Yuk Terapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari!

Yuk Terapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari! - Kesehatan merupakan aset paling berharga yang harus kita jaga. Akan tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang sadar dengan gaya hidupnya sehingga kerap kali terjerumus ke gaya hidup yang salah yang bisa menyebabkan kesehatannya menurun.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia yang cerdas seharusnyalah kita menerapkan gaya hidup sehat yang benar dalam kehidupan kita sehari-hari agar tubuh selalu sehat dan bugar. Berbicara mengenai gaya hidup, ternyata ada loh beberapa gaya hidup yang harus kita hindari karena bisa berbahaya bagi tubuh kita. Nah, apa-apa sajakah gaya hidup berbahaya tersebut? yuk kita simak tulisannya di bawah ini.

Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Ternyata Bisa Berbahaya Loh!
Berbagai Gaya Hidup Tidak Sehat yang Harus Dihindari
Selama ini, mungkin kita tidak menyadari bahwa gaya hidup yang kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari merupakan gaya hidup yang salah bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Lantas, apa sajakah gaya hidup tidak sehat yang bisa berbahaya bagi tubuh kita tersebut? Yuk simak tulisan lengkapnya di bawah ini!

Jarang Melakukan Olahraga Setiap Harinya

Pertama, yaitu jarang melakukan olahraga setiap harinya. Mungkin karena kesibukan pekerjaan atau sekolah kita kerap kali meninggalkan yang namanya olahraga. Padahal melakukan olahraga minimal 3 kali setiap minggunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika kita malas melakukan olahraga sangat berbahaya bagi tubuh kita bisa bisa menyebabkan kita menjadi mudah capek, susah tidur, menurunkan tenaga, dan menurunkan daya tahan tubuh.
Manfaat Berolahraga, Designed by Freepik.com
Ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan kita dapatkan bila rutin melakukan olahraga. Contohnya saja melakukan olahraga kardio seperti jogging, olahraga ini merupakan olahraga sangat baik untuk menyehatkan jantung kita. Tak hanya itu, ada segudang manfaat dari olahraga yang akan kita rasakan ketika rutin melakukannya, seperti:
  • Membantu menurunkan berat badan karena tubuh lebih banyak membakar kalori
  • Meningkatkan daya tahan otot terutama bagi yang suka olahraga angkat beban
  • Meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh)
  • Menguatkan tulang
  • Dan menyehatkan jantung
Nah, banyak banget kan keuntungan atau manfaat dari berolahraga yang kita rasakan. So, masihkan sobat malas berolahraga?

Sering (bahkan sampai kecanduan) merokok

Gaya hidup tidak sehat selanjutnya yang harus kamu hindari ialah merokok. Tahukah kamu? Bahwa jumlah perokok di Indonesia itu mencapai angka 75 juta jiwa pada tahun 2017. Tentu data ini sangat mencengangkan sekaligus mengkhawatirkan. Yang mengkhawatirkan ialah ternyata sekitar 20 juta anak di Indonesia adalah perokok juga.

Nah miris banget kan. Banyaknya jumlah perokok anak ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti faktor lingkungan, yang mana lingkungan tersebut terdapat banyak orang-orang yang merokok sehingga membuat si anak penasaran untuk mencobanya.

Padahal ada banyak penyakit berbahaya yang siap mengancam para perokok tersebut. Apa saja sih penyakitnya? Seperti:
  • Penyakit paru obstruktif kronik 
  • Kanker paru-paru. 
  • Penyakit jantung.
  • Kanker, seperti kanker mulut, hidung tenggorokan, kerongkongan 
  • dan masih banyak lagi..
Sebelum terlambat, untuk kamu yang masih merokok mari hentikan gaya hidup tidak sehatmu itu. Sebab, penyakitnya tak hanya menyerang kamu saja tetapi juga orang di sekitarmu yang menghirup asap rokok.

Makan makanan tinggi kalori

Setiap makanan yang kita makan itu terdapat kalori (energi). Ibaratkan kendaraan, kalori itu adalah bahan bakarnya. Setiap manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitasnya. Kalori berguna untuk menjalankan semua fungsi organ di tubuh kita dan juga sebagai energi agar kita nggak loyo dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Umumnya wanita memerlukan sekitar 1.600-2.400 kilokalori (kkal) per hari, sementara rata-rata pria memerlukan 2.000-3000 kkal. Nah jika kita makan lebih dari kebutuhan kalori kita perharinya maka akan bisa menyebabkan kita jadi gemuk. Karena kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga menyebabkan penumpukan kalori dan kemudian disimpan di dalam tubuh kita menjadi lemak, sehingga membuat kita tampak gemuk.
Contoh Kalori dalam Makanan via Instagram @rizalnutrionist
Makanan tinggi kalori biasanya terdapat pada makanan-makanan cepat saji seperti burger, fried chicken, pizza, dan lain sebagainya. Makanan cepat saji tidaklah baik bagi kesehatan apalagi bila dikonsumsi setiap harinya karena memiliki jumlah kalori yang sedikit dan minim nutrisi.

Mulailah sekarang mengganti makanan cepat saji kamu dengan buah-buahan ataupun makan-makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan harianmu agar hidup lebih sehat dan nutrisi harian pun jadi tercukupi.

Kebiasaan tidur larut malam atau begadang

Kebiasaan tidur larut malam atau yang lebih dikenal dengan istilah begadang merupakan salah satu contoh dari gaya hidup tidak sehat yang sering kali orang-orang lakukan. Banyak dari kita yang mungkin menghabiskan waktunya untuk begadang setiap harinya entah itu untuk bekerja, bermain game, lembur, main sosmed, membuat tugas, dan berbagai hal lainnya.

Padahal kebiasaan begadang ini merupakan suatu gaya hidup buruk dan berbahaya yang dapat memengaruhi kesehatan kita. Umumnya, manusia membutuhkan tujuh sampai dengan delapan jam seharinya untuk tidur, sedangkan orang yang begadang itu biasanya hanya tidur kurang dari 6 jam perharinya.
Berbagai Bahaya dari Begadang - Freepik.com
Orang-orang yang sering begadang dalam jangka panjang akan muncul ciri-ciri fisik di tubuhnya, seperti adalah wajah tampak lesu, mata terlihat menghitam, dan mata merah. Tak hanya itu saja, ternyata kebiasaan begadang juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Dampak langsung dari begadang
  • Mudah mengantuk
  • Muka terlihat pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
  • Pusing dan sulit untuk berkonsentrasi
  • Imunitas menurun
  • dan pola makan tidak teratur
Pengaruh terhadap pikiran
  • Membuat stress dan depresi
  • Mudah marah dan gelisah
Bahaya jangka panjang
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit jantung
  • Risiko stroke
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Alzheimer
Ngeri banget kan dampak yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan begadang ini? Jadi, apakah kamu masih suka begadang? Yuk mulai dari sekarang ubah gaya hidup kamu!

Mengonsumsi minuman keras

Bagi kaum muslimin tentunya mereka sudah tau bahwa minuman keras merupakan suatu yang diharamkan dalam Islam. Akan tetapi, masih banyak yang suka melanggar larangan tersebut. Padahal mengonsumsi minuman keras itu lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya.

Bahkan banyak dampak yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi minuman keras ini. Adapun dampak jangka pendek mengonsumsi minuman keras adalah:
  • Mulut Terasa Kering 
  • Jantung Berdegup Lebih Kencang 
  • Menimbulkan Rasa Mual 
  • Kesulitan Bernafas 
  • Sering buang air kecil
Dampak di atas biasanya bisa dirasakan dalam beberapa menit. Namun, perubahan yang diberikan bisa beragam tergantung dari kadar alkohol dari minuman keras yang diminum. Sedangkan dampak kesehatan jangka panjang yang akan dirasakan oleh peminumnya adalah:
  • Menyebabkan lever membengkak
  • Menyebabkan kerusakan otak
  • Osteoporosis
  • Overdosis
  • Hingga kematian
Masih banyak loh sob minuman enak dan halal yang bisa kamu konsumsi selain minuman keras. Buat kamu yang belum pernah jangan sesekali mencoba, ya!

Kurang minum air putih

Gaya hidup buruk selanjutnya ialah kurang minum air putih. Banyak di antara kita yang lebih memilih minum minuman bersoda yang tinggi kalori dibandingkan minum air putih yang 0 (nol) kalori alias tidak memiliki kalori.
Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita
Kurang minum air putih ternyata bisa berbahaya loh bagi kesehatan kita. Dampaknya bagi kesehatan pun cukup mengerikan, seperti:
  • Dapat menggangu fungsi otak, 
  • Infeksi kandung kemih
  • Menyebabkan kulit lebih terlihat kusam 
  • Bisa membahayakan ginjal
  • dan berbagai dampak mengerikan lainnya
Sebaliknya, jika kita rutin minum air putih minimal 2 liter perharinya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita:
  • Meningkatkan fungsi otak kita
  • Menambah energi tubuh
  • Menjaga cairan tubuh
  • Membantu menghilangkan rasa haus dan dehidrasi
So, mulai sekarang ayo kita kurangi mengonsumsi minuman bersoda ataupun yang manis-manis dan menggantikannya dengan air putih agar tubuh kita lebih sehat.

Kurang tidur dan istirahat

Kurang tidur dan istirahat merupakan contoh dari gaya hidup buruk selanjutnya yang harus kita hindari. Kurang tidur dan istirahat bisa terjadi karena banyaknya aktivitas yang kita lakukan setiap harinya dan sering tidur larut malam (begadang).

Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, bahwa begadang memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan kita. Nah, sudah sepatutnyalah kita tidak begadang agar mendapatkan tidur berkualitas sehingga terhindar dari kurang tidur dan istirahat.

Adapun dampak dari kurang tidur dan istirahat adalah:
  • Bisa menghambat pertumbuhan (terutama bagi remaja)
  • Menurunkan daya ingat
  • Emosi menjadi tidak stabil
  • Kekebalan tubuh menurun
  • Menyebabkan depresi
  • dan masih banyak lagi
Untuk menghindari dampak berbahaya dari kurang tidur dan istirahat, sobat harus mengatur waktu sebaik mungkin agar bisa tidur dan istirahat dengan cukup sehingga terhindar dari kurang tidur dan istirihat.

Sering tidak mandi

Ini jorok banget, sob! Sering tidak mandi merupakan contoh dari gaya hidup tidak sehat yang terakhir. Biasanya orang yang sering tidak mandi itu merupakan orang yang super sibuk atau emang dasarnya pemalas. Presiden aja yang super sibuk mandi loh sob, masa kamu yang jomblo dan pengangguran enggak :D

Biasanya orang-orang tidak mau mandi terutama di pagi hari. Menurut mereka sih waktu pagi itu nggak ada kegiatan apa-apa, jadi buat apa mandi. Padahal nyatanya mandi pagi itu merupakan suatu hal yang bermanfaat banget loh untuk tubuh kamu. Mandi pagi berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit dan juga untuk menghindari kulit dari berbagai macam penyakit. 

Jadi nggak heran kenapa orang yang jarang mandi itu sering banget merasakan gatal-gatal! Semoga sobat yang baca tulisan ini tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tidak mandi, ya!

Tips Gaya Hidup Sehat
Tips Gaya Hidup Sehat (Infographic)
Setelah selesai membahas mengenai beberapa gaya hidup tidak sehat yang berbahaya dan harus dihindari, selanjutnya saya akan membagikan tips bagi sahabat sehat semua mengenai tips gaya hidup sehat yang bisa sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Nah, apa-apa sajakah gaya hidup sehat yang bisa sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari tersebut? Berikut adalah tulisannya..

Istirahat Cukup dan Teratur

Pertama, ialah dengan mendapatkan istirahat yang cukup dan teratur. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk memulai dan mendapatkan hidup yang lebih sehat. Pastikan jam tidur kamu cukup yaitu minimal delapan jam seharinya.

Meninggalkan berbagai kebiasaan buruk seperti begadang atau bermain smartphone sebelum tidur harus kamu hindari agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur dan istirahat yang cukup akan memudahkan kita mendapatkan tubuh yang sehat.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, air putih ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Oleh karenanya, kita dianjurkan memperbanyak minum air putih yaitu minimal 2 liter perharinya.

Orang yang jarang mengonsumsi air putih ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatannya. Karena dengan jarang mengonsumsi air putih bisa berbahaya bagi ginjal kita, jadi mudah dehidrasi, dan kulit menjadi tampak lebih kusam, ngeri ya?

Rajin Berolahraga

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Olahraga memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang melakukannya. Oleh karena itulah kamu harus mengubah gaya hidup tidak sehat kamu dari yang malas-malasan berolahraga jadi rajin dan semangat berolahraga.

Bagi kamu yang baru berolahraga, mulailah dari olahraga yang ringan namun konsisten. Kamu bisa memilih olahraga yang sesuai dengan dirimu dan bisa kamu lakukan setiap hari dengan konsisten. Dengan begitu, insyaallah kamu bisa mendapatkan badan yang ideal dan sehat.

Terus Mencari Informasi Tentang Gaya Hidup Sehat

Terakhir, kamu bisa selalu mencari informasi tentang gaya hidup sehat agar pengetahuan kamu tentang gaya hidup sehat terus bertambah. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai gaya hidup sehat di mana saja. Entah itu di media cetak, media elektronik, media sosial, dan lainnya.

Akan tetapi, jika kamu sembarangan dalam mengambil informasi tentang dunia kesehatan, terutama tentang gaya hidup sehat, bisa-bisanya kamu terjerumus ke dalam informasi salah (hoaks) yang dapat menyesatkan dan bahkan bisa membahayakan tubuh kamu.

Sembutopia, Mari Sembuhkan Indonesia

Agar kamu tidak tersesat atau mendapatkan informasi yang salah (hoaks) dalam seputar dunia kesehatan, kami merekomendasikan media sosial yang bisa kamu ikuti agar kamu terus update mengenai masalah seputar gaya hidup sehat.
Akun Instagram Sembutopia
Akun media sosial itu bernama SEMBUTOPIA! Mungkin di antara sobat belum tau kan apa itu sembutopia? Jadi begini, SEMBUTOPIA itu merupakan layanan yang memiliki tujuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan memberikan pengetahuan tentang Gaya Hidup Sehat. Diluncurkan sejak November 2017, SEMBUTOPIA aktif berkegiatan untuk mengenalkan pola hidup yang sehat, antara lain melalui lomba foto yang mendapat sambutan luas. (Sembutopia)

SEMBUTOPIA aktif mengenalkan berbagai pengetahuan tentang gaya hidup sehat untuk masyarakat di berbagai media sosial populer di Indonesia seperti di Instagram, Twitter, dan Facebook. Kamu bisa mengikuti semua akun sosial medianya @sembutopia (instagram), @sembutopia (twitter), Sembutopia (facebook).

Nah, demikianlah tulisan saya kali semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat. Mari sembuhkan Indonesia! Terima kasih.

Thanks for: Freepik.com

5 Obrolan seru!

Liat gambar grafis sepeda jadi pengen punya sepeda juga, biar gak keseringan pake motor

Kayak apa tuh aroma dan tampilan kulit orang yang jarang mandi ya 😁 .. ?.
Kok bisa ya, ngga suka mandi ..

Kalo aku rutin mandi, takut bermasalah kulit jadinya kalo malas mandi.

Yook, kita semua budayakan hidup sehat ..

Pola hidup sehat biasanya berhubungan dg jam tidur, makanan dan olahraga.

Nah klo besok puasa yg kadang ndak bisa konsisten itu olahraganya kak. Ada tips olahraga saat puasa kak?

Gaya hidup sehat sudah seharusnya menjadi gaya hidup dalam keseharian kita, orang bisa bilang "saya merokok dan saya tetap sehat"
yg harus diingat dampaknya bagi orang sekitar kita dan dampak buruk bagi dirinya sendiri dimasa yg akan datang

Ya ampun... aku jarang mandi nih wkwkwk. Makasih ya udah ngingetin kalau itu gak sehat. Mudah2an gak males lagi, demi hidup yang lebib sehat 😁

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon