Ini Daftar Turnamen Sepakbola Terbesar di Dunia

Euforia kemeriahan Piala Dunia (World Cup) masih terasa hingga saat ini walaupun sudah berlalu. Bagi para insan pencinta sepakbola, piala dunia adalah turnamen puncak yang wajib ditonton karena berisi tim-tim terbaik dari seluruh belahan dunia (5 benua) yaitu, Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Selain Piala Dunia, sebenarnya masih ada beberapa turnamen yang juga dianggap besar dan selalu dinanti-nanti para pencinta sepakbola di seluruh dunia.

Bagi kita yang tinggal di tanah air, Timnas Indonesia saat ini memang belum bisa berbicara banyak di Kancah dunia. Tapi di kawasan Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu negara yang sepak bolanya cukup disegani. Dan dalam waktu dekat, akan diadakan perhelatan Olimpiade Asia yang lebih kita kenal dengan istilah Asian Games 2018. Event ini akan diadakan di Indonesia (Jakarta-Palembang).

Sebagian masyarakat Indonesia sudah sewajarnya apabila kita memberikan dukungan penuh pada Tim Nasional (Merah-Putih). Agar dukungan yang kita berikan bisa memberikan suntikan semangat bagi punggawa timnas, mari kita ramai-rami dukung Timnas dengan hadir di stadion.
Jangan lupa lihat jadwal pertandingan Timnas agar tidak ketinggalan. Semoga saja, Garuda Muda bisa melaju jauh dalam turnamen ini, mengingat negara-negara lain yang ikut berlaga juga cukup kuat seperti Arab Saudi, Taiwan, Hongkong, Thailand, hingga Malaysia.

Jadwal pertandingan Timnas U-23 di Asian Games rencananya akan digelar mulai tanggal 14 Agustus 2018. Jika kamu tidak bisa mendukung langsung Tim Merah Putih di stadion, kamu juga bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan mereka melalui layar kaca yang rencananya akan disiarkan oleh dua stasiun TV swasta.

Jadi, jangan lupa cek dan catat jadwal pertandingan Timnas Indonesia! Mari, kita dukung negara sendiri agar lebih berprestasi di kancah dunia.

Turnamen sepak bola terbesar di dunia

Kembali kita ngomongin soal pertandingan sepak bola terbesar di jagat raya, yang pertama udah jelas Piala Dunia (World Cup). Tapi selain Piala Dunia, masih ada sederet turnamen beken yang tidak kalah menarik untuk disaksikan.
Berikut adalah daftar turnamen sepakbola kelas dunia yang paling populer:

1. Piala Dunia (World Cup)

Pertandingan Piala Dunia dihelat 4 tahun sekali dan diikuti oleh 32 tim dari 5 benua (seperti yang telah disebutkan di atas). Mereka yang lolos ke Piala Dunia merupakan wakil dari masing-masing benua yang didapat melalui kualifikasi di masing-masing wilayah. Sehingga, mereka yang lolos merupakan Timnas yang memang teruji dan dianggap sebagai tim top.
Karena berisi tim-tim terbaik, maka wajar apabila para pencinta sepakbola rela begadang hingga malam demi menonton piala dunia, bahkan sejak babak penyisihan.

2. Piala Eropa

Setelah Piala Dunia, turnamen sepak bola terbesar di dunia selanjutnya adalah Piala Eropa. Karena Eropa dianggap sebagai kiblat sepak bola modern yang memiliki liga-liga terbaik. Di antara beberapa liga terbaik di Eropa yang terkenal dan populer adalah:
l  Premier League (Inggris)
l  La Liga (Spanyol)
l  Seri A (Italia)
l  Eredivisi (Belanda)
l  Ligue 1 (Prancis)
l  Bundesliga (Jerman), dan masih banyak yang lainnya
Tidak seperti Piala Dunia, Piala Eropa (sejak 2016) hanya diikuti oleh 24 tim yang berasal dari benua biru saja. Karena dianggap memiliki liga-liga terbaik seperti yang telah disebutkan di atas, termasuk juga Liga Portugal hingga Liga Belgia. Tak pelak, hal tersebut membuat pertandingan Liga Eropa selalu ditunggu-tunggu.

3. Liga Champions

Di level klub, ada Liga Champion yang mempertandingkan tim-tim juara dari negara-negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Swiss, hingga Prancis. Liga Champions dianggap sebagai salah satu turnamen terbesar di dunia sepakbola karena diikuti oleh tim terbaik Eropa yang berisi pemain-pemain top dan bintang.

4. Liga Eropa UEFA

Untuk level klub selanjutnya yang terkenal adalah Liga Eropa UEFA, yang pesertanya terdiri atas tim yang tergusur dari babak penyisihan Liga Champion dan tim yang menghuni peringkat 5, 6, atau 7 (dari beberapa negara) Eropa seperti halnya Liga Champions.
Itulah daftar turnamen sepak bola terbesar di dunia yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh insan pencinta sepakbola termasuk masyarakat Indonesia. 

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon