5 Wisata Budaya Indramayu Yang Wajib Kamu Kunjungi

Indramayu adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa, Barat. Kota ini terkenal dengan hasil buminnya yang melimpah. Salah satu hasil buminya yang terkenal ialah mangga. Tak heran, ketika kamu jalan-jalan ke Indramayu kamu sangat mudah menemui pedagang yang menjual buah yang memiliki warna daging kekuningan ini. Buah Mangga dari kota Indramayu sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan manis. Memang tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Indramayu tak mencicipi mangga khas Indramayu yaitu Mangga Cengkir.
Indramayu Kota Budaya
Selain terkenal sebagai kota penghasil mangga, kota Indramayu juga terkenal sebagai kota yang memiliki seni dan budaya yang beraneka ragam. Kenapa sih seni dan budaya di kota Indramayu beragam? Soalnya penduduk di kota Indramayu merupakan campuran dari Jawa dan Sunda. Dengan begitu membuat budaya di kota Indramayu jadi semakin beragam. 

Sebagai orang Indonesia, tak ada salahnya kita mengenal dan mengetahui budaya daerah lain. Dengan mengetahui dan mengenal budaya daerah lain membuat pengetahuan kita jadi semakin luas, sehingga membuat tumbuh rasa cinta kita terhadap tanah air. Dalam tulisan kali ini saya akan membagikan beberapa budaya yang unik dan keren dari kota Indramayu. Nah, apa sajakah budaya yang terdapat di kota Indramayu tersebut? Berikut adalah Budaya-budaya di Indramayu..

MENGENAL KEBUDAYAAN KOTA INDRAMAYU

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ragam seni dan budaya yang sangat banyak. Dengan banyaknya keragaman yang dimilikinya membuat Indonesia dikenal luas oleh Dunia. Salah satu daerah yang terkenal karena memiliki ragam budayanya ialah kota Indramayu. Kota Indramayu selain dikenal sebagai kota penghasil buah mangga ia juga dikenal sebagai kota yang memiliki kebudayaan yang beraneka ragam.

Dalam artikel yang berlabel Indonesia ini, kita akan membahas mengenai kebudayaan yang ada di kota Indramayu. Dengan begitu membuat kita mengenali budaya-budaya yang ada di kota Indramayu sekaligus bisa menjadi referensi liburan. Berikut adalah Kebudayaan Yang Ada di Kota Indramayu...

UPACARA ADAT NADRAN

Upacara Adat Nadran [Sumber]
Pertama kali kita akan berkenalan dengan salah satu upacara adat di Indramayu, yaitu Upacara Adat Nadran. Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur para nelayan terhadap hasil tangkapan ikan yang mereka dapatkan, serta mengharapkan meningkatnya hasil tangkapan ikan di masa mendatang dan di jauhkan dari segala bahaya ketika mencari nafkah dilaut.

Biasanya Upacara Adat Nadran dilakukan antara bulan Oktober sampai Desember di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel dan Ujung Gebang. Upacara adat nadran ini juga bisa menjadi referensi jika kamu ingin liburan ke kota Indramayu.

UPACARA NGAROT

Walaupun sudah ada sejak lama, Upacara Ngarot masih tetap di selenggarakan sampai sekarang. Terutama oleh masyarakat-masyarakat desa yang berada di Kecamatan Lelea sebelum penggarapan sawah. Upacara Ngarot ini bertujuan agar para petani mendapatkan hasil pertanian yang melimpah, biasanya upacara ini dilaksanakan setiap hari rabu, minggu keempat bulan November.

Uniknya, pada upacara ngarot ini yang menjadi peserta ialah para muda-mudi yang masih menjaga kesuciannya. Dalam upacara ini, para gadis desa dihias dengan mahkota bunga di kepala sebagai lambang kesucian. Sayangnya, karena dampak dari globalisasi banyak generasi muda yang tidak mau mengikuti dan meninggalkan upacara ngarot. Mereka menganggap bahwa sektor industri jauh lebih baik di bandingkan sektor pertanian.


MAPAG TAMBA

Mapag Tamba di Desa Tugu - Oleh Agus Purnomo
Mapag Tamba merupakan upacara adat yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengusir penyakit. Ciri-ciri dari upacara Mapag Tamba adalah orang-orang membawa air suci dalam bungbung bambu yang berasal dari sumber mata air yang dianggap memiliki kekhasiatan tersendiri. Air suci ini sebelumnya dibacakan do’a-do’a oleh sesepuh desa pada malam harinya.

Orang yang membawa bungbung bambu itu disebut dengan Wadyabala. Wadyabala bertugas mengucurkan air suci di sepanjang garis perbatasan desa. Para wadyabala ini menggunakan pakaian serba putih dengan pantangan tidak boleh bicara dan melewati jembatan selama proses acara ritual.

MAPAG SRI

Tradisi Mapag Sri [Sumber]
Tradisi Mapag Sri merupakan tradisi yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi Mapag Sri biasanya dilaksanakan menjelang musim panen tiba. Mapag Sri dalam bahasa jawa halus berarti menjemput padi, arti menjemput padi disini ialah panen. Maksud dari tradisi ini ialah mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena panen yang diharapkan sudah tiba dan hasil panen memuaskan.

SEDEKAH BUMI

Upacara Adat Sedekah Bumi ini, merupakan salah satu ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan atau profesi lainnya yang mengambil kekayaan di bumi.

Dalam puncaknya, acara sedekah bumi di akhiri dengan melantunkan doa bersama-sama oleh masyarakat setempat dengan dipimpin oleh ketua adat. Doa dalam sedekah bumi tersebut umumnya dipimpin oleh tetua adat atau sesepuh kampung yang sudah sering dan terbiasa mamimpin jalannya ritual tersebut. Yang menarik dalam lantunan doa tersebut adalah kolaborasi antara lantunan kalimat-kalimat Jawa  dan yang dipadukan dengan doa yang bernuansa Islami.

Tradisi ini biasanya dilaksanakan pada hari nahas tahun atau pada awal bulan Muharam/Sura. Tempat pelaksanaan acara ini awalnya dilakukan di perempatan jalan, namun sekarang biasanya dilaksanakan di halaman masjid, balai desa, atau tempat terbuka seperti lapangan.

AYO LESTARIKAN BUDAYA KOTA INDRAMAYU

Indramayu sebagai salah satu kota budaya yang terdapat di Jawa Barat memiliki banyak sekali budaya yang beraneka ragam. Sebagai generasi muda, sepatutnyalah kita harus melestarikan dan menjaga budaya tersebut agar tidak punah. Bayangkan saja jika budaya-budaya yang terdapat di kota Indramayu punah, pasti anak cucu kita nantinya tidak akan dapat menyaksikan dan melihat-lihat budaya di Indramayu tersebut.
Oleh karena itu, sekarang kita harus melestarikan dan menjaga seluruh budaya, baik yang terdapat di kota Indramayu dan seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian budaya Indonesia, kali ini saya akan membagikan Cara Melestarikan Budaya Agar Tidak Punah. Berikut adalah caranya kami berikan untuk Anda.

Memperkenalkan Budaya kepada Generasi Muda
Generasi muda adalah generasi yang akan mewarisi budaya di masa depan. Oleh karena itu, untuk menjaga agar budaya tetap lestari, kita seharusnyalah memperkenalkan budaya kepada generasi muda. Cara memperkenalkan budaya kepada generasi muda ialah dengan memperkenalkan budaya di sekolah, dirumah dan berbagai tempat lainnya. Semua elemen harus ikut serta dalam memperkenalkan kepada generasi muda, seperti orangtua, guru dan masyarakat.

Rutin Menyelenggarakan Kegiatan Budaya
Untuk membuat budaya agar tetap lestari dan mencegahnya agr tidak punah kita harus rutin menyelenggarkan kegiatan budaya. Contohnya saja dengan rutin menyelenggarakan Upacara Adat Nadran setiap bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Hal ini bertujuan agar orang-orang bisa mengetahui keberadaan budaya tersebut dan mencegah agar budaya yang ada tidak punah.

Mempromosikan Kegiatan Budaya
Mempromosikan kegiatan budaya merupakan cara selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga budaya agar tetap lestari. Dengan mempromosikan kegiatan budaya, akan membuat orang lain tahu mengenai keberadaan budaya kita, dan membuat orang-orang tertarik untuk menyaksikan secara langsung budaya kita.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar budaya yang ada didaerah kamu tetap lestari dan tidak punah. Semoga dengan informasi yang saya berikan tersebut bisa membuat budaya di Indonesia, terutamanya di kabupaten Indramayu tetap lestari dan tidak punah.

SELAMAT ULANG TAHUN INDRAMAYU!
Selamat Ulang Tahun Indramayu ke-489
Tepat pada 7 Oktober (2016) lalu Indramayu merayakan hari jadinya yang ke-489 tahun. Itulah alasannya kenapa saya menuliskan artikel mengenai Indramayu ini kedalam blog pribadi saya ini. Artikel mengenai Indramayu ini merupakan sebuah artikel yang sengaja saya persembahkan kepada kota kita tercinta yaitu Indramayu. Semoga dengan ulang tahunnya ke-489 ini Indramayu menjadi kabupaten dan kota yang maju dan berkembang terutama dalam bidang budayanya.

Terima kasih telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya yang berjudul Ayo Berkunjung ke Indramayu kota Budaya semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat dan menambahkan wawasan kita mengenai salah satu kota keren di Jawa Barat yaitu Indramayu.

1 Obrolan seru!

Wah aku pengin banget nyaksiin acara Nadran .. pasti ramai oleh kapal-kapal nelayan berhias cantik.

Pulangnya mampir beli mangga cengkir ☺

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon