Beginilah Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak

Begini Caranya Mengetahui Informasi Hoax atau Tidak - Di zaman modern dan serba digital seperti sekarang ini membuat siapa saja mudah dalam mendapatkan informasi. Kita bisa mendapatkan informasi dimana saja dan kapan saja dengan mudahnya melalui perangkat yang kita miliki yang sudah tersambung ke jaringan internet.

Tak jarang, akibat mudahnya dalam mengakses dan mencari informasi di internet membuat kita seringkali terjerumus ke dalam berita atau informasi yang bersifat provokatif ataupun hoax (hoaks).

Tips Memilih Informasi yang Baik dan Benar
Tips Mengetahui Berita Hoaks atau Tidak
Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang cerdas, kita harus pandai dalam memfilter berita-berita yang bertebaran di dunia maya. Jangan sampai berita yang kita baca merupakan suatu berita hoax dan bersifat provokasi yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Agar terhindar dari informasi-informasi hoax yang bertebaran di internet, saya akan membagikan beberapa tips untuk sobat semua dalam memilih informasi yang baik dan benar di internet. Adapun tips dalam memilih informasi yang baik dan benar di internet adalah sebagai berikut...

Periksa Judulnya Terlebih Dahulu

Yaps, hal pertama yang harus kamu lakukan pertama ketika melihat suatu informasi ialah dengan memeriksa judulnya terlebih dahulu. Biasanya berita atau informasi yang hoax/palsu menggunakan judul-judul yang bombastis (clickbait). Pastikan berita yang kamu baca tidak menggunakan kalimat-kalimat yang lebay dan bersifat memaksa seperti: "Sebarkanlah!", "Viralkanlah!", dan sejenisnya.
Ilustrasi Berita Hoax
Tak hanya itu saja, para pebisnis berita hoax juga sering menyisipkan foto-foto yang menggemparkan disetiap beritanya yang disertai dengan lingkaran dan tanda panah. Kemudian berita tersebut mereka bagikan ke sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan berbagai sosial media lainnya. Alhasil banyak yang terpedaya dengan berita tersebut, sehingga banyak yang mengklik dan membagikannya.

Periksa "Siapa" yang Membagikannya

Untuk mengetahui berita hoax atau tidak kamu harus memerhatikan siapa yang membagikannya. Untuk kamu yang hobi berselancar di media sosial kamu wajib banget memperhatikan hal ini. Pasalnya, di media sosial itu sering banget orang-orang menyebarkan berita ataupun informasi hoax.
Contoh Akun Penyebar Hoaks
Dan biasanya para pelaku penyebar berita ataupun informasi hoax tersebut merupakan akun-akun palsu yang mengatasnamakan tokoh-tokoh terkenal di tanah air. Maka dari itu, sebagai netizen yang cerdas sepatutnyalah harus memfilter berbagai berita dan informasi yang bertebaran di media sosial-nya jangan sampai terpedaya oleh akun-akun tokoh terkenal yang membagikan berita yang belum jelas asal-usulnya.

Biasanya para penyebar hoaks tersebut menggunakan nama tokoh-tokoh terkenal agar orang mudah percaya sehingga bisa mendapatkan like yang banyak. Dan ketika like-nya sudah banyak maka akun tersebut dijual dengan harga yang bervariatif, tergantung jumlah like dari akun halaman tersebut.

Adapun tokoh-tokoh yang namanya sering dijadikan oleh pelaku penyebar hoaks adalah sebagai berikut (biasanya di Facebook)
  • Ustadz/Ustadzah
  • Artis yang sedang naik daun
  • Penyanyi
  • Pelawak
  • dan masih banyak lagi..
Nah biasanya tokoh-tokoh besar (seperti ustadz atau artis) biasanya memiliki akun-akun resmi mereka di Instagram. Agar kamu tak tertipu, kamu bisa mencari nama mereka di kolom pencarian Instagram dan memilih yang memiliki tanda verifed (centang biru).

Periksa Sumber Berita yang Dibagikan

Tips ketiga untuk mengetahui berita hoax atau tidak ialah dengan memeriksa sumber berita yang dibagikan. Biasanya berita-berita hoax memiliki sumber yang tidak jelas asal usulnya. Para pelaku penyebar berita hoax biasanya mengambil gambar-gambar di google images dan menyertakan caption yang boombastis pada isinya sehingga membuat orang mudah percaya dan terpedaya.
Contoh Weblog Penyebar Berita Hoax
Sedangkan jika kamu menemukan informasi atau beritanya di website, kamu bisa mengecek alamat terakhir dari website tersebut. Biasanya website-website hoax kelas teri menggunakan domain (akhiran alamat website) gratisan untuk menyebarkan berita hoax-nya.

Adapun domain gratisan yang sering digunakan oleh para pelaku penyebar hoax ialah:
  • blogspot.com/blogspot.co.id
  • wordpress.com
  • domain gratisan .ga, .tk, ml, .gq
Sedangkan untuk website berita hoax kelas kakap biasanya menggunakan domain-domain berbayar untuk membagikan beritanya seperti domain .com, .net, .org, .co.id, .id, dan lain-lain. Untuk mengetahui informasi di website-nya benar atau tidak kamu bisa melakukan seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Judul, Gambar, dan Isi Berita "Biasanya" Tidak Nyambung

Biasanya para penyebar hoax asal-asal saja dalam mengambil gambar untuk dijadikan berita. Sehingga menyebabkan judul, gambar, dan isi beritanya tidak cocok. Sayang beribu sayang, orang Indonesia itu terkenal dengan minat bacanya yang super duper rendah.

Hal itulah yang menyebabkan orang-orang Indonesia mudah tertipu dengan berita-berita hoax. Mereka menelan mentah-mentah berita dan informasi yang mereka temukan tanpa membaca secara keseluruhan dan mengecek kebenaran berita tersebut.

Apalagi jika berita tersebut tentang lawan politiknya, jari jemari mereka yang lemah gemulai secara sigap membagikan ke timeline media sosial-nya tanpa peduli akan kebenaran berita tersebut. Maka dari itu, wahai netijen yang budiman mari perhatikan selalu judul, gambar, dan isi berita sebelum membagikannya, ya!

Menggunakan Fitur "Search Google for Image"

Salah satu keunggulan browser zaman now ialah dilengkapi dengan fitur "Search Google for image".  Dengan adanya fitur ini cukup membantu kita dalam mengetahui berita yang dibagikan tersebut hoaks atau tidak.
Fitur Search Google for Image (Handayat.com)
Caranya cukup mudah, kamu tinggal klik kanan pada mouse (khusus pengguna PC, ya!) kemudian browser akan menampilkan pilihan. Kamu tinggal pilih aja Search Google for image, nantinya google akan menampilkan laman website asli pemilik gambar tersebut.
Hasil dari search google for image
Di sana, kamu akan menemukan website pemilik dari gambar tersebut atau berita-berita yang berkaitan dengan gambar tersebut. Cukup mudah bukan?

Like Halaman "Indonesia Hoaxes" di Facebook

Terakhir, kamu bisa menyukai halaman Indonesia Hoaxes di Facebook untuk mendapatkan berbagai klarifikasi tentang berita hoax terkini yang sedang ramai diperbincangkan netizen. Di sana admin-nya akan memaparkan klarifikasi berita hoax secara rinci dan jelas disertai sumber-sumber yang valid.
Halaman Indonesian Hoaxes di Facebook
Halaman yang memiliki lebih dari 180ribu likers ini akan selalu membagikan kepada penggemarnya informasi dan klarifikasi terbaru seputar hoax. Tunggu apalagi, buruan disukai.

Yuk jadilah pengguna internet yang cerdas dan bijak untuk menghilangkan berita hoax di negeri kita tercinta, Indonesia. Demikianlah tulisan saya kali ini mengenai Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca, Terimakasih.

5 Obrolan seru!

Berita hoaks bikin terpecah belah ya, oya sekarang di harian lokal kami sudah ada rubrik no-hoaks. Dari situ masyrakat yang gak terlalu update dunia maya, bisa dapat informasi yang tepat.

Apapun namanya hoax harus dibumi hanguskan, walaupun itu hoax membangun hehe

WAH IYA NIH MAS, SEKARANG BERITA HOAX UDAH BANYAK. KITA SEBAGAI PEMBACA HARUS HATI-HATI DAN PANDAI MEMILIH MANA BERITA YG BENAR MANA YANG HOAX.

BERGUNA INFORMASINYA MAS.

Wah hoax emang skrng lagi merajalela di bumi pertiwi.
Tips ini keren banget, mudah2an makin banyak orang yang lebih peduli sebelum menyebar berita hoax..

Kebanyakan juga click bait artikelnya, judul tidak sesuai dengan isinya..

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon