Wajib Coba! Inilah 7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah

7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah - Salah satu hal yang harus dihadapi oleh siswa-siswa di Indonesia, baik itu SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMA (Sekolah Menengah Atas) ialah Ujian.

Ibarat kehidupan, di sekolah para siswa juga harus menghadapi yang namanya ujian agar bisa naik ke level yang lebih tinggi laginya. Tak heran banyak siswa-siswa yang sudah mempersiapkan dirinya jauh jauh hari agar bisa mendapatkan nilai ujian yang memuaskan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak banget ujian yang harus diikuti oleh siswa-siswi agar bisa naik ke level berikut. Adapun ujiannya adalah sebagai berikut:

  • Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Ujian Semester (US)
  • Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
  • Ujian Nasional (UN)
  • Ujian Nasional Berbasis Kalem Komputer (UNBK)
  • Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN)
  • Ujian Praktik 
  • dan lainnya...
Nah banyak banget kan? Diantara banyaknya ujian di negeri kita ini, ada beberapa ujian yang dianggap paling menakutkan bagi siswa-siswi (apalagi bagi siswa pemalas seperti saya ini) yaitu Ujian Kenaikan Kelas (UKK) dan Ujian Nasional (UN).

UKK dan UN dianggap menakutkan karena kedua ujian tersebut menentukan nasib siswa tersebut. Misalnya saja Ujian Kenaikan Kelas, ujian ini dapat menentukan nasib siswanya apakah bisa naik ke kelas selanjutnya atau tidak. Dan Ujian Nasional bisa menentukan kelulusan seorang siswa. Tapi, berdasarkan info terbaru nih Ujian Nasional itu tidak menentukan kelulusan siswa sekarang nih, jadi kamu bisa sedikit lega ya..

Tapi apakah kamu sudah tau? Sejak tahun 2007, ada 11 murid meninggal karena ujian Nasional. Wah ngeri kan? 8 di antaranya bunuh diri dan 3 lainnya karena stres berat lalu sakit keras. Sumber: Grid.id

7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah
Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah
7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah
Untuk mengantisipasi korban keganasan ujian nasional dan kawan-kawan berikutnya, saya akan membagikan 7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah. Kebetulan tips ini saya bagikan bertepatan saya besok juga akan menghadapi ujian di sekolah (UASBN dan UN SMP, masih bocah ya wkwk). Penasaran apa aja tipsnya? Berikut adalah tipsnya...

Di bawa santai aja....

Banyak siswa yang menganggap ujian itu adalah beban, sehingga membuatnya gampang banget stres dan depresi. Padahal ujian itu dibuat tujuan sebenarnya bukanlah menjadi beban bagi siswa, melainkan untuk MEMBUAT KALIAN PUSING, HAHAHAHAHAHAAHHAAH.

Nggak nggak bercanda, ya jadi begini ujian itu sebenarnya dibuat bertujuan untuk mengisi nilai di rapor kamu dan juga mengukur seberapa paham kamu dengan materi yang diajarkan oleh guru selama 3 tahun.

Atau bisa jadi ujian nasional itu merupakan cara elite global untuk menghancurkan generasi muda Indonesia, entahlah.... So, intinya jangan dibawa pusing, santai aja...

Siapkan segala perlengkapan ujian

Selanjutnya ialah dengan menyiapkan segala perlengkapan ujian. Nah jika kamu ingin sukses dalam menghadapi ujian di sekolah tentunya harus menyiapkan segala perlengkapan ujian. Ini merupakan hal yang wajib kalo kamu ingin sukses dalam menghadapi ujian.

Jika kamu tidak memiliki perlengkapan ujian tentu saja kamu akan gagal dalam menghadapi ujian di sekolah. Salah satu perlengkapan ujian yang paling penting ialah BOM ASAP. Nah ketika ujian sedang berlangsung dan kamu kebingungan dalam menjawab soal, kamu bisa melemparkan BOM ASAP tersebut ke depan guru pengawasnya, alhasil guru tersebut akan mengalami kesulitan dalam melihat. Dan ini kesempatan kamu untuk melihat jawaban murid lainnya. JANGAN DICOBA!

Pastikan kamu masih sekolah

Ya elah, namanya juga ujian sekolah, tentunya kamu harus merupakan murid sekolah. Nah, jika kamu bukan merupakan murid sekolah mendingan kamu pulang dan tidur.. :))


Belajar secukupnya, jangan berlebihan!

Banyak diantara kita semua jika ujian telah tiba sibuk belajar hingga tak mengenal waktu, baik itu pagi, siang, petang hingga larut malam. Belajar secukupnya saja sob, otak kamu butuh yang namanya refreshing agar gak stres dan depresi.

Nah, jika kamu stres dan depresi bagaimana kamu bisa menjawab soal-soal ujian dengan benar dan tepat? 3 tahun belajar, eh pas mau ujian belajar juga? Huehehhe.. iya belajar dong, namanya juga manusia tepatnya khilaf dan lupa *eaak

Kerjakan dari soal yang termudah, kalau susah tinggalkan dulu

Banyak siswa yang gagal di dalam menghadapi ujian di sekolah karena kehabisan waktu, sehingga menjadi tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Alhasil, nilai yang mereka dapatkan menjadi rendah dan tidak memuaskan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, kamu bisa mengerjakan soal yang menurut kamu itu mudah dan meninggalkan soal yang menurut kamu susah. KALAU SOALNYA SUSAH SEMUA GIMANA? Tinggalkan semuanya!!!

Jangan menyontek!

Yaps, banyak dari pelajar Indonesia apabila menemukan soal yang sulit pasti menanyakan atau menyontek jawaban temannya. Padahal seharusnya ini merupakan hal yang tak boleh kita lakukan, kita harus mengerjakan soal demi soal dengan penuh kepusingan eh maksudnya kesabaran dan ketelitian. Jika ada jawaban yang gak tau mendingxiaomi mending asal-asalan aja. Toh, jawaban temanmu belum tentu benar juga khan??

Berdoalah

Doa tanpa usaha sia-sia, usaha tanpa doa itu takabur. Begitulah kata-kata yang disampaikan oleh guru IPA saya.

Nah, demikianlah tulisan saya kali ini. Semoga tulisan saya yang berjudul Wajib Coba! Inilah 7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Sekian dan terima kasih, selamat menempuh hidup baru bagi yang sudah lulus, aku menyusul!

3 Obrolan seru!

katanya soal ujian saat ini lebih susah ya, bersyukur banget sudah lolos ujian nasional zaman dulu *angkatan lama

Kok bikin ketawa ya, tapi bagus juga sih..daripada nyesek sama ujian. No.3 membuat saya pengen balik cari bantal.
Lagipula ujian memang bukan untuk ditakuti ya kan, ujian itu untuk dikerjakan aja.

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon