7+ Dampak Negatif Bermain Game yang Patut Kamu Waspadai

7+ Dampak Negatif Bermain Game yang Patut Kamu Waspadai - Di bulan puasa seperti sekarang ini tentu sangat menyenangkan bermain game sambil menunggu waktu berbuka. Bedug maghrib pun terasa lebih cepat karena keasyikan main game hingga lupa waktu.

Bermain game bukanlah suatu hobi baru, sejak zaman dahulu orang-orang juga senang bermain game. Akan tetapi, game pada zaman dahulu tidaklah secanggih seperti zaman sekarang ini. Dulu orang-orang hanya bermain game tradisional seperti petak umpet yang waktunya pun terbatas, soalnya kalau mainnya malam-malam takut disembunyikan sama hantu, serem!

Berbeda dengan zaman sekarang yang sudah serba canggih dan modern, bermain game tak mengenal waktu dan tempat. Bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa main game di ponsel kamu, di playstation, hingga di personal computer yang kamu miliki.

Dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut, terkadang membuat anak-anak muda lalai dengan waktunya. Waktunya yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat malah jadi habis sia-sia karena game.

DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME YANG HARUS DIWASPADAI

Memang sih, bermain game itu seru dan menyenangkan. Tetapi, dibalik keseruannya tersebut menyimpan berbagai dampak dan bahaya negatif bagi diri kamu yang wajib kamu waspadai. Jujur, saya juga merupakan seorang pecandu game. Jadi saya menulis postingan ini untuk menyadarkan (terutama) diri saya sendiri dan teman-teman yang masih kecanduan game juga.

 Dalam tulisan kali ini, kami akan membagikan "7+ Dampak Negatif Bermain Game yang Patut Kamu Waspadai". Nah, apa sajakah "7+ Dampak Negatif Bermain Game yang Patut Kamu Waspadai"? Berikut adalah tulisannya untuk sobat semuanya..

Membuat Seseorang Menjadi Kecanduan

Dampak yang paling fatal yang merupakan buntut dari segala dampak negatif lainnya dari bermain game adalah kecanduan. Jika seseorang sudah kecanduan atau ketagihan bermain game tentunya akan menimbulkan dampak negatif lainnya yang lebih berbahaya.

Tips: Untuk mengatasi kecanduan, kamu bisa mencoba perlahan-lahan untuk berhenti bermain game. Aktivitas bermain game kamu, bisa kamu ganti dengan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti belajar, membantu orang tua, atau ngumpul bareng teman-teman main bareng game, haha..

Lupa Waktu dan Segalanya

Jika seseorang sudah kecanduan main game, ia akan lupa waktu dan segalanya. Setiap hari, waktunya habis hanya untuk bermain game. Jika seseorang sudah lupa waktu dan segalanya tentu akan susah, bahkan jika bedug sudah berkumandang pun ia menjadi lupa karena asyik dengan game-nya.

Karena keasyikan bermain game seseorang bisa menghabiskan waktunya di tempat tidur hanya untuk bermain game bahkan hingga sampai larut malam. Karena keasyikan bermain game tersebut membuat mereka memiliki waktu tidur yang sedikit dan tidak berkualitas. Tak heran, kenapa kita sering melihat para pecandu game itu selalu mengantuk dan matanya memiliki kantung.

Tips: Sebelum terlambat, ayo atur waktu kamu sebaik-baiknya. Jangan habiskan masa mudamu hanya dengan bermain game. Lakukanlah hal-hal yang bermanfaat, negara membutuhkan kontribusimu!

Sering begadang dan memiliki kualitas tidur yang buruk

Dampak negatif dari game selanjutnya ialah membuat seseorang jadi sering begadang, alias tidur larut malam dan memiliki kualitas tidur yang buruk. Yap, biasanya para pecandu game menghabiskan malamnya dengan mabar (main bareng) teman-temannya hingga lupa waktu.

Tak jarang, para pecandu game sering tidur larut malam hanya untuk bermain game (terutama yang sering beli paket kalong) dengan teman-temannya. Biasanya orang-orang yang sering tidur larut malam ini adalah para pecandu game online, baik di smartphone ataupun di PC.

Mereka (para pecandu game online) berlomba-lomba menaikkan pangkat/rank game yang mereka mainkan agar bisa menjadi Top Global atau hanya untuk memamerkan dengan teman-temannya. Padahal seperti yang saya tuliskan di tulisan tentang gaya hidup sehat bahwa begadang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu!

Tips: Yuk mulai dari sekarang coba perlahan-lahan meninggalkan game. Kamu bisa mencoba dengan mengurangkan frekuensi bermain secara bertahap.

Menjadi lebih boros terhadap harta

Boros merupakan perbuatan yang tercela dan patut dihindari. Boros artinya adalah membelanjakan sesuatu bukan kepada tempat yang benar. Contohnya saja seorang pecandu game yang menghambur-hamburkan uangnya untuk bermain game, seperti untuk membeli kuota, top up, dan lainnya.

Tips: Padahal uang tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat ataupun ditabung untuk masa depanmu yang lebih cerah.

Prestasi di sekolah menjadi menurun

Jujur saja wahai para gamers, pasti sejak kamu kecanduan dengan game prestasi di sekolah kamu semakin menurun, kan? Faktanya, banyak anak-anak di sekolah yang kecanduan game prestasinya menjadi menurun dan ada juga yang meningkat (karena disertai belajar).

Banyak para pelajar yang karena keasyikan nge-game ia lupa akan kewajibannya, yaitu belajar. Tak heran, kenapa banyak sekali pelajar-pelajar yang mengalami penurunan prestasi di sekolah nya akibat kecanduan game.

Tips: Bermain game sah-sah saja, asal jangan porsinya lebih banyak dari belajar.

Mata kamu lama kelamaan akan mengalami kerusakan

Dampak negatif selanjutnya yang ditimbulkan dari game ialah mata kamu lama kelamaan akan mengalami kerusakan. Apalagi jika kamu penggemar berat dari game smartphone, sinar biru dari smartphone yang kamu miliki sangat berbahaya bagi kesehatan mata kamu.

Sinar biru dari smartphone berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai masalah mata seperti:
  • Kerusakan retina
  • Menimbulkan katarak
  • Merusak siklus tidur alami
  • Membuat rentan terkena depresi
  • Risiko tinggi kanker
Wah, ngeri-ngeri banget ya. Yuk mulai dari sekarang tinggalkan kebiasaan bermain game-mu!

Membuat semakin lama menjomblo

Fakta menyebutkan, bahwa para penggila game (terutama game online) merupakan para jomblo yang kesepian yang tak memiliki seorang kekasih. Itulah hal yang melatarbelakangi mereka kenapa bisa sampai kecanduan game.

Keasyikan bahkan sampai kecanduan bermain game sangat berbahaya bagi dirimu. Sebab, jika semakin lama kamu bermain game maka semakin lama pula kamu menjomblo.

Tips: Yuk tinggalkan game dan beralihlah main aplikasi Tinder :D

Membuat seseorang gampang emosi

Tak bisa kita pungkiri, nyatanya emang seperti ini. Orang-orang yang ketagihan bermain game biasanya memiliki tingkat emosi yang tinggi dan cenderung tidak stabil. Mereka sering marah-marah tidak jelas apalagi ketika kalah saat bermain game.

Para pemain game ketika emosi sering mengucapkan kata-kata tidak pantas dan sering menghancurkan benda-benda di sekitarnya. Tentu ini merupakan sikap tidak terpuji yang seharusnya kita hindari.

Nah itulah 7+ Dampak Negatif Bermain Game yang Patut Kamu Waspadai, semoga tulisan yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Sekian dan terima kasih.

4 Obrolan seru!

Gua lumayan kecanduan sama moba, terkadang begadang juga demi ngejar rank hehe

Hahaha, saya ingat paling lama saya main Zuma, kemudian stop cukup lama, terus maen Plants VS Zombie.. dan terakhir banget angry bird. Jadul sekali yaah :D
Sengaja, biar gak doyan ngegame gak ada yang dicoba lagi.

Yup bener banget mas, dan yang paling bahaya itu pengaruh terhadap kesehatan badan dan prestasi menurun, ini udah kebukti banget.. Saya juga penggila game, paling favorit GTA, tapi gak sampe begadang juga sih, masih inget waktu, hehehe....

Kesimpulannya, main game boleh-boleh aja, asal jangan sampe lupa waktu aja, okeh

Ini nih ... artikel yang wajib kutunjukin ke ponakanku yang cowok biar tau efek negatifnya.
Kecanduan game banget dia !.
Tangannya ngga bisa lepas dari mainin game di ponselnya, ngga kenal waktu.
Apalagi saat liburan sekolah, dari pagi sampe malam tetep saja main game meski udah ditegur berulangkali.
Makanya dari kecil udah pake kacamata cukup tebal.

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon