Yuk Mengenal Fitur "Hidup Sehat, Yuk!" dari Ruangguru!

Bismillah... 
Tak terasa, sudah tiga bulan lebih memasuki masa putih abu-abu (SMA) setelah kurang lebih tiga tahun belajar di SMP. Di SMP tentunya tersimpan banyak sekali kenangan-kenangan indah yang tak dijumpai ketika kita duduk di bangku SMA. Tak heran, terkadang membuat kita rindu dengan masa-masa indah ketika SMP, entah itu rindu dengan teman-temannya, para guru, suasana kelas, ataupun gorengan Bude di kantin sekolah.

Tapi, kerinduan pada masa-masa SMP itu hanya terjadi ketika di awal-awal memasuki masa putih abu-abu saja. Setelah beberapa bulan di SMA ataupun di SMK mereka merasa lebih senang dan nyaman di lingkungan barunya tersebut.

"Eh bro, rindu sama masa-sama SMP nggak?"
"Hmm.. Rindu sih, tapi nggak terlalu. Soalnya di SMA ceweknya cantique-cantique, bro!"

Emang bener sih, sejak memasuki masa-masa SMA ataupun SMK, para remaja khususnya wanita jadi terlihat semakin cantik dan menarik. Karena pada masa-masa ini mereka (remaja wanita) cenderung lebih memperhatikan gaya dan penampilan fisiknya.

Remaja wanita terus membandingkan tinggi badan, berat badan dan bentuk tubuhnya dengan teman-teman seusianya. Nah, jika perbandingan yang mereka 'rasa' tidak memuaskan dapat menjadi sumber dari kekecewaan dan akhirnya dapat menyebabkan body dissatisfaction (ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh).

Pentingnya Menjaga Kesehatan di Waktu Remaja
Jaga Kesehatanmu Selagi Masih Muda! Image by Freepik.com
Karena terlalu sibuk memperhatikan penampilan, terkadang membuat para remaja lupa akan hal kesehatan. Sehingga agar bisa mendapatkan penampilan yang memuaskan rela bersakit-sakitan. Padahal hal tersebut seharusnyalah tidak dilakukan.

Kesehatan merupakan aset paling berharga yang harus kita jaga. Akan tetapi masih banyak pelajar di Indonesia yang kurang sadar dengan gaya hidupnya sehingga kerap kali terjerumus ke gaya hidup yang salah yang bisa menyebabkan kesehatannya menurun. Padahal menjaga kesehatan ketika masih remaja itu sangat penting, karena gaya hidup kita pada saat inilah yang akan membawa pengaruh hingga kita tua nantinya.

Maka dari itu, selagi masih muda seharusnyalah kita menerapkan gaya hidup sehat yang benar dalam kehidupan kita sehari-hari agar ketika kita sudah tua nanti kita akan memetik hasil yang kita perbuat ketika masih muda.

Berbicara mengenai gaya hidup, ternyata ada loh beberapa gaya hidup yang harus kita hindari karena bisa berbahaya bagi tubuh kita. Nah, apa-apa sajakah gaya hidup berbahaya tersebut? yuk kita simak tulisannya di bawah ini.

Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Ternyata Bisa Berbahaya Loh!
Berbagai Gaya Hidup Tidak Sehat yang Harus Dihindari
Selama ini, mungkin kita tidak menyadari bahkan tidak peduli bahwa gaya hidup yang kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari merupakan gaya hidup yang salah bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Lantas, apa sajakah gaya hidup tidak sehat yang bisa berbahaya bagi tubuh kita tersebut? Yuk simak tulisan lengkapnya di bawah ini!

Jarang Melakukan Olahraga

Pertama, yaitu jarang melakukan olahraga. Mungkin karena kesibukan ataupun malas, kita kerap kali meninggalkan yang namanya olahraga. Padahal melakukan olahraga minimal 3 kali setiap minggunya sangat baik untuk kesehatan tubuhmu, sob! Sebaliknya, jika kita malas melakukan olahraga ternyata memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Bisa menyebabkan kita menjadi mudah capek, susah tidur, menurunkan tenaga, dan menurunkan daya tahan tubuh.
Manfaat Berolahraga, Designed by Freepik.com
Walaupun saya seorang pelajar yang hampir seluruh waktunya habis seharian di sekolah, saya tetap berusaha memanfaatkan waktu senggang dan hari libur untuk melakukan olahraga minimal 3 kali tiap minggunya. Karena saya menyadari bahwa ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan kita dapatkan bila rutin melakukan olahraga.

Nah, bagi kamu para pelajar kamu bisa rutin berolahraga dengan mengikuti ekskul olahraga di sekolahmu, seperti futsal, sepak bola, bola voli, basket, dan berbagai ekskul olahraga lainnya. Atau bagi kamu yang tidak menemukan ekskul yang cocok kamu bisa saja melakukan olahraga kardio seperti jogging, olahraga ini merupakan olahraga sangat baik untuk menyehatkan jantung. Tak hanya itu, ada segudang manfaat dari olahraga yang akan kita rasakan ketika rutin melakukannya, seperti:
  • Membantu menurunkan berat badan karena tubuh lebih banyak membakar kalori
  • Meningkatkan daya tahan otot terutama bagi yang suka olahraga angkat beban
  • Meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh)
  • Menguatkan tulang
  • Dan menyehatkan jantung
Nah, banyak banget kan keuntungan atau manfaat yang akan kita dapatkan jika rutin berolahraga? So, masihkan sobat malas berolahraga? Mari dari sekarang atur waktu kamu sebaik mungkin agar bisa melakukan olahraga rutin setiap minggunya.

Makan makanan tinggi kalori

Setiap makanan yang kita makan itu terdapat kalori (energi). Ibaratkan kendaraan, kalori itu adalah bahan bakarnya. Setiap manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitasnya. Kalori berguna untuk menjalankan semua fungsi organ di tubuh kita dan juga sebagai energi agar kita nggak loyo dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Sumber: Fitur 'Hidup Sehat, Yuk' di ruangbelajar
Apalagi kita sebagai remaja, porsi dan pola makan haruslah kita perhatikan dengan baik, yaitu dengan cara memerhatikan Pedoman Gizi Seimbang. Jangan sampai asupan gizi kita bisa kurang karena nantinya akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kita di masa yang akan datang sehingga menjadi terhambat. Maka dari itu, sebagai remaja yang cerdas, kita harus selalu memerhatikan pedoman gizi seimbang, yaitu dengan melihat pola makan remaja di atas.

Kita harus memerhatikan dengan betul pedoman gizi seimbang, sehingga tidak menyebabkan pola makan kita menjadi salah. Jika kita makan lebih dari kebutuhan kalori perharinya maka akan bisa menyebabkan kita menjadi gemuk. Karena kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga menyebabkan penumpukan kalori dan kemudian disimpan di dalam tubuh kita menjadi lemak (tepatnya disimpan di bawah permukaan kulit), sehingga membuat kita tampak gemuk.

Para pelajar haruslah berhati-hati, sebab di kantin-kantin sekolah sering banget dijumpai makanan-makan dengan jumlah kalori yang tinggi seperti gorengan, mie instan, minuman manis seribuan, dan lainnya. Makanan seperti itu haruslah kita hindari karena tidak baik bagi kesehatan kita kedepannya. Apalagi pelajar biasanya tidak mau tau, yang penting kenyang. Padahal makanan-makan tersebut tidaklah baik bila dikonsumsi setiap harinya karena memiliki jumlah kalori yang tinggi dan minim gizi serta nutrisi.

Mulailah sekarang mengganti gorengan atau mie instan dengan bekal sehat dari rumah seperti buah-buahan ataupun makan-makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhanmu setiap harinya agar hidup lebih sehat dan nutrisi harian pun jadi tercukupi.

Kebiasaan tidur larut malam atau begadang

Kebiasaan tidur larut malam atau yang dikenal dengan istilah begadang merupakan salah satu contoh dari gaya hidup tidak sehat yang kerap kali para pelajar lakukan. Banyak dari pelajar yang sering menghabiskan waktu malamnya untuk begadang. Ada yang menghabiskan waktu malamnya chattingan, main sosmed, bermain game, membuat tugas, dan berbagai hal lainnya.

Padahal, begadang merupakan suatu gaya hidup buruk dan juga berbahaya karena bisa memengaruhi kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhan kita, terutama para pelajar. Umumnya, manusia membutuhkan tujuh sampai dengan delapan jam seharinya untuk tidur, sedangkan orang yang begadang itu biasanya hanya tidur kurang dari itu.
Berbagai Bahaya dari Begadang - Freepik.com
Orang yang sering begadang dalam jangka panjang akan muncul ciri-ciri fisik di tubuhnya, sepertiyang  wajah tampak lesu, mata terlihat menghitam, dan mata merah. Tak hanya itu saja, ternyata kebiasaan begadang juga sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Dampak langsung dari begadang
  • Mudah mengantuk
  • Muka terlihat pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
  • Pusing dan sulit untuk berkonsentrasi
  • Imunitas menurun
  • dan pola makan tidak teratur
Pengaruh terhadap pikiran
  • Membuat stress dan depresi
  • Mudah marah dan gelisah
Bahaya jangka panjang
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyakit jantung
  • Risiko stroke
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Alzheimer
Ngeri banget kan dampak yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan begadang ini? Jadi, apakah kamu masih suka begadang? Yuk mulai dari sekarang ubah gaya hidup kamu!

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Di sekolah, saya sering kali menjumpai teman-teman yang malas mengonsumsi air putih. Mereka lebih memilih mengonsumsi minuman-minuman manis berperisa di kantin ketimbang membawa minuman sendiri. Padahal air putih jauh kaya manfaat dibandingkan minuman manis yang terbuat dari pemanis buatan tersebut. Apalagi bila dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka panjang tentu sangat memengaruhi kesehatan kita.
Seperti yang dipaparkan oleh infografis di atas, rutin mengonsumsi air putih banyak mendatangkan manfaat bagi tubuh kita, dan sebaliknya jika kurang mengonsumsi air putih bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Dampaknya bagi kesehatan pun cukup mengerikan, seperti:
  • Dapat menggangu fungsi otak, 
  • Infeksi kandung kemih
  • Menyebabkan kulit lebih terlihat kusam 
  • Bisa membahayakan ginjal
  • dan berbagai dampak mengerikan lainnya
Sebaliknya, jika kita rutin minum air putih minimal 2 liter perharinya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita:
  • Meningkatkan fungsi otak kita
  • Menambah energi tubuh
  • Menjaga cairan tubuh
  • Membantu menghilangkan rasa haus dan dehidrasi
So, mulai sekarang ayo kita kurangi kalau bisa sih hentikan mengonsumsi minuman yang manis-manis dan bersoda, dan menggantikannya dengan air putih agar tubuh kita lebih sehat.

Tips Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan
Tips Gaya Hidup Sehat (Infographic)
Setelah selesai membahas mengenai beberapa gaya hidup tidak sehat yang berbahaya dan harus dihindari, selanjutnya saya akan membagikan untuk kamu semua mengenai tips gaya hidup sehat yang bisa sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Nah, apa-apa sajakah gaya hidup sehat yang bisa sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari tersebut? Berikut adalah tulisannya..

Istirahat Cukup dan Teratur

Pertama, ialah dengan mendapatkan istirahat yang cukup dan teratur. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk memulai dan mendapatkan hidup yang lebih sehat. Pastikan jam tidur kamu cukup yaitu minimal delapan jam seharinya.

Meninggalkan berbagai kebiasaan buruk seperti begadang atau bermain smartphone sebelum tidur harus kamu hindari agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan tidur dan istirahat yang cukup akan memudahkan kita mendapatkan tubuh yang sehat dan juga tidak ngantuk di kelas.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, air putih ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Oleh karenanya, kita dianjurkan memperbanyak minum air putih yaitu minimal 2 liter perharinya.

Orang yang jarang mengonsumsi air putih ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatannya. Karena dengan jarang mengonsumsi air putih bisa berbahaya bagi ginjal kita, jadi mudah dehidrasi, dan kulit menjadi tampak lebih kusam, ngeri ya?

Rajin Berolahraga

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Olahraga memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang melakukannya. Oleh karena itulah kamu harus mengubah gaya hidup tidak sehat kamu dari yang malas-malasan berolahraga jadi rajin dan semangat berolahraga.

Bagi kamu yang baru berolahraga, mulailah dari olahraga yang ringan namun konsisten. Kamu bisa memilih olahraga yang sesuai dengan dirimu dan bisa kamu lakukan setiap hari dengan konsisten. Dengan begitu, insyaallah kamu bisa mendapatkan badan yang ideal dan sehat.

Belajar Hidup Sehat bersama Aplikasi Ruangguru
Belajar Hidup Sehat bersama Aplikasi Ruangguru
Betapa beruntungnya kita hidup di zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat memberikan beragam kemudahan untuk semua orang, termasuk para pelajar di Indonesia.

Sekarang, para pelajar di Indonesia tak hanya bisa belajar di sekolahan saja. Mereka juga bisa belajar sendiri lewat aplikasi yang terpasang di smartphone-nya. Salah satu aplikasi keren yang bisa kamu gunakan untuk belajar dengan mudah menggunakan smartphone setiap harinya adalah aplikasi Ruangguru.

Apasih Ruangguru Itu?

Apasih yang kamu pikirkan ketika mendengarkan kata "Ruangguru?" Hmm... Jangan ngaku-ngaku kamu sebagai generasi milenial kalau nggak kenal dengan aplikasi pembelajaran paling kece satu ini. Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi pendidikan terkece, terhits, dan terdepan sekarang ini? Pasti kamu tau dong.
Apasih Ruangguru Itu?
Yap, Ruangguru! Pasti kamu sudah tau kan atau pernah denger aplikasi satu ini? Ruangguru adalah perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi di Indonesia, berdiri pada tahun 2014, lebih tepatnya pada Hari Kartini, didirikan oleh dua orang anak muda hebat asli Indonesia yaitu Belva Devara (CEO) dan Iman Usman (CPO).

Ruangguru memiliki misi untuk membangun Indonesia yang lebih cerdas, menyediakan lapangan pekerjaan yang luas, serta pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia akan akses pendidikan.

Tak hanya tersedia dalam bentuk website, Ruangguru juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa kamu dapatkan di Playstore ataupun Appstore. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah memahami materi-materi pelajaran sekolah, karena di aplikasi Ruangguru tersedia berbagai video, kuis, infografis, konsultasi soal dan materi yang sulit dengan tutor secara online.
Cara Download Aplikasi Ruangguru
Bagi kamu pengguna android, untuk mendapatkan aplikasi mobile dari Ruangguru ini sangat mudah sekali. Kamu tinggal ketik saja kata "Ruangguru" di box pencarian di Playstore dan kamu akan menemukan aplikasi mobile Ruangguru di sana, tinggal kamu download... Dan selesai! Setelah selesai, kamu bisa menikmati berbagai fitur keren yang tersedia di aplikasi Ruangguru. Apa saja sih fitur-fitur keren yang tersedia di Ruangguru tersebut?

Fitur-fitur Keren yang Bisa Kamu Temukan di Aplikasi Ruangguru!
Fitur-fitur Keren yang Ada di Ruangguru
Ada banyak banget fitur-fitur keren yang bisa kamu temukan di aplikasi mobile Ruangguru. Seperti fitur Ruangbelajar, Digitalbootcamp, Ruanglesonline, dan Ruanguji. Tapi apakah kamu sudah tau bahwa diantara semua fitur tersebut ada fitur yang lebih keren lagi, yaitu fitur "Hidup Sehat, Yuk!" di Ruangbelajar.

Mengenal Lebih Dekat Fitur "Hidup Sehat, Yuk!"

Fitur "Hidup Sehat, Yuk!" merupakan program kerja sama antara Ruangguru, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia. Program ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat lebih peduli dengan kesehatannya masing-masing melalui bantuan teknologi.
Keunggulan Fitur Hidup Sehat, Yuk!
Cara mengaksesnya cukup mudah, setelah selesai mengunduh aplikasi mobile Ruangguru, kamu hanya perlu memilih Kurikulum K13 Revisi dari kelas 7-12 dan kamu sudah dapat menonton seluruh video di fitur Hidup Sehat, Yuk! kapan saja dan di mana saja. Mudah banget 'kan? Tak hanya itu, fitur Hidup Sehat, Yuk! ini juga memiliki beragam keunggulan seperti:

Tersedia banyak materi seputar hidup sehat
Materi di Fitur "Hidup Sehat, Yuk!"
Di fitur ini, kamu akan menemukan materi-materi seputar gaya hidup sehat terutama untuk para remaja. Adapun materi utama dari fitur Hidup Sehat, Yuk! ini adalah:
  • Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK)
  • Anemia Pada Remaja
  • Gizi Seimbang
  • Kesehatan Remaja
Selain materi utama di atas, nanti juga terdapat materi lainnya yang banyak banget.

Materi disajikan dalam bentuk video animasi
Materi Disajikan dalam Video Animasi
Keunggulan selanjutnya dari fitur ini adalah setiap materinya disajikan dalam bentuk video animasi yang keren banget. Dan materi yang disampaikan oleh fasilitator dikemas menggunakan bahasa yang sederhana, informatif, dan komunikatif sehingga lebih mudah dimengerti oleh kami para remaja. 

Tak hanya itu saja, di setiap materi video yang disajikan pada fitur "Hidup Sehat, Yuk!" ini akan dijelaskan oleh ahlinya langsung dan disertai videografis yang keren sehingga membuat kita lebih mudah memahami materinya. So, kamu tak perlu takut materi yang disampaikan di fitur ini akan ngawur, karena materinya disampaikan oleh orang yang sudah ahli dibidangnya.

Dilengkapi dengan latihan topik dan lainnya...
Dilengkapi dengan Latihan Topik dan Kuis
Untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kamu tentang materi yang disampaikan, kamu bisa coba menjawab latihan topik atau kuis ketika selesai menyimak materinya. Dan di fitur ini kamu akan mendapatkan rangkuman materi yang kamu pelajari dalam bentuk infografis yang bisa kamu unduh dan share ke media sosial, sehingga bermanfaat untuk teman-teman kamu yang belum mengetahuinya.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur Hidup Sehat, Yuk! ini membantu remaja mulai menyadari pentingnya gizi dan kesehatan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang. So, tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Ruangguru sekarang! Dan akses fitur "Hidup Sehat, Yuk!" secara gratis di smartphone kamu.

Thanks for freepik.com

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon