Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan umat manusia. Itu sebabnya, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata. Ya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memelihara kesehatan mata, mulai dari cara yang modern hingga cara yang alami.

Bahkan, ada sebagian dari mereka yang berani membayar mahal demi menjaga kesehatan matanya lho. Nah, berbicara soal kesehatan mata, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa cara menjaga kesehatan mata dengan mudah dan simple. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Konsumsilah Makanan-makanan Yang Bergizi

Cara pertama yang paling mudah untuk menjaga kesehatan mata, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Dalam hal ini, anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A, C, E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega 3. Lantas, jenis makanan apa sajakah yang mengandung vitamin tersebut? Ya, jenis-jenis makanan yang harus anda konsumsi diantaranya adalah wortel, buah strowberi, kacang-kacangan, telur, jeruk, sayuran hijau, salmon, dan ikan tuna.

2. Usahakan Untuk Tidak Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Menatap layar computer dan berbagai perangkat gadget lainnya, dapat membuat mata menjadi lelah. Jika sudah demikian, maka akan muncul beberapa gejala seperti sakit kepala, nyeri di bagian leher, sakit di bagian bahu – punggung, mata kering – tegang, kesulitan untuk fokus pada objek jarak jauh, dan pandangan yang mulai kabur.

Apabila anda bekerja di depan layar computer, usahakan untuk mengalihkan pandangan mata selama 20 menit dengan jarak 6 meter selama 20 detik. Mengapa demikian? hal itu bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada mata anda. Selain itu, anda juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit dalam 2 jam sekali. Ketika mata terasa kering, cobalah untuk mengedipkan mata sesering mungkin.

3. Menggunakan Kacamata Hitam

Bukan yanga bagian kulit saja yang harus dilindungi dari paparan sinar matahari, bagian matanya juga tentunya wajib kita lindungi. Apabila mata yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari, maka hal tersebut akan memicu beberapa masalah seperti katarak, degenarasi macula, kornea terbakar, hingga kanker mata lho!

Maka dari itu, gunakanlah kacamata hitam yang dapat menangkal paparan sinar matahari maupun UVB. Agar hasilnya lebih maksimal, usahakan juga untuk menggunakan topi ketika sedang berjalan di siang hari bolong.

4. Hindari Asap Rokok

Siapa bilang bahwa asap rokok hanya akan mengganggu pernafasan saja? Buktinya, asap rokok juga bisa mengganggu kesehatan mata lho. Ya, asap rokok tersebut dapat memicu berbagai masalah mata seperti katarak, degenerasi macula, hingga kerusakan pada saraf optic yang bisa menyebabkan kebutaan! Melihat bahayanya yang sedemikian rupa, maka sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk menghindari asap rokok ini.

5. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Langkah berikutnya yang harus anda coba untuk menjaga kesehatan mata, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Ya, selain bagus untuk kesehatan mata, kegiatan olahraga juga tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda. Ada berbagai jenis olahraga ringan yang dapat anda lakukan seperti jogging, jalan santai, bersepeda, berenang, dan sebagainya.

Itulah 5 cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata, yang tentu saja harus anda coba sendiri di rumah.


2 Komentar

Hendra Media · 10 Agustus 2019 pada 2:16 pm

Nomor dua agak sulit, apalagi kerjaan saya di depan komputer, belum lagi sering main hape dan ngeblog lewat laptop saat libur kerja.

Makasih tipsnye yee

Eva · 25 November 2019 pada 6:52 am

terima kasih sheringnya gan, sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *