Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019, Siapakah Kira-kira?

Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019, Siapakah Kira-kira?
Kamis, 14 November 2019
Siapa sih di antara kamu yang nggak suka dengan sepak bola, entah itu memainkannya ataupun menontonnya, pasti kamu suka dong? 

Yup! Hingga saat ini, sepak bola masih menjadi olahraga paling populer dan paling banyak digemari oleh orang-orang dari seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di negara kita, Indonesia.

Kita bisa melihat dari betapa besarnya antusiasme masyarakat kita ketika ada pertandingan sepak bola, entah itu di televisi, di stadion, bahkan di pertandingan antar kampung aja pasti rame banget yang nonton.

Kenapa ya sepak bola digemari banyak orang?

Alasan Mengapa Sepakbola Digemari Banyak Orang
Kenapa sepak bola banyak digemari
Hmm, pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa sih sepak bola itu digandrungi oleh banyak orang, mulai dari orang tua sampai anak-anak semuanya menyukai olahraga ini.
  • Mudahnya bermain sepak bola, cara main dan perlengkapannya pun juga nggak ribet, kita cukup nyediain sendal jepit untuk jadi gawangnya, dan bola plastik atau botol mineral buat jadi bolanya. Mudah banget, kan?
  • Sangat populer di dunia, dimainkan di lebih dari 200 negara, dengan 250 juta atlet di seluruh dunia.
  • Peraturannya yang simpel, peraturan utama sepak bola itu cuman satu, mencetak gol ke gawang lawan.
  • Bisa dimainkan oleh siapa saja, sekarang sepakbola bisa dimainkan oleh hewan, seperti gajah, anjing, bahkan ada sepakbola robot. Wuih, keren kan..

SHOPEE LIGA 1, KOMPETISI PALING KUTUNGGU
Shopee Liga 1 yang Kutunggu
Kompetisi Sepakbola Shopee Liga 1
Sama dengan kebanyakan orang lainnya, aku juga suka dengan sepak bola. Sedari kecil, aku udah akrab banget dengan olahraga satu ini, biasanya aku memainkannya bersama teman-temanku di tanah lapang, sandal jepit jadi gawangnya dan azan maghrib sebagai penanda usainya permainan.

Walaupun udah jarang banget main sepak bola, tapi aku masih suka menyaksikan pertandingan-pertandingan sepak bola, terutama pertandingan sepak bola nasional.
Kompetisi Shopee Liga 1
Kompetisi Sepak Bola Shope Liga 1
Di antara banyaknya kompetisi sepak bola yang bergulir di negeri ini, cuman satu kompetisi yang membuatku jatuh hati hingga kuat berlama-lama di depan televisi. Apa itu tanyamu? Yaitu kompetisi Liga 1 yang disponsori oleh Shopee.

Mengapa Liga 1 Tetap Layak untuk Dinanti?

Ada sebagian orang yang kurang menyukai kompetisi Liga 1 karena dianggap sering bermasalah, mulai dari permasalahan izin tinggal pemain yang sering terjadi di awal kompetisi, permasalahan gaji, hingga masalah wasit yang masih terus terjadi.
Alasan Mengapa Liga 1 Tetap Dinanti-nanti
Alasan Mengapa Liga 1 Dinanti-nanti
Walaupun begitu, kompetisi ini tetap ku nanti-nanti setiap musimnya. Dan sebagai penggemar sepak bola tanah air tentunya aku berharap, dengan adanya kompetisi Liga 1 ini bisa melahirkan pemain-pemain lokal dengan talenta luar biasa yang dapat memperkuat Timnas Indonesia sehingga dapat bersaing di level dunia.

Lantas apa yang membuat Liga 1 tetap menjadi kompetisi yang menarik untuk disaksikan dan selalu ku nanti-nanti?

Pertama, Liga 1 ini bisa disebut sebagai liga sepak bola yang kompetitif. Juara dari kompetisi ini ditentukan hingga pekan terakhir, itulah yang membuat kompetisi Liga 1 lebih kompetitif bila dibandingkan dengan kompetisi sepakbola lainnya di kawasan Asia Tenggara.

Yang kedua, liga ini kerap kali melahirkan top skor tertajam di Asia Tenggara. Inilah alasan selanjutnya yang membuatku selalu menanti-nanti liga ini. Hal ini ku ketahui pada tahun 2017 lalu, saat Sylvano Comvalius menorehkan catatan sebagai top skor Liga 1 dengan mengoleksi 37 gol dari 34 laganya bersama Bali United.

Selanjutnya yang paling membuatku menanti-nanti kompetisi Liga 1 ini adalah karena jumlah penontonnya yang tinggi. Jumlah supporter yang tinggi ini membuatku (yang hanya nonton dari rumah) menjadi semangat untuk menyaksikannya.

SIAPAKAH KIRA-KIRA YANG AKAN MENJADI JUARA?
Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019
Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019
Tak terasa ya, Liga 1 sudah memasuki musim ketiganya dan sekarang berada di pekan ke-28. Pada 2 musim sebelumnya, Liga 1 telah melahirkan dua jawara. Bhayangkara FC pada tahun 2017 dan Persija Jakarta di tahun 2018, kira-kira siapakah berikutnya?

Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019 ini bukanlah suatu hal yang mudah. Pada jelang awal musim ketiga Liga 1 kemarin, aku memprediksi yang akan menjadi juara di Liga 1 musim ini adalah PSM Makassar. 

Alasanku memprediksi klub dengan julukan Juku Eja ini menjadi juara adalah karena keberhasilannya meraih gelar runner-up pada musim lalu. Ditambah lagi dengan keberhasilannya melaju ke semifinal Zona ASEAN pada Piala AFC 2019 dengan status juara grup dan tak terkalahkan selama babak penyisihan . 

Dan yang membuatku semakin yakin terhadap PSM Makassar adalah karena memiliki stok pemain-pemain yang berkualitas. Contohnya aja bomber asal Finlandia, Eero Markkanen.

Tapi.... Itu dulu..

Sekarang aku tak yakin lagi bahwa PSM bisa juara, pasalnya saat ini PSM hanya bisa bersaing di papan tengah klasemen Shopee Liga 1, tepatnya di posisi sembilan. 

Sebagai orang yang memprediksinya dulu akan menjadi juara, aku kecewa. Posisi kesembilan merupakan hal yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan dua musim terakhir. Yang mana saat itu, PSM Makassar berhasil menyelesaikan Liga 1 tahun 2017 di peringkat ketiga dan pada tahun 2018 berhasil menjadi runner-up. Duh, sedih banget.

Lalu siapa sih kira-kira yang akan jadi juaranya?

Nah, kalau sekarang hatiku terpaut kepada sebuah klub asal Pulau Bali yaitu Bali United. Yang membuatku percaya bahwa klub ini bisa menjadi juara di Shopee Liga 1 2019 adalah karena konsitensinya. Bali United boleh dibilang adalah satu-satunya klub yang tetap konsisten berada di zona papan atas. 
Mengapa Bali United Bakalan Juara?
Bali United Menjadi Unggulan via baliutd.com
Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa Bali United menjadi favoritku untuk menjuarai Shopee Liga 1 tahun ini. 

Bali United Memiliki Konsistensi dalam Bentuk Skuad

Tak hanya konsistensi dalam memuncaki papan atas klasemen, Bali United juga konsisten dalam bentuk skuad. Bali United merupakan salah satu klub yang memiliki kondisi finansial yang melimpah, hal itu dimanfaatkannya untuk membentuk skuat dengan cara memboyong pemain-pemain terbaik. 
Konsisten dalam Bentuk Skuat
Berdasarkan pengamatanku, selama tiga musim terakhir ini skuad inti dari Bali United hampir tidak pernah mengalami perombakan yang besar. Walaupun begitu, klub dengan julukan Serdadu Tridatu ini bisa dibilang memiliki skuad paling lengkap bila dibandingkan dengan klub-klub lainnya.

Mereka memiliki delapan pemain impor, juga punya pemain muda yang berlabelkan Timnas Indonesia, hingga pemain-pemain lokal dengan jam terbang yang tinggi sehingga membuat Bali United memiliki kedalaman skuat yang begitu mumpuni. Makin yakin deh bakalan juara~

Memiliki Pelatih yang Berpengalaman

Masih ingat kan siapa klub yang menjadi jawara Piala Presiden dan Liga 1 musim lalu? Yap, Persija Jakarta! Di balik keberhasilan Tim Macan Kemayoran pada musim lalu ada sosok kunci yaitu seorang pelatih asal Brasil, Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues alias Teco.
Stefano Cugurra Pelatih Bali United
Stefano Cugurra Pelatih Bali United
Pelatih yang sukses menghantarkan Persija Jakarta menjadi jawara Piala Presiden dan Liga 1 musim lalu ini "dibajak" oleh manajemen klub Bali United dari Persija. Keberhasilan manajemen klub memboyong Teco dari Persija merupakan keputusan yang sangat tepat.

Mengingat, Teco merupakan pelatih yang sangat mengerti masalah fisik sehingga sangat mampu menjaga kebugaran tim asuhannya ketika menjalani berbagai jadwal yang padat.

Bukan hanya itu aja, Teco juga dikenal sebagai sosok pelatih yang sangat mengandalkan kedisiplinan lini belakang sehingga tak heran mengapa pada Shopee Liga 1 2019 ini Bali United memiliki lini belakang yang cukup tangguh.

Lini Depan yang Banyak Banget Pilihannya

Sepanjang pengamatanku menyaksikan pertandingan-pertandingan di Shopee Liga 1 2019, Bali United tampaknya merupakan klub yang memiliki lini depan paling sangar bila dibandingkan dengan klub-klub lainnya.
Banyak Opsi di Lini Depan
Bagaimana tidak, klub asal Pulau Bali ini memiliki 2 penyerang handal yang udah terbukti ketangguhannya di pertandingan tingkat internasional, dua penyerang yang aku maksud adalah Ilija Spasojevic dan Irfan Bachdim.

Bali United juga punya Melvin Platje, bomber ganas yang jauh-jauh didatangkan dari Belanda ini semakin memperkuat serangan Serdadu Tridatu untuk menjebol gawang lawan. Bukan cuman itu aja, masih ada Yabes Roni dan Stefano Lilipaly yang merupakan duo winger ganas yang siap membahayakan pertahanan lawan lewat kecepatannya.

Oh ya hampir lupa, ternyata masih ada duo gelandang Bali United yaitu Paulo Sergio dan M. Taufiq yang siap memberikan umpan-umpan terukur kepada penyerang, dengan ini membuat ketajaman dari Bali United semakin terjaga.

Klasemen Sementara Shopee Liga 1
Klasemen Shopee Liga 1 2019
Nggak terasa udah memasuki pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019, pertandingannya semakin seru dan layak untuk ditunggu. Siapa yang akan menjadi juara Liga 1 musim ini sepertinya semakin terlihat. Bali United yang merupakan Tim arahan coach Teco itu berhasil memuncaki papan atas dengan torehan 57 poin dari 26 pertandingan.

Bagaimana? Semakin jelas kan siapa yang akan jadi juara Shopee Liga 1 2019 nantinya.. Semoga tebakanku tepat ya. Apalagi cuman ada 8 laga tersisa, membuat kesempatan Bali United menjuarai kompetisi kasta tertinggi persepakbolaan tanah air semakin besar.

Yang menarik dari Liga 1 musim ini...

Sebagai pencinta persepakbolaan nasional dari tahun ke tahun, menurutku kompetisi Liga 1 yang paling menarik jatuh pada tahun ini, bukan tanpa alasan, karena tahun ini Liga 1 disponsori oleh raksasa marketplace yaitu Shopee.

Pasalnya Shopee sering banget ngasih update informasi seputar Liga 1 melalui aplikasinya, hal ini tentunya memudahkanku untuk lebih mengetahui informasi terkini mengenai Liga 1. Bukan hanya itu aja, Shopee juga sering ngadain games-games seru dengan total hadiah puluhan miliar.

Tak sampai di situ, Shopee juga sering ngasih promo eksklusif bagi pencinta sepak bola seperti promo jersey murah, serba 10 ribu, hingga bagi-bagi tiket nonton gratis... Wuihh, keren banget! Kalau nggak percaya, kamu bisa langsung mengunjungi laman Shopee Liga 1 2019.

Kayaknya cukup sampai di sini, terima kasih sudah membaca ya. Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Shopee Liga 1 loh. Doakan juara ya.

Catatan kaki
https://www.bola.com/indonesia/read/4004226/4-alasan-bali-united-memenuhi-syarat-untuk-menjadi-juara-shopee-liga-1-2019
https://www.kompasiana.com/deddyhs_15/5d6a628e097f36629f535263/empat-poin-penting-yang-dimiliki-bali-united-di-liga-1-2019
https://www.brilio.net/news/12-hal-ini-ungkap-alasan-sepak-bola-jadi-olahraga-terpopuler-di-dunia-151224j.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Menebak Juara di Shopee Liga 1 2019, Siapakah Kira-kira?"

  1. Wah..saya belum pernah nyimak Shopee Liga 1 2019 nih. Efek gak pernah nyalain tv di rumah. Hehehe.

    BTW, sukses lomba blognya yaa. Semoga menang :)

    BalasHapus
  2. Amin semoga jadi juara... btw siapapun juara liga shopee semoga kedepannya liga sepak bola kita semakin maju dan berkualitas... dan bisa mengharumkan nama bangsa dilevel internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya sepak bola Indonesia sepertinya nggak mengalami kemajuan yang signifikan dari tahun ke tahun :(

      Hapus
  3. Ulasannya sungguh tajam.
    Pasti penggemar sepakbola garis keras niih...kaya di keluargaku.
    paling heboh kalo uda ada liga-liga.

    Sukses selalu..

    BalasHapus

Karena banyaknya komentar yang menyebabkan broken link pada blog ini, aku terpaksa menggunakan sistem moderasi. Gapapa kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel