja ke Pasar, Sekarang Belanjanya di Toko Online

Berkembangnya teknologi di Indonesia juga memberikan dampak yang positif bagi kehidupan, salah satunya ialah memudahkan kita untuk berbelanja. Dulu, kita hanya bisa membeli barang atau keperluan lainnya dipasar tradisional ataupun swalayan, tapi sekarang kita sudah bisa membeli sesuatu dengan mudahnya secara online di internet.

Ya, membeli sesuatu di internet memang perkara yang mudah. Pasalnya kita tak perlu keluar rumah dan bertatapan langsung dengan si penjual. Hanya dengan bermodalkan sebuah perangkat yang tersambung ke internet kamu sudah bisa mendapatkan barang yang kamu impikan.

Dengan adanya GPS, menentukan apapun jadi lebih mudah! 

Kompas yang merupakan alat penunjuk arah sekarang sudah mulai tergantikan dengan teknologi canggih bernama GPS. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System adalah teknologi canggih yang bisa digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Dengan begitu, jika kita ingin menentukan sesuatu pastinya akan jadi lebih mudah.

Cara kerja GPS ialah dengan menggunakan sejumlah satelit orbit bumi, yang memancarkan sinyalnya dan di tangkap oleh alat penerima. Dengan adanya GPS membuat kita jadi lebih mudah mengetahui suatu lokasi dan posisi. Dan jika kita tersesat kita menjadi tidak pusing dan bingung. Selain digunakan untuk mengetahu suatu lokasi, GPS juga berguna untuk membuat peta, mengukur jarak perbatasan, pemantau gempa dan yang paling populer sekarang ialah GPS digunakan untuk untuk mencari Pokemon.

Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Modern

Diatas adalah beberapa contoh perkembangan teknologi di Indonesia yang dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupan kita. Nah, setelah membahas perkembangan teknologi di Indonesia, apakah kamu sudah tau apa saja manfaat dari teknologi itu? Berikut adalah manfaat dari teknologi...

MEMUDAHKAN BERKOMUNIKASI
Kita merupakan salah satu generasi yang sangat beruntung, sebab kita hidup di zaman yang serba modern. Dimana kita hidup di zaman yang serba mudah, termasuk untuk melakukan komunikasi. Dulu, orang orang sangat sulit melakukan komunikasi dengan saudara-saudara yang berbeda pulau. Berbeda dengan sekarang, orang yang berbeda negara sajapun kita bisa berkomunikasi dengannya.

Dengan mudahnya berkomunikasi, membuat tali persaudaraan kamu dan keluarga yang jauh semakin menguat. Dan juga membuat kita lebih mudah menyampaikan berita kepada keluarga yang jauh, seperti berita kemalangan dan lain sebagainya. Ya, kita boleh bergembira karena kita merupakan generasi yang beruntung. Bayangkan saja, bagaimana jadinya jika orang pada zaman dahulu melakukan LDR (Pacaran Jarak Jauh)? Pasti sulit banget ya sob. Jangankan bertemu, komuikasi aja susah. Pas datang ke kampung halaman si Doi, eh si Doi tau taunya udah nikah.

Nah, berkat kecanggihan teknologi, sekarang berkomunikasi jadi semakin menyenangkan. Bagaimana tidak, kamu bisa melihat wajah saudara ataupun keluarga kamu dengan menggunakan Video Call.  Dengan ini kamu bisa melepaskan rindu dengan keluarga atau saudara kamu yang jauh disana. Tak semua orang bisa merasakan berkomunikasi menggunakan Video Call, hanya beberapa jenis perangkat yang mendukung fitur ini seperti laptop dan smartphone, keren tidak?

MEMUDAHKAN MENCARI INFORMASI
Mencari atau mendapatkan informasi di zaman modern seperti sekarang ini jadi semakin mudah. Kamu bisa mendapatkan informasi terupdate dari seluruh Indonesia bahkan seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, kamu bisa mencari informasi dengan cepat dan mudah, hanya dengan sekali klik.

Kamu tidak bisa langsung mempercayai informasi yang kamu dapatkan di internet. Banyak sekali berita-berita dan informasi informasi yang belum terbukti kebenarannya. Berbeda dengan TV, berita di Internet biasanya di buat oleh orang-orang yang mementingkan pengunjung dibanding kebenaran berita yang mereka buat. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan internet sebagai salah satu sumber informasi, alih alih ingin mendapatkan informasi, kita malah dapatkan sebuah kabar bohong (hoax).

Sebagai seorang pelajar, saya biasanya memanfaatkan internet untuk mencari tugas sekolah. Dibanding membaca buku, mencari tugas sekolah di internet jauh lebih mudah dan praktis. Bagaimana tidak, cukup dengan mengetik tugas yang ingin kamu cari, kamu sudah mendapatkan jawaban dari apa yang kamu cari. Walaupun begitu kita tak boleh meninggalkan kebiasaan baik membaca buku. Jangan sampai karena keasyikan berinternet jadi tidak mau membaca buku.

MEMUDAHKAN MENCARI TEMAN
Bukan hanya bisa melakukan komunikasi atau mencari informasi saja, berkat kecanggihan teknologi kita juga bisa menemukan teman baru. Kamu bisa menemukan teman-teman di internet melalui sosial media ataupun forum. Di sosial media kamu bisa menemukan teman teman baru dan berinteraksi dengan mereka. Ada banyak situs sosial media di dunia, yang paling terkenal dan yang paling sering digunakan oleh orang orang ialah Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Sedangkan forum terkenal dan terbesar di Indonesia ialah KasKus.

Berbeda dengan dunia nyata, di dunia maya (begitu sebutannya) kamu berinteraksi menggunakan tulisan. Kamu bisa bebas berekspresi, berkomentar dan berinteraksi dengan pengguna sosial media lainnya. Bebas bukan berarti kamu bisa melakukan apa yang kamu mau tanpa batasan. Walaupun hanya sebuah media sosial kamu harus menuliskan atau berinteraksi dan memberikan komentar dengan sopan. Jika tidak, kamu siap-siap berhadapan dengan UU ITE.

Sebagai negara hukum, Indonesia juga memberikan hukuman kepada siapa saja yang melakukan tindakan yang tidak pantas di sosial media. Sudah banyak kasus yang terjadi di media sosial, seperti seseorang yang menghina presiden kemudian di penjarakan. Oleh karena itu, kita harus bijak dan cerdas dalam menggunakan internet atau sosial media. Jangan sampai karena sosial media kita bisa terjerumus dalam penjara.

MEMUDAHKAN BERKARYA
Memudahkan Berkarya
Kita sebagai generasi muda seharusnyalah selalu berkarya dan janganlah berfoya foya. Di zaman modern seperti sekarang ini kita bisa dengan mudahnya berkarya. Kamu bisa berkarya baik di dunia nyata maupun di dunia maya dengan sangat mudah. Banyak generasi muda sekarang ini lebih memilih berkarya di dunia maya (internet) dibandingkan di dunia nyata. Contohnya seperti menulis, banyak para pemuda Indonesia memanfaatkan blog sebagai tempat berbagi tulisan, opini dan gagasan.

Nah, dengan berkembanganya teknologi membuat para penulis di Indonesia jadi lebih mudah dalam m
menerbitkan buku. Ya, dengan banyaknya dukungan alat untuk menerbitkan buk seperti komputer dan printer membuat para penulis muda jadi lebih semangat untuk membukukan karyanya. Tak heran, di Indonesia sudah banyak tercipta para penulis muda dan hebat.

MEMUDAHKAN MELAKUKAN PROMOSI
Jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2016 adalah sekitar 88,1 Juta pengguna dan akan terus bertambah. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna Internet terbanyak di Dunia, Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara pengguna internet aktif terbanyak di dunia. Dengan banyaknya pengguna Internet di Indonesia, memudahkan para pebisnis online dari luar untuk meraup keuntungan di Indonesia.

Pebisnis online di Indonesia jangan mau kalah dengan pebisnis online asing, kita harus bisa bersaing dan mengalahkan kita. Ayo kita manfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai ajang promosi dan meningkatkan penghasilan usaha-usaha kecil di Indonesia. Dengan adanya internet jadi semakin mudah untuk melakukan promosi terhadap usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads ataupun Google Adwords untuk melakukan promosi secara online dengan mudah dan murah. Dengan menggunakan kedua fitur tersebut kamu bisa mendatangkan pembeli atau mempromosikan produk kamu dengan cepat mudah. Sudah banyak orang yang melakukan promosi dengan menggunakan fitur FB Ads ataupun Google Adwords, hasilnya pun menakjubkan.

Namun, jika kamu tidak memiliki biaya untuk beriklan di Facebook Ads ataupun Google Adwords kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat promosi. Di sosial media seperti facebook terdapat banyak sekali grup jual beli yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan usaha kamu.

MEMUDAHKAN MENCARI LOKASI

Mungkin kamu pernah tersesat atau tidak mengetahui suatu lokasi. Pasti rasanya bingung banget ya sob dan bikin kepala jadi pusing. Di era digital seperti sekarang ini ada sebuah sistem yang bernama GPS. GPS ini bisa mengetahui posisi dan letak suatu permukaan bumi. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System atau dalam bahasa Indonesia berarti Sistem Pemosisi Global. Dengan adanya alat canggih ini tentunya mencari suatu lokasi lebih mudah kan sob.

MEMUDAHKAN SEGALA PEKERJAAN

Intinya dengan Teknologi, Informasi dan Komunikasi semua pekerjaan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Contohnya saja ketika kamu sedang kebingungan mencari tugas sekolah, kamu cukup membuka mesin pencari untuk mencari tugas tersebut.

Nah, itu saja artikel saya kali ini mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon

 

Start typing and press Enter to search