Menghadapi Ujian di Sekolah Semakin Percaya Diri bersama Ruangguru!

Menjadi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah impianku dari dulu. Sejak aku duduk di kelas sembilan (9) atau kelas 3 SMP keinginanku menjadi siswa SMA semakin bulat, terlebih di SMP aku menemukan banyak hal yang menurutku kurang menyenangkan. Salah satu hal yang menurutku kurang menyenangkan adalah banyaknya pelajaran-pelajaran yang membosankan seperti pelajaran hitung-hitungan.

Aku termasuk murid yang tidak menyukai pelajaran hitung-hitungan, tetapi ketika di sekolah dengan terpaksa harus mempelajarinya, seperti pelajaran Matematika dan IPA yang berhasil membuatku menjadi pusing dan stres, karena mau tak mau aku harus berhadapan dengan pelajaran tersebut.

Nah, karena peristiwa itulah membuatku makin tertarik untuk masuk ke SMA dan berencana untuk mengambil jurusan IPS, karena aku pikir dengan masuk SMA dan memilih jurusan IPS nantinya akan menghindariku dari pelajaran hitung-hitungan yang sudah ku benci dari dulu.

Tepat pada hari ini
Hari ketika aku menuliskan cerita ini
Hampir sudah satu tahun, lebih tepatnya sudah dua semester aku berada di SMA dan dengan jurusan yang aku dambakan dahulu, yaitu IPS.

Dan sekarang, aku merasakan sedikit kekecewaan. Aku kira jurusan yang aku damba-dambakan dulu tidak ada pelajaran hitung-hitungannya (seperti yang aku bayangkan), dan ternyata aku salah besar!

Kini, setelah berada di SMA aku terpaksa berhadapan kembali dengan pelajaran hitung-hitungan yang aku benci dahulu. Dan yang lebih parahnya lagi, aku bertemu pelajaran hitung-hitungan yang lebih membosankan, lebih membuat pusing, dan lebih sulit, yaitu Kimia dan Fisika.

Iya, walaupun aku mengambil jurusan IPS, tetapi aku ditakdirkan berjumpa dengan pelajaran Fisika dan Kimia, karena aku kurang beruntung mendapatkan lintas minat pelajaran itu.

Awal Berjumpa dengan Ruangguru

Ketika awal-awal masuk SMA aku sedikit terkejut karena mengetahui bahwa aku akan mempelajari lagi pelajaran hitung-hitungan. Iya, aku dasarnya emang udah pemalas, apalagi mempelajari suatu hal yang tidak kusukai, tambah membuatku malas!

Nasi sudah menjadi bubur, mau tak mau ya harus tetap lanjut bersekolah.
Aku yang dulunya tidak menyukai pelajaran hitung-hitungan seperti Matematika, Kimia, dan Fisika perlahan mulai mencoba untuk menyukai pelajaran-pelajaran tersebut.

Aku yang dulunya males banget untuk memerhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran itu (baru memerhatikan bentar aja udah pusing) perlahan mulai mencoba untuk memerhatikan dan memahami.

Dan hasilnya... aku tetap juga tidak paham! Entah karena otakku yang memang sudah overload atau cara guru yang menjelaskan kurang asik, aku juga tak tau.
Kanal Youtube Milik Agung Hapsah
Nah, ketika sepulang sekolah aku biasanya memanfaatkan waktuku untuk hal-hal yang berguna, seperti menonton video-video bermanfaat di youtube, membaca tulisan-tulisan di Quora, dan menulis di blog seperti sekarang ini.

Jujur saja, aku lebih suka menonton video bila dibandingkan membaca buku atau tulisan-tulisan di internet. Oleh karena itu, waktuku lebih banyak dihabiskan untuk menjelajahi video-video yang ada di YouTube dibandingkan membaca buku.

Di antara banyaknya kanal youtube yang aku tonton, kanal yang paling menarik menurutku ialah kanal milik Agung Hapsah.

Ya, kanal Agung Hapsah merupakan salah satu kanal terbaik menurutku saat ini, perpaduan konten yang berkualitas dan ditambah dengan skill editing video yang keren menjadi sebuah kombinasi yang menakjubkan, membuatku ketagihan untuk menonton video-videonya.
Video Milik Agung Hapsah
Di antara banyaknya video yang telah ku tonton di kanal milik Agung, ada sebuah video yang menurutku cukup menarik, video itu berjudul Indonesia ketinggalan 128 tahun, kamu bisa menontonnya juga disini.

Di video itu, Agung Hapsah memaparkan data dan fakta seputar kualitas pendidikan di Indonesia yang ternyata jauh tertinggal bila dibandingkan dengan negara lainnya di dunia. Di pertengahan video, Agung Hapsah dan Iman Usman memperkenalkan sebuah aplikasi bimbel online bernama Ruangguru. 

Karena penyampaian yang menarik dari Agung dan Iman (pendiri Ruangguru) membuatku jadi tertarik untuk mengunduh aplikasinya di smartphone milikku. Sebelumnya aku pikir Ruangguru hanyalah sebuah aplikasi bimbel online biasa.

Tapi, setelah aku mengunduh dan mencobanya ternyata Ruangguru merupakan aplikasi bimbel online yang luar biasa.

Yuk Kenalan dengan Ruangguru
Halaman depan aplikasi Ruangguru
Apa sih yang terlintas di benakmu ketika mendengarkan kata "Ruangguru?" Hmm... Mungkin di antara kamu ada yang kepikiran bahwa itu adalah tempat berkumpulnya guru-guru, ya? Hahaha. Emang bener, sih. Tapi bukan itu yang aku maksud.

Mungkin kamu sudah tau kan setidaknya pernah denger lah aplikasi satu ini? Ruangguru adalah perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi di Indonesia, berdiri pada tahun 2014, lebih tepatnya pada Hari Kartini, didirikan oleh dua orang anak muda berbakat asli Indonesia yaitu Belva Devara sebagai CEO dan Iman Usman sebagai CPO.

Ruangguru memiliki misi untuk membangun Indonesia yang lebih cerdas, menyediakan lapangan pekerjaan yang luas, serta pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia akan akses pendidikan.

Tak hanya tersedia dalam bentuk website, Ruangguru juga tersedia dalam bentuk aplikasi ponsel yang bisa kamu dapatkan di Playstore bagi kamu pengguna android ataupun di Appstore bagi kamu pengguna iOS.

Ruangguru Membuatku Lebih Percaya Diri dalam Menghadapi Ujian di Sekolah

Dampak dari ketidaksukaanku terhadap pelajaran hitung-hitungan membuatku jadi takut apabila tiba waktu ulangan dan ujian di sekolah. Aku menjadi khawatir, takut, dan bingung sehingga selalu kepikiran mau jawab apa nantinya bila ujian atau ulangannya tiba. Apalagi ulangannya mendadak, wah bisa stres berat tuh. (lebay!)

Beruntung, aku mengenal Ruangguru jauh-jauh hari sebelum ujian semester pertamaku dimulai (walaupun ulangan udah sih, ya gapapa lah).
Fitur-fitur di Aplikasi Ruangguru
Aku pun mulai mengunduh dan mencoba menggunakan aplikasi Ruangguru di ponselku. Wah, ternyata aku beneran suka dengan aplikasi ini. Kenapa tanyamu? Ya, karena aplikasi ini beneran keren, serius! Yang aku suka dari aplikasi Ruangguru adalah ia memiliki fitur-fitur keren yang berguna untuk menunjang proses belajar kita.

Seperti di fitur Ruangbelajar, nah di fitur ini kita akan menemukan berbagai mata pelajaran sesuai dengan kelas dan jurusan yang kita pilih. Di setiap mata pelajaran yang kita pilih terdapat materi-materi pelajaran yang dijelaskan dengan video animasi dan motion grafis sehingga lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.
Fitur Ruangbelajar dari Ruangguru
Jujur, aku lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru di Ruangguru daripada guru-guru di sekolah (maaf ya, bu). Guru yang menyampaikan materi di Ruangguru lebih santai dan tidak terkesan mengejar materi, tidak seperti kebanyakan guru-guru di sekolah (maaf lagi ya, buk). Apalagi video-video materi di Ruangguru dilengkapi dengan animasi yang menarik sehingga membuatku lebih mudah memahami setiap materi yang disampaikan.

Tak hanya itu saja, dengan adanya Ruangguru kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja dengan mudah. Entah itu di kamar sambil duduk atau tiduran, tanpa takut dimarahin guru (nah lo, ketahuan suka tidur di kelas).

Ada Latihan dan Kuis yang Menarik

Hal yang menarik lainnya dari Ruangguru adalah dilengkapi fitur latihan dan kuis. Fitur latihan dan kuis ini sangat membantu kita dalam mengukur seberapa jauh pemahaman kita dengan materi yang disampaikan oleh guru di Ruangguru.
Dilengkapi dengan Latihan dan Kuis
Dan yang paling menyenangkan, jika kita salah menjawab latihan dan kuis yang diberikan sistem akan menampilkan pembahasan dan jawaban yang benarnya. Sehingga kita menjadi tau mana jawabannya yang benar dan dapat mengevaluasi diri kedepannya agar menjadi lebih baik lagi.

Rangkuman di Setiap Materi Pelajaran

Salah satu yang paling ku sukai dari Ruangguru adalah ketika kita sudah menyelesaikan materi di fitur Ruangbelajar, kita akan mendapatkan rangkuman materi dari apa yang sudah kita pelajari tadi.
Rangkuman Materi Pelajaran dengan Infografis
Dan yang paling menariknya, rangkuman materi pelajaran tersebut disajikan dalam bentuk infografis yang keren sehingga lebih enak dilihat dan lebih mudah dipahami. Oh iya, rangkuman materi pelajaran ini juga bisa diunduh sehingga bisa kamu buka kapan saja dan di mana saja dengan ponselmu.

Tunggu Apalagi?

Dengan segudang fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh Ruangguru membuatku lebih giat belajar. Alhamdulillah nilai semester pertamaku juga cukup memuaskan dan ketika ujianpun aku bisa lebih tenang menjawab setiap soalnya tanpa ada rasa takut seperti dulu.

Nah sebentar lagi aku pun akan mengikuti Ujian Kenaikan Kelas (UKK) atau ujian semester yang kedua. Aku sekarang lebih merasa pede alias percaya diri dalam menghadapi ujian nantinya.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk menggunakan aplikasi Ruangguru, tunggu apalagi? Langsung saja mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
Oh ya, sedikit informasi nih buat teman-teman semua. Bimbel online murah dari Ruangguru itu bisa kita akses secara gratis dan berbayar. Tentu ada perbedaan yang berbayar dan gratis ya, kan? Jika membayar, teman-teman akan mendapatkan akses penuh di aplikasi Ruangguru, teman-teman akan menjadi lebih mudah dan nyaman dalam belajar.

Bila dibandingkan dengan bimbel di luar sana, bimbel online di Ruangguru memiliki harga yang lebih terjangkau. Bagi teman-teman yang berminat dan ingin berlangganan di aplikasi Ruangguru kamu bisa langsung saja menggunakan kode ini: HANDAYATFWTQDN untuk mendapatkan potongan harga sebesar 40%, lumayan bukan? Kamu bisa memasukkan kode tersebut ketika hendak berlangganan di Ruangguru.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Tunggu apalagi, langsung unduh dan berlangganan sekarang!

Demikianlah tulisanku kali ini, semoga apa yang ditulis bisa berguna bagi teman-teman semuanya dan dapat meningkatkan semangat belajar juga prestasi di sekolah.

10 Obrolan seru!

Saya juga baru-baru ini menggunakan aplikasi Ruangguru dan memang benar aplikasi Ruangguru sangat menarik dapat membantu saya dalam belajar.

Dimana mana ada matematika hikss, tapi tenang aja disetiap masalah muncul pasti akan ada solusinya yap bener banget ruangguru, ruangguru sudah bantu aku banyak banget mengatasi ujian ujian yang ada di sekolah maupun di kehidupan nyata. Terimakasih ruangguru. Btw mantep banget reviewnya detail bener...

Ulasannya menarik banget, saya jadi pengen download Ruangguru jadinya. Apalagi bentar lagi mau ujian kenaikan kelas pasti ngebantu banget nih.

Tulisannya menarik banget, membuatku jadi tertarik untuk mencoba aplikasi ruangguru.

Kayaknya keren juga aplikasi bimbel online satu ini. Terimakasih

Ooh itu Ruangguru yang sering muncul di tv-tv kan? Yang brand ambassadornya Iqbal Ramadhan?

Wah ternyata fitur ruang guru bagus dan menarik ya,otw download,sekalian pinjam kode referal nya ya mas

Ruangguru emang recommended untuk pelajar. Temanku di sekolah banyak yang make. Mungkin kapan-kapan aku akan mendownloadnya.

Terima kasih atas komentarnya, mohon maaf nggak bisa balas satu-satu, blog saya tombol reply comment nya lagi error, nih.

Hiks hiks hiks.

Wah kalo mau bebas dari pelajaran berhitung, masuk STM aja atau Pariwisata, mungkin gak sebanyak di jurusan IPA. Saya aja masuk akuntansi lebih parah lagi, hahaha...

Belum pernah download aplikasinya, katanya bagus ya buat membantu menambah ilmu pengetahuan dan lainnya??

Mas Hendra, iyap bener banget aplikasi ini bagus sekali untuk membantu menambah ilmu dan pengetahuan. Sangat recommended!

Berkomentarlah dengan sopan dan relevan. Kalau ada kesempatan, Insyaallah saya komen balik.
Show EmoticonHide Emoticon