Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Malas-malasan

Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Malas-malasan
Kamis, 28 November 2019
Sebenarnya, aku bingung sendiri dengan diriku ini. Mau belajar, malas. Mau baca buku, malas. Mau menulis, malas. Mau ibadah, malas. Entah mengapa, melakukan suatu hal, apapun itu, baik itu kegiatan yang bermanfaat untuk dunia apalagi yang bermanfaat untuk kehidupan akhirat, semuanya terasa berat dan males banget untuk dijalankan. Rasanya ingin rebahan saja, tiduran sambil pegang ponsel lalu nonton Youtube dan baca-baca tulisan di Quora.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Cepat

Bahkan ketika menulis tulisan mengenai cara menghilangkan rasa malas dan kebiasaan malas-malasan ini pun sebenarnya aku juga masih malas. Apalagi ketika sudah melihat kasur, rasanya ingin tidur-tiduran saja di sana, lalu memejamkan mata. Duhh, betapa nikmatnya~

Tapi.. demi kebaikan diriku sendiri, aku pun memaksakan jari-jari ini untuk menuliskan kata demi katanya, menyusun setiap kalimatnya agar jadi lebih menarik. Akan tetapi.. pusing otakku cuy! Rasanya berat sekali untuk membuat tulisan singkat ini.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Rasa Malas
Menghilangkan Rasa Malas
Menghilangkan rasa malas dan kebiasaan malas-malasan bukanlah suatu hal yang mudah. Membutuhkan usaha dan dedikasi yang tinggi agar kita bisa terhindar dari sifat jelek ini. Agar teman-teman tidak sepertiku yang pemalas ini, aku akan membagikan kepada teman-teman semua mengenai tips agar terhindar dari rasa malas dan kebiasaan malas-malasan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Slime dengan Mudah

Tips menghilangkan rasa malas dan kebiasaan malas-malasan ini aku berikan sesuai pengalamanku sendiri, dan terbukti sedikit manjur untukku yang malasnya udah sampai ke level tertinggi. Hmm, apa aja sih cara menghilangkan rasa malas yang paling ampuh? Berikut adalah tipsnya yang akan ku bagikan untuk teman-teman semua..

Menentukan Tujuan yang Masuk Akal

Yang pertama, kamu harus menentukan tujuan. Menentukan tujuan merupakan salah satu cara -bisa dibilang- paling ampuh untuk menghilangkan rasa malas dan kebiasaan malas-malasan. Karena dengan menentukan tujuan, kita akan bekerja lebih giat lagi untuk mendapatkannya.
Menentukan Tujuan yang Masuk Akal
Menentukan Tujuan yang Masuk Akal
Contohnya aja nih, kamu punya tujuan sebelum usia 30an udah bisa punya rumah sendiri, tapi kamu malah suka banget menghabiskan waktu mu untuk melihat-lihat desain rumah ataupun desain interior di Google sambil berimajinasi punya rumah seperti itu tanpa mau bekerja keras untuk mendapatkannya.

Lalu coba deh tanyakan pada dirimu sendiri, “Emang dengan rebahan terus-terusan seperti ini kamu bisa mencapai tujuan hidupmu itu, yang pengin punya sebelum usia 30an? Ingatlah wahai diri, kamu masih muda dan sehat lho. Nanti kalau kamu udah masuk usia 30an mungkin kondisimu tak sebaik ini lagi. Mau ke warung aja mungkin susah..”

Buat Daftar Aktivitas atau Kegiatan yang Akan Kamu Lakukan

Setelah kamu menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai dalam hidup ini, selanjutnya kamu harus membuat daftar aktivitas atau kegiatan yang akan kamu lakukan, ini berguna banget! Selain menghilangkan kebiasaan malas-malasan yang udah mengendap pada diri mu, dengan membuat daftar aktivitas ini juga berguna untuk membantu kamu dalam mencapai tujuan yang udah kamu tentukan tadi.
Buat Daftar Aktivitas atau Kegiatan yang Akan Kamu Lakukan
Membuat Daftar Aktivitas
Kamu bisa membuat list kegiatan atau aktivitas yang akan kamu kerjakan pada hari ini dan sehari ke depan. Kamu bisa menulisnya di kertas, menggunakan aplikasi, atau juga bisa dengan membuatnya menggunakan peranti lunak yang ada di perangkatmu. Terserah!

Melakukan Meditasi

Nah, ini mungkin cara yang cukup anti-mainstream. Pasalnya, kamu jarang banget menemukan saran ini ketika membaca artikel-artikel yang bertebaran di internet. Tips menghilangkan rasa malas ini disampaikan oleh Lui Anbar Rhainata di situs tanya jawab daring, Quora.
Melakukan Meditasi
Melakukan Meditasi
Kata Lui, dia punya cara yang katanya dia yakin bahwa kamu belum pernah dengar sebelumnya. Dia mengatakan, ia menemukan cara ini dari dunia spiritual, terutama dari latihan meditasi. Lah, apa hubungannya rasa malas dengan meditasi? 

Jadi begini... Meditasi itu bukan kegiatan mengosongkan pikiran. Inti dari meditasi adalah menyadari. Menyadari pikiran yang datang dan pergi entah itu yang baik, buruk, tentang masa lalu, maupun masa depan. Menyadari dan membiarkan. 

Coba tutup matamu. Sekarang, tarik napasmu dalam-dalam. Biarkan pikiranmu berkelana ke tempat yang dia mau. Ke masa depan? Biarkan. Ke tubuh mantan? Biarkan. Jangan dilawan, jangan ditahan. Seperti itulah meditasi.

Rasa malas hanya pemikiran belaka. Kalau dia muncul di pikiranmu, ya sudah biarkan saja. Jangan dilawan, jangan ditahan.

Jangan Lupa, Terus Berdo'a kepada Allah Ta'ala

Kita tahu, kita adalah hamba yang lemah, tanpa pertolongan Allah Tabaraka wa Ta'ala kita bukanlah siapa-siapa. Maka dari itu, kita perlu memperbanyak berdo'a kepada Allah agar dihindarkan dari sifat jelek ini. 
Jangan Lupa, Terus Berdo'a kepada Allah Ta'ala
Memperbanyak Berdoa kepada Allah, image via Google Images
Sebagai seorang Muslim, tentunya kita udah mengetahui kan bahwa Nabi Muhammad adalah sebaik-baik contoh kita dalam beragama. Dan Nabi sendiri pun telah mengajari kita do'a-do'a agar terhindar dari berbagai keburukan, salah satunya dari sifat malas.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do’a: “Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.” Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian. (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Semoga bermanfaat ya dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sepertinya itu saja yang bisa aku bagikan pada tulisan kali ini. Semoga artikel yang berjudul Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Malas-malasan ini berguna bagi teman-teman semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Kebiasaan Malas-malasan"

Posting Komentar

Karena banyaknya komentar yang menyebabkan broken link pada blog ini, aku terpaksa menggunakan sistem moderasi. Gapapa kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel