Cara Yang Tepat Dalam Merawat AC Agar Tidak Mudah Rusak
Air conditioner atau yang biasa kita singkat dengan kata AC, saat ini tak hanya dipergunakan pada fasilitas-fasilitas umum saja seperti perkantoran, mall, supermarket, dan sebagainya. Ya, banyak masyarakat kita yang sudah memiliki AC yang digunakan untuk kebutuhan di dalam rumah. Selain berfungsi sebagai pendingin ruangan, AC ini juga dapat kita gunakan untuk menghangatkan suhu dalam ruangan rumah. Tapi sayangnya, ternyata masih ada saja sebagian dari para penggunanya yang belum paham tentang cara merawat AC dengan benar. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa cara yang tepat dalam merawat AC agar tidak mudah rusak :

1. Pastikan Ruangan Dalam Rumah Anda Tertutup

Saat menyalakan AC, anda harus memastikan bahwa pintu ruangannya tertutup rapat. Mengapa harus demikian? Pasalnya, penggunaan AC dengan pintu ruangan yang terbuka itu dapat mengonsumsi daya listrik lebih boros. Dan yang lebih gawatnya lagi, hal tersebut akan memaksa AC bekerja lebih keras lagi sehingga bagian kompresornya menjadi cepat panas dan rentan terhadap kerusakan.

2. Istirahatkan AC

Jangan mentang-mentang terbuat dari mesin, sehingga anda berpikiran bahwa AC tersebut tidak membutuhkan waktu istirahat. Ya, layaknya manusia, AC juga membutuhkan waktu rehat sejenak agar keutuhan mesinnya tetap terjaga sehingga tidak mudah rusak. Menurut pengalaman, sebaiknya AC dinyalakan dengan durasi maksimal selama 5 jam, dan setelahnya matikan untuk mendinginkan mesin. Dengan demikian, maka penggunaan fitur timer AC dapat membantu anda dalam merawat kondisi AC agar tidak mudah rusak. Saat AC dalam keadaan mati alias tidak dipakai, sangat disarankan bagi anda untuk membuka jendela ataupun pintu dalam ruangan. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udaranya tetap terjaga.

3. Perhatikan Pengaturan Suhu

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi anda untuk tidak terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius. Lantas, apa yang akan terjadi jika hal ini sering dilakukan? Menurut informasi yang didapat, seringnya mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius ini daoat membuat mesin AC menjadi lebih cepat panas dan rentan terhadap kerusakan.

4. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Cara tepat berikutnya dalam merawat AC rumah agar awet dan tidak mudah rusak, yakni dengan melakukan pembersihan secara rutin. Anda dapat membersihkan semua komponen AC tersebut dalam 2 minggu sekali, atau minimalnya sebulan sekali. Tentu saja pembersihan ini sangat berpengaruh pada kualitas udara yang ada di dalam ruangan rumah anda. Apabila AC dalam kondisi kotor, maka sirkulasi udara dalam ruangan rumah anda juga akan ikut kotor yang tentu saja dapat mengancam kesehatan.

5. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Freon

Sangat penting bagi kita untuk melakukan pengecekan pada bagin Freon, dalam rangka merawat kondisi AC. Apabila bagian Freon tersebut mengalami kebocoran, maka kinerja AC akan berkurang sehingga udara dingin yang dihasilkannya tidak akan maksimal. Tak hanya itu saja, dampak dari kebocoran Freon ini juga dapat mengonsumsi daya listrik yang lebih besar lagi lho. Dalam hal ini, anda disarankan untuk melakukan pengcekan Freon setiap 6 bulan sekali. Jika anda kurang paham, anda bisa memanggil jasa service AC.

Baca jugaIngin Berbelanja Online Hemat? Manfaatkan 5 Momen Ini!
Itulah beberapa cara yang tepat dan benar dalam merawat AC agar tetap awet dan tidak mudah rusak, yang tentu saja bisa anda lakukan sendiri dirumah. 

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *