Inilah Harapanku Untuk Ibu Kota Negara yang Baru

Inilah Harapanku Untuk Ibu Kota Negara yang Baru
Selasa, 20 Agustus 2019
Bismillah.

Wacana pemindahan ibu kota negara menjadi topik hangat dan paling banyak dibicarakan di media-media daring saat ini. Aku, sebagai generasi milenial yang kebanyakan waktuku dihabiskan di dunia maya, akhir-akhir ini jadi sering banget menjumpai berita di lini masa media sosialku mengenai wacana pemindahan ibu kota ini.

Ketika pertama kali membaca berita mengenai rencana pemindahan ibu kota ini, aku sedikit tidak percaya. "Alah, palingan hoaks." gitu pikirku.

Tapi, ketika jari ini lagi asik menggulir postingan-postingan di lini masa Instagram, aku menjumpai sebuah postingan yang keterangannya begini "Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan," lengkap dengan foto peta pulau Kalimantan di postingannya. Dan aku baru sadar, ternyata itu postingan dari akun instagram-nya presiden kita, pak Jokowi.

Haaaahh...?!

Aku kaget ketika membacanya, karena ternyata berita-berita yang selama ini berseliweran di media sosialku itu bukanlah kabar hoaks seperti yang biasanya bertebaran di grup whatsapp keluarga, soalnya pak presiden sendiri yang bilang di akun resmi beliau yang ada centang birunya itu.

Hmm tapi... agak risih dan bingung juga sih.

Risih karena berita mengenai wacana pemindahan ibu kota ini memenuhi lini masa media sosialku (tapi untungnya hanya berlangsung beberapa hari aja sih)Bingung karena aku tidak tau harus ngapain, mau sedih atau senang karena ibu kota negara kita pindah.

Ibu Kota Pindah, Peduli Apa Aku?

Harapanku untuk Ibu Kota Baru
Awalnya sih aku bersikap bodo amat dengan wacana pemindahan ibu kota negara ini, karena aku pikir bahwa itu bukanlah suatu hal yang terlalu penting untuk diketahui olehku, apalagi aku hanya seorang pelajar SMA. "Mending nge-game aja deh daripada ngurusin begituan, nggak penting!" gitu pikirku.

Teman-teman di sekolahku pun juga begitu, mereka cenderung tidak peduli bahkan di antara mereka pun ada yang tidak mengetahui bahwa ibu kota negara kita akan pindah,

Tapi lama kelamaan aku jadi sadar, bahwa dampak dari pemindahan ibu kota negara ini nantinya kamilah yang akan merasakannya. Iya, kami-kami generasi muda. Maka dari itu, aku mulai deh menaruh perhatian dan memantau terus informasi-informasi tentang wacana pemindahan ibu kota negara ini, baik melalui media daring ataupun melalui televisi.

Aku pun sekarang jadi tau, pemerintah kita ingin memindahkan ibu kota negara kita bukanlah tanpa alasan dan tujuan yang jelas, mereka tentunya menginginkan kebaikan untuk negara ini. Agar nantinya di masa depan kita memiliki ibu kota yang layak huni, bebas gempa, banjir dan beragam bencana lainnya agar negeri ini tetap berdaulat.
Alasan Kalimantan Dipilih Sebagai Ibu Kota Baru
Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih pemerintah memilih Pulau Kalimantan sebagai tempat untuk ibu kota negara baru nantinya, mengapa tidak di Pulau Jawa aja lagi, kan di Pulau Jawa terdapat kota-kota besar dengan pembangunan infrastruktur yang jauh lebih baik?

Jawabannya adalah karena... banyak masalah!

Iya, Pulau Jawa memiliki segudang masalah seperti jumlah penduduk yang banyak, krisis ketersediaan air bersih, konversi lahan, rawan terjadi bencana, dan banyak lagi masalah lainnya.

Pulau Kalimantan pun dipilih karena dirasa lebih layak menjadi ibu kota negara kita bila dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia, alasannya adalah karena Pulau Kalimantan dipandang merupakan lokasi yang strategis karena berada di tengah-tengah wilayah Indonesia, memiliki infrastruktur yang lengkap, mempunyai fasilitas yang mendukung, dan juga dinilai lebih aman dari bencana.

Gimana temen-temen? Ibu kota negara idaman banget kan...

Harapanku Untuk Ibu Kota Negara yang Baru

Sebagai generasi yang nantinya merasakan dampaknya, tentu aku berharap yang terbaik untuk ibu kota negara kita yang baru. Jangan sampai ibu kota kita yang baru nantinya tidak jauh berbeda dengan ibu kota yang lama. Jangan sampai!
Harapan Ibu Kota Baru
Aku pengin banget nantinya ibu kota yang baru dilengkapi dengan teknologi-teknologi keren dan terkini yang bisa membantu memudahkan kehidupan di sana nantinya, terutama terhadap bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Kami, generasi muda, juga berharap ibu kota baru nantinya akan memiliki tatanan kota yang indah tanpa harus mengorbankan hutan-hutannya. Tatanan kota yang indah dan hijau dapat merangsang otak kami untuk memunculkan ide-ide dalam membuat konten kreatif.

Tatanan kota yang indah dan hijau juga membantu kami dalam membuat konten yang lebih baik, nantinya kami bisa mendapatkan banyak spot untuk foto yang bisa diunggah ke akun Instagram, dan juga bisa membuat konten untuk blog dan vlog sehingga lebih keren.

Oh iya, trotoar dan transportasi umum pun aku harapkan dibuat lebih baik agar masyarakat lebih nyaman berjalan kaki dan tidak sering-sering menggunakan kendaraan pribadi, agar nantinya ibu kota baru terhindar dari macet dan polusi.

Terakhir nih..

Oh ya, buat teman-teman yang masih belum peduli dan bersikap bodo amat mengenai rencana pemindahan ibu kota ini, aku pengin ngasih tau sesuatu nih.

Jadi begini, nantinya ibu kota negara kita yang baru ini akan membutuhkan banyak sumber daya manusia dan yang akan mengisinya adalah kita-kita generasi muda ini. Di sana nanti kan ada Aparatur Sipil Negara atau ASN tuh, yang mana ASN nya nanti akan diisi oleh generasi milenial seperti kita ini. Keren banget kan, kesempatan emas nih.

Terima kasih sudah membaca!

Catatan kaki
Vector designed by freepik.com
JASA REVIEW MURAH BERKUALITAS Handayat.com membuka Jasa Review, Sponsored Post, dan Content Placement yang murah dan berkualitas. Buruan Coba!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Harapanku Untuk Ibu Kota Negara yang Baru"

Posting Komentar

Karena banyaknya komentar yang menyebabkan broken link pada blog ini, kami jadi lebih berhati-hati untuk menyetujuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel