5 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

5 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui
Selasa, 06 Agustus 2019
Kacang tanah merupakan tanaman jenis polong-polongan dengan nama latinnya adalah Arachis hypogaea L. Selain itu, jenis kacang – kacangan yang pertama kali tumbuh di Amerika bagian selatan ini juga termasuk ke dalam golongan suku Fabaceae.

Kacang tanah ini bisa dinikmati secara mentah, goreng, rebus, sangrai dan juga makanan olahan kacang tanah lainnya seperti selai kacang. Semuanya sama-sama memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Ternyata selain rasanya yang enak dan gurih, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang 5 manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh sebagai berikut :

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ternyata kacang tanah ini bisa membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini dikarenakan kacang tanah bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga dengan rasa kenyang ini akan mencegah diri anda dari makan yang berlebihan. Selain bisa memberikan rasa kenyang, kacang tanah juga termasuk makanan yang mengandung serat makanan tidak larut, sehingga bisa mempengaruhi usaha penurunan berat badan.

Mencegah Kanker Perut

Perlu diketahui bahwa kacang tanah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Dimana jenis antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker perut. Karena kandungan antioksidan yang memiliki sifat antikarsinogenik bisa mengurangi produksi nitro amino yang bersifat karsinogenik.

Jadi, dengan mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukup bisa mencegah anda dari terkena penyakit kanker perut. Maka dari itu, jadikanlah kacang tanah dengan beraneka ragam olahan lainnya menjadi cemilan sehat anda sehari-hari. Namun untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, maka sebaiknya anda mengkonsumsi tanah kacang ini dalam keadaan mentah atau direbus sebentar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jika anda suka mengkonsumsi kacang tanah, maka itu merupakan sesuatu hal yang bagus karena bisa menjaga kesehatan jantung anda. Seperti yang diketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia saat ini.

Sehingga memiliki jantung yang sehat merupakan hal sangat penting bagi anda. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung ini adalah dengan mengkonsumsi kacang tanah. Karena memang kacang tanah ini bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol LDL serta meningkatkan produksi oksida nitrat. Selain itu kacang tanah juga bisa berfungsi untuk mencegah stroke.

Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Biasanya batu empedu ini terjadi pada orang dewasa, yang mana batu empedu ini bisa mengganggu kesehatan anda. Untuk mencegah terjadinya batu empedu ini anda bisa mengkonsumsi kacang tanah secara teratur. Hal ini dikarenakan kacang tanah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Jadi, jika kadar kolesterol LDL bisa diturunkan maka pembentukkan batu empedu dapat dicegah secara dini.

Sumber Antioksidan dan Zat Gizi Lainnya

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa kacang tanah ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, kacang tanah juga banyak mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan pada kacang tanah ini juga bisa membersihkan darah dari berbagai radikal bebas. Bahkan pada kacang tanah yang direbus, kandungan antioksidanya menjadi lebih aktif serta lebih manjur dalam menangkal radikal bebas.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari kacang tanah bagi kesehatan? Oleh karena itu jadikanlah kacang tanah ini sebagai cemilan sehat bagi anda sehari-hari.

Foto: kumparan.com
JASA REVIEW MURAH BERKUALITAS Handayat.com membuka Jasa Review, Sponsored Post, dan Content Placement yang murah dan berkualitas. Buruan Coba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Karena banyaknya komentar yang menyebabkan broken link pada blog ini, kami jadi lebih berhati-hati untuk menyetujuinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel