Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2019

Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2020 – Di pernikahan adat melayu di berbagai daerah, berbalas pantun merupakan hal yang wajib dilakukan. Berbalas pantun di pernikahan sangat berguna sebagai ajang untuk mempromosikan pantun sebagai karya sastra asli Indonesia.

Berbalas pantun biasanya diikuti oleh 3 orang atau lebih. Berbalas pantun membuat daya pikir seseorang, terutamanya generasi mudah lebih cerdas dalam memikirkan pantun apa yang akan digunakan untuk menjawab pantun dari lawan.

Baca juga: Pantun Lucu Buat Mantan yang Bikin Ngakak!

Sebagai karya sastra Indonesia pantun sebaiknya kita lestarikan agar budaya berbalas pantun di Indonesia tidak akan hilang ditelan oleh zaman. Berbagai macam topik berbalas pantun biasanya yang digunakan dalam tradisi pantun.

Seperti pantun jenaka, pantun nasehat, pantun agama, pantun budi pekerti dan berbagai macam pantun lainnya. Sebagai generasi yang cinta akan budaya nya sebaiknyalah kita melestarikan karya sastra kita ini agar pantun tidak luntur atau hilang di telan oleh zaman.

Baca juga : Pantun Selamat Pagi yang Lucu Banget

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit informasi kepada para pengunjung blog pantun Indonesia. Yaitu informasi tentang Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2020 dengan postingan ini semoga para generasi muda lebih bangga dengan karya sastra yang dimilikinya. Simak Kumpulan Berbalas Pantun Terbaru 2020 dibawah ini..

Berbalas Pantun Jenaka yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak!

Berbalas Pantun yang Lucu
Berbalas Pantun yang Lucu

Pantun jenaka merupakan pantun yang bertujuan untuk menghibur pembacanya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada sobat semua mengenai berbalas pantun jenaka yang siap-siap bikin kamu ketawa ngakak. Penasaran dengan pantun berbalas jenakanya? Simak dibawah ini!

[Pantun]
Minum jamu bersama paklek 
Rumah paklek di surabaya 
Eh kamu udah jelek 
Jangan kebanyakan sok gaya

[Balasan]
Baju merah matanya melek 
Si Baju hijau minum cuka 
Biarlah muka gue jelek 
Yang penting banyak yang suka

[Pantun]
Buah jambu dimakan ratih
Ratih memakan bersama ganu 
Hei kamu memang putih 
Tapi putih karena panu

[Balasan]
Pulang sekolah sama ganu 
Mesin ketam terikat tali 
Biarlah putih karna panu 
Daripada hitam kayak kuali

[Pantun]
Minum teh di atas genteng 
Jangan lupa pakai bedak 
Elu jangan sok ganteng 
Muka lu kayak ketombe landak

[Balasan]
Enak rasanya buah cempedak 
Buahnya jatuh jadi penyet 
Biarlah mirip ketombe landak 
Daripada mirip ingus monyet

Haha, gimana? Lucu kan berbalas pantun jenaka yang kami bagikan untuk sobat juga. Buat sobat yang suka lucu-lucuan, bisa baca juga Pantun Teka Teki Lucu Terbaru ini.

Kumpulan Berbalas Pantun Nasehat Agama yang Menyejukkan

Berbalas Pantun Nasehat yang Menyejukkan
Berbalas Pantun Nasehat

Selanjutnya adalah berbalas pantun nasehat. Pantun kali ini bisa bermanfaat juga bagi kamu yang pengin menasehati seseorang agar mereka lebih baik dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara memberikan pantun berbalas. Dengan begitu, membuat nasihat-nasihat yang disampaikan lebih berbekas.

Pantun Pertama
Jalan-jalan ke rawa-rawa
Di rawa-rawa ada tomat
Ingatlah nasehat orang tua
Agar hidup senantiasa selamat

Pantun Balasan
Di rawa-rawa banyak batu 
Ada batu di atas lengan 
Nasihat orangtua nomor satu 
Selalu aku jadikan pegangan

Pantun Pertama
Minum jamu dapat raskin
Beli jamunya di Surabaya
Eh kamu udah miskin
Jangan deh kebanyakan gaya

Pantun Balasan
Sungguh merah warna cincin 
Warnanya merah indah merekah 
Biarlah sering disebut miskin 
Yang penting senantiasa sedekah

Pantun Pertama
Dari mana melihat kunang,
Dari kebun mencari perahu
Dari mana datangnya tenang,
Coba jelaskan kalau kau tahu

Pantun Balasan
Haus lapar baru terasakan, 
Buka puasa dengan ikan patin. 
Berdzikir kepada Allah dibiasakan, 
Niscaya tenang lahir dan batin.

Kumpulan Berbalas Pantun Cinta yang Bikin Baper

Setelah membahas mengenai pantun nasihat, selanjutnya kami juga akan membagikan mengenai berbalas pantun cinta yang siap-siap bikin kamu baper! Silahkan simak tulisannya di bawah ini.

Ayo kita naik pesawat
Pesawat indah ada empat
Kalau cinta sudah melekat
Tai kucing terasa coklat

Buah sukun disambar kilat 
Disambarnya malah gak kenak 
Walaupun tai rasa coklat 
Tetap aja gak enak

Sekianlah berbalas pantun dari kami kali ini, semoga berbalas pantun ini membuat para generasi muda kita makin cinta dengan karya sastra Indonesia, termasuk pantun. Semoga bisa bermanfaat!


1 Komentar

Eva · 25 November 2019 pada 6:52 am

mantul templete nya om

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *