Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2018

Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2019 - Dipernikahan adat melayu di berbagai daerah, berbalas pantun merupakan hal yang wajib dilakukan. Berbalas pantun dipernikahan sangat berguna sebagai ajang untuk mempromosikan pantun sebagai karya seni Indonesia. Berbalas pantun biasanya diikuti oleh 3 orang atau lebih. Berbalas pantun membuat daya fikir seseorang lebih baik dalam memikirkan pantun apa yang akan digunakan untuk menjawab pantun dari lawan.

Sebagai karya sastra Indonesia pantun sebaiknya kita lestarikan agar budaya berbalas pantun di Indonesia tidak akan hilang ditelan oleh zaman. Berbagai macam topik berbalas pantun biasanya yang digunakan dalam tradisi pantun. Seperti pantun jenaka , pantun nasehat , pantun agama , pantun budi pekerti dan berbagai macam pantun lainnya. Sebagai generasi yang cinta akan budaya nya sebaiknyalah kita melestarikan karya sastra kita ini agar pantun tidak luntur atau hilang di telan oleh zaman.

Baca juga : Bikin Baper! Kumpulan Pantun Cinta Romantis dan Lucu Terlengkap

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi kepada para pengunjung blog pantun Indonesia. Yaitu informasi tentang Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2016 dengan postingan ini semoga para generasi muda lebih bangga dengan karya sastra yang dimilikinya. Simak Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2016 dibawah ini..

Berbalas Pantun Jenaka

Pantun jenaka merupakan pantun yang bertujuan untuk menghibur pembacanya. Simak berbalas pantun jenaka dibawah ini!

Pantun
Minum jamu dirumah paklek
Rumah paklek di surabaya
Eh kamu udah jelek
Jangan kebanyakan gaya
 
Jawab
Sibaju merah matanya melek
Sibaju hijau minum cuka
Biarlah muka gue jelek
Yang penting banyak yang suka
Pantun 
Buah jambu warnanya putih
Enak dimakan bersama ganu
Hei kamu memang putih
Tapi sayang putih karna panu 
Jawab
Anak sekolah namanya ganu
Mesin ketam terikat tali
Biarlah putih karna panu
Daripada hitam kayak kuali
Pantun
Minum teh diatas genteng
Tidak lupa pake bedak
Eh kamu jangan sok ganteng
Muka lu kayak ketombe landak
Jawab
Enak rasanya buah cempedak
Buahnya jatuh jadi penyet
Biarlah mirip ketombe landak
Daripada mirip ingus monyet

Berbalas Pantun Nasehat

 Pantun Nasehat merupakan salah satu pantun yang digunakan untuk menasehati seseorang. Pantun nasehat juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan...

Pantun:
Jalan-jalan di rawa-rawa
Dirawa-rawa terdapat tomat
Ingatlah nasehat orangtua
Agar hidup senantiasa selamat
Balasan: 
Dirawa-rawa banyak batu
Ada batu diatas lengan
Nasehat orangtua nomor satu
Selalu dijadikan pegangan
Pertama:
Beli belau beli cincin
Belinya di Surabaya
Eh kamu udah miskin
Jangan kebanyakan gaya

Kedua:
Sungguh merah sibatu cincin
Warnanya merah indah merekah
Biarlah disebut miskin
Yang penting rajin sedekah

Pantun Cinta Romantis 

Pantun cinta merupakan pantun yang digunakan untuk merayu seseorang dengan kata-kata yang romantis .

  • Pertama
Ke Jakarta naik pesawat
Pesawatnya ada empat
Kalau Cinta sudah melekat
Tai kucing terasa coklat


  • Kedua
Buah sukun disambar kilat
Disambarnya malah gak kenak
Walaupun tai rasa coklat
Tetap aja rasanya gak enak

Sekianlah berbalas pantun dari saya semoga berbalas pantun ini membuat para generasi muda kita makin cinta dengan  budaya sendiri, termasuk pantun. Demikianlah Berbalas Pantun yang bisa saya sampaikan lebih kurang saya mohon maaf.

Jangan lupa, baca juga: Inilah Kumpulan Pantun Anak Sekolah yang Lengkap Banget!

40 Obrolan seru!


Show EmoticonHide Emoticon

  1. Bunga cantik jangan dipetik
    Lebih baik kita sirami
    Cewek cantik jangan cuma dilirik
    Lebih baik kita pacari

    BalasHapus
  2. Ada angsa ada itik

    Di pinggir danau makan acar

    Memang wajah nya cantik

    Tapi sudah banyak pacar

    BalasHapus
  3. Bunga Cantik dimakan Itik
    Itik dilempar balok
    Sungguh Adilia nama yg cantik..
    Tapi ini cewek atau cowok..๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  4. wkwkwkwkwkwwkkwwkkwwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  5. Bunga cantik jangan dipetik
    Lebih baik kita sirami
    Cewek cantik jangan cuma dilirik
    Tapi dinikahi dan dinafkahi
    *Tsaaaaah... Keren kali kau ini mas, BTW ganu apaan ya

    BalasHapus
  6. Jalan-jalan ke taman
    Senang sekali melihat bunga
    Kalau kamu orang yang beriman
    Semoga kamu masuk surga

    BalasHapus
  7. kekalimantan mau belajar
    tidak lupa membawa buku
    kalau kita mau belajar
    janganlah jemu jemu


    wkwkwk

    BalasHapus
  8. Ada guru naik taksi panggil saya guru kakasih

    BalasHapus
  9. Ikan hiu bergoyang goyang a love yu sayang๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜❤

    BalasHapus
  10. Makan sekuteng di atas peti
    Gue ganteng so pasti
    Asekk ase lole

    BalasHapus
  11. Gulali gula jawa mi tek tek ayam penyet gua geli pengen ketawa liat muka lu kaya ketek monyet

    BalasHapus
  12. Berakit rakit kita kehulu
    Berenang renang kita ketepian
    Bersakit sakit dahulu
    Bersenang senang kemudian

    BalasHapus
  13. Berakit rakit kita kehulu
    Berenang renang kita ketepian
    Bersakit sakit dahulu
    Bersenang senang kemudian

    BalasHapus
  14. Ada kucing sedang berlari
    Berlari di jalan yang rata
    Lebih baik yang memberi
    daripada yang meminta

    BalasHapus
  15. Ada kucing sedang berlari
    Berlari di jalan yang rata
    Lebih baik yang memberi
    daripada yang meminta

    BalasHapus
  16. Malam malam pergi ke taman
    Pergi ke taman melihat bulan
    Lebih tajam tikungan teman
    Daripada tikungan jalan

    Apabanget:V

    BalasHapus
  17. Beli ikan di tanjung Periuk
    Beli udang di Banten.
    Kalo utang masih numpuk
    Jadi orang jgn sok ganteng.

    BalasHapus
  18. Ikan betok ikan patin
    Bodo amat

    BalasHapus
  19. Mantapss kali,makasi ya semoga bisa bermanfaat bagi semua

    BalasHapus
  20. Utang budi dibawa mati Utang emas tidak dibawa mat




    BalasHapus
  21. Buah sawo
    Buah duren
    Wow kmu keren..๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  22. Jalan jalan ke kampung rawa
    Jangan lupa baca doa
    Bila aku lagi jatuh cinta
    Langsung kubawa di ke KUA

    BalasHapus
  23. Jalan jalan ke pantai Lovina
    Sempat kan diri menyantap ikan
    Cewek cantik yang duduk di sana
    Boleh kah kita berkenalan

    BalasHapus
  24. Ikan hiu nabrak kaca
    I love you yang baca

    BalasHapus
  25. Ikan hiu gedek-gedek
    I love you dek

    BalasHapus
  26. buah nangka buah duren
    gk nyangka gua keren

    BalasHapus
  27. Jalan jalan kekota padang

    Jangan lupa membeli parang

    Kalau lihat cewek begadang

    Tinggal bilang aja sayang

    BalasHapus
  28. Jalan jalan ke kota madya
    Jangan lupa beli es campur
    Eh kamu jangan kebanyakan gaya
    Muka kamu kaya lumpur

    BalasHapus
  29. Beli nanas di pasar
    Uang nya kurang
    y pulang
    Wkwkwkwkw๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  30. Bersampan sampan sepanjang hari
    Main selancar ditengah samudra
    Dengan teman pernah peduli
    Rizki lancar,banyak brrkahnya

    BalasHapus
  31. dari mana datangnya lintah
    dari sawa turun ke kali
    dari mana datangnya cinta
    dari mata turun ke hati

    BalasHapus
  32. Pagi pagi makan stik
    Makannya sambil berlari lari
    Perkenalkan namaku stiv
    Cowok playboy dari kendari

    BalasHapus
  33. Jalan jalan ke bogor
    Pulangnya beli cendol

    Capek bangsatt kayak gak ada angkutan aja

    BalasHapus