Mengenal Motif Baju Batik Wanita Beserta Maknanya

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat bermakna. Meski awalnya berasal dari Pulau Jawa, saat ini hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batik yang berbeda. Nah, motif batik ini juga sangat populer dijadikan pakaian sehari-hari. Meski awalnya baju batik terkesan kuno, tapi berkat perkembangan model busana saat ini, banyak baju batik yang disulap jadi lebih kekinian. Termasuk untuk baju batik wanita, saat ini banyak sekali model berbeda yang bisa dijadikan pilihan.
Source: Google Images
Anda sendiri pasti juga punya koleksi baju batik di lemari, kan? Tapi pernahkah Anda mengamati motif baju batik tersebut? Setiap motif baju batik ternyata memiliki nama dan makna berbeda lho. Berikut diantaranya:

Batik sidoasih

Motif batik ini cukup sederhana, dengan dasar warna putih dan motif berwarna coklat yang menyerupai bentuk hati, namun di bagian tengahnya terdapat sulur-sulur tanaman. Batik sido asih ini biasanya digunakan wanita Jawa pada saat upacara pernikahan. Batik satu ini memiliki makna kehidupan yang selalu dipenuhi dengan rasa sayang. Saat ini batik sidoasih tak hanya digunakan untuk acara pernikahan saja, namun juga untuk berbagai event lainnya. Karena warnanya yang cukup kalem, batik ini biasanya lebih cocok digunakan untuk acara formal.

Batik kawung

Motif batik satu ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia. Bentuknya sendiri seperti bunga dengan 4 kelopak yang disusun saling berjajar. Tapi sebenarnya motif ini bukan terinspirasi dari bentuk bunga, melainkan bentuk buah aren yang dalam bahasa Jawa disebut dengan kawung. Meski saat ini batik kawung bisa digunakan dengan bebas, dulu motif batik ini hanya terbatas untuk kaum kerajaan saja. Kini banyak batik kawung dengan warna-warna cerah yang menjadikannya cocok digunakan oleh anak muda.

Batik mega mendung

Batik satu ini berasal dari Cirebon, menggambarkan bentuk awan yang berada di langit. Motif mega mendung ini termasuk yang paling banyak disukai untuk baju batik wanita. Biasanya batik bermotif mega mendung ini menggunakan warna gelap seperti merah tua dan hijau tua. Namun yang paling terkenal adalah batik mega mendung dengan warna biru menyerupai warna langit. Saat ini batik mega mendung menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Cirebon.

Batik sekar jagad

Penggemar batik asal Yogyakarta pasti sudah tak asing dengan motif sekar jagad ini. Sekar sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti bunga, sedangkan jagad adalah dunia. Tapi motif batik ini sendiri sebenarnya lebih menyerupai pulau-pulau abstrak dibandingkan dengan bunga. Secara filosofis, batik sekar jagad dianggap memiliki keindahan yang akan membuat siapapun yang melihatnya merasa terpikat. Warna batik sekar jadag ini biasanya didominasi oleh warna gelap seperti hitam dan coklat tua.

Batik parang rusak

Motif satu ini juga termasuk salah satu motif yang cukup tua. Kesan formal sangat kental terasa dari batik ini karena memang dominasi warnanya selalu coklat. Batik parang rusak memiliki desain repetitif seperti halnya batik kawung dan dimaknai sebagai gambaran antara pertarungan manusia dengan sisi buruk atau jahat. Jika manusia berhasil memerangi sisi buruk di dalam dirinya, maka ia akan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Batik ini banyak dijadikan busana setelan pria dan wanita untuk acara formal.

Batik sido luhur

Pada zaman dahulu, batik sido luhur umumnya dipakai oleh mereka yang memiliki pangkat atau kedudukan terhormat. Dengan warna coklat keemasan, batik sido luhur ini memang terkesan sangat mewah. Dalam adat jawa, batik ini biasanya digunakan wanita di malam pengantin. Pemakainya diharapkan bisa mendapatkan posisi terhormat pada masyarakat. Saat ini batik sido luhur termasuk salah satu jenis yang banyak dipakai untuk busana formal.

Batik tambal

Seperti namanya, batik tambal ini memiliki campuran dari berbagai macam motif batik lainnya yang disusun seperti halnya ditambal. Dalam budaya Jawa, batik jenis ini terbilang langka dan memiliki manfaat baik yakni bisa menyembuhkan penyakit. Pada zaman dahulu, orang yang sakit akan diselimuti dengan batik tambal ini. Di zaman sekarang, batik tambal termasuk yang memiliki ciri unik dan kini banyak dibuat dengan warna lebih cerah selain coklat.

Batik cuwiri

Dalam bahasa Jawa, cuwiri berarti kecil-kecil. Jadi bisa disimpulkan kalau dalam batik ini, motifnya memang digambarkan dalam bentuk yang kecil-kecil. Biasanya gambarnya merupakan simbol dari tumbuhan dan bunga. Batik ini umumnya memiliki beberapa campuran warna yang dibuat dari pewarna alami. Untuk wanita Jawa, batik ini biasa dipakai pada saat upacara 7 bulan kehamilan yang diharapkan bisa memberikan keselamatan untuk ibu dan dan bayinya kelak.

Batik Pekalongan

Seperti namanya, batik ini memang berasal dari Pekalongan. Batik Pekalongan ini memiliki ciri motif flora dan fauna yang dibalut dengan warna-warna cerah. Batik Pekalongan termasuk salah satu jenis batik yang sangat terkenal dengan kekayaan motifnya. Apalagi Pekalongan merupakan kota perdagangan sehingga seringkali muncul motif unik yang menggambarkan budaya yang berasal dari luar kota Pekalongan.

Batik Malangan

Sama halnya dengan batik Pekalongan, batik Malangan ini juga menggambarkan ciri khas dari sebuah kota yakni kota Malang yang terletak di Jawa Timur. Batik Malangan biasanya identik dengan perpaduan warna merah dan biru dengan motif yang sangat unik, yakni candi-candi yang ada di kota Malang. Batik ini memang berbeda dari jenis kebanyakan yang bergambarkan motif abstrak atau flora dan fauna. Ada pula batik Malang yang memiliki gambar topeng, karena Malang juga identik dengan kesenian topengnya.
Nah, ada banyak sekali bukan motif yang biasa digunakan dalam baju batik wanita? Kalau Anda memiliki baju batik, perawatannya perlu diperhatikan dengan baik. Batik kebanyakan dibuat dari pewarna alami yang akan mudah pudar seiring berjalannya waktu. Untuk menjaganya, sebaiknya Anda mencucinya dengan deterjen yang berbahan lembut dan khusus untuk batik. Jika tak punya, Anda bisa mencucinya dengan shampoo yang kandungannya lebih lembut dibanding deterjen biasa. Selain itu, batik sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung.
Untuk menyetrika batik juga perlu diperhatikan. Jangan menggunakan suhu yang terlalu panas karena bisa merusak lapisannya. Sebaiknya menyetrika baju batik wanita dengan cara dibalik terlebih dahulu jadi yang terkena panas langsung adalah bagian dalamnya. Kemudian untuk penyimpanan, lebih baik digantung dan bukan dilipat.
Kalau Anda ingin menambah koleksi baju batik wanita, pastikan untuk sering mengunjungi toko belanja online seperti iLotte. Disini tersedia banyak sekali model baju batik wanita kekinian yang dijamin akan menambah rasa percaya diri Anda saat beraktivitas. Banyak juga lho, baju batik couple untuk Anda dan pasangan. Dijamin penampilan lebih serasi dan pas dipakai untuk menghadiri undangan pernikahan.

Ramaikan!

Posting Komentar