Jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, layanan kereta api Indonesia ini terus mengalami peningkatan. Terutama dalam hal fasilitas dan layanan yang diberikan. Seperti yang akan dibahas berikut ini, Kereta Api Kertajaya. Masyarakat Jakarta dan Surabaya, pasti sudah mengenal layanan kereta api tersebut. Ini adalah layanan kereta api yang menghubungkan Stasiun Pasar senen Jakarta dengan Stasiun Pasar Turi Surabaya.   

Lama jarak tempuh 

Kereta api Kertajaya ini, adalah kereta api ekonomi, yang jika beberapa tahun yang lalu kereta ini termasuk kereta api ekonomi AC, kali ini berubah menjadi kereta api ekonomi premium. Tentu saja layanan dan fasilitas yang ada di dalam kereta api ini, terbilang lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Naik kereta Kertajaya ke Surabaya, ini akan menempuh jarak sekitar 725 km, dengan rata-rata kecepatan sekitar 60 hingga 100 km per jam. Dengan jumlah stasiun pemberhentian sebanyak 12 buah, maka rata-rata durasi perjalanan yang akan KA Kertajaya tempuh ini sekitar 11 jam 40 menit. 

Baca juga: Tempat Wisata di Jakarta yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Karena jarak yang panjang, serta lama durasi waktu tempuh tersebut cukup lama, maka kereta api ini hanya akan berangkat 1 kali dalam sehari, baik dari stasiun Pasar Senen Jakarta, biasanya akan berangkat pada jam, 14.00 siang hari, dan akan tiba di Stasiun Pasar Turi pada jam 01.40. Sebaiknya dari Stasiun Pasar Turi Surabaya, biasanya berangkat dari jam 21.00 malam, dan akan tiba keesokan harinya pada jam 08.40 pagi. 

Layanan dan fasilitas dalam kereta 

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, layanan dan fasilitas yang diberikan oleh PT. KAI kali ini, terbilang lebih nyaman. Kereta Api kelas Ekonomi Premium, artinya fasilitas yang ada premium. Hal ini, dapat dilihat dari desain kereta api yang kali ini menggunakan bahan stainless steel, yang membuatnya terlihat lebih elegan. Masuk ke bagian dalam, Anda akan melihat gerbong yang nyaman, dengan AC central, dan deretan TV yang dipasang di sepanjang lorong gerbong. 

Tidak hanya sampai disana, deretan bangku dengan jumlah per 2 unit di kanan dan di bagian kiri, berderet rapi. Bangku yang digunakan cukup empuk, dan sudah dilapisi oleh bahan kulit. Posisi tempat dudukpun disusun menghadap ke 1 depan.

Baca juga: Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba!

Pada fasilitas bangku, Anda akan menemukan tuas di bagian kanan atau kiri bangku, yang berfungsi untuk menggeser sandaran kursi. Terdapat sandaran kursi di bagian tengah. Ketika diangkat, Anda akan menemukan 1 buah colokan headset, yang dapat digunakan, untuk mendengarkan suara televisi atau film yang sedang diputar secara lebih jelas. Ada juga meja mini, dengan 2 buah colokan listrik di bawahnya, yang dapat Anda gunakan untuk mencharger aneka perlengkapan elektronik. 

Kamu juga bisa pergi berlibur dengan menggunakan jasa Sewa Bus Semarang.

Masuk ke bagian toilet terbilang sangat nyaman, dengan wastafel dan alat penyiram semprot. Jika Anda merasa haus atau lapar, tidak perlu khawatir, kunjungi saja bagian restorka, yang siap melayani Anda, dengan aneka macam menu makanan dan minuman praktis, higienis dan pastinya enak.

Ingin makan di restoran, atau ingin makan di bangku sendiri, tidak masalah ! Karena di restorka sendiri sudah disediakan beberapa tempat duduk nyaman, yang akan mempermudah Anda dalam mengkonsumsi makanan yang disediakan.

Untuk fasilitas makan dan minum sendiri, tentunya Anda harus membayar dengan jumlah tertentu. Demikian pula, untuk fasilitas bantal dan selimut juga dapat diperoleh dengan cara menyewanya.      

Harga tiket dan cara membelinya

Walaupun kereta api ini terdiri atas 1 rangkaian ekonomi, namun untuk harga tiket sendiri, cukup beragam, dan tetap terbilang ekonomis.

Mulai dari harga 150 ribuan rupiah, dan yang lainnya. Hal ini bergantung waktu pemesanan tiket, dan posisi tempat duduk dalam kereta. Jika rutenya pendek, maka harga tiket yang akan Anda beli, juga akan semakin murah. 

Ada yang lebih menyenangkan, dalam proses pembelian tiket kali ini, dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kali ini ada beberapa aplikasi praktis, yang akan mempermudah Anda dalam memperoleh tiket kereta api, dalam hal ini tiket kereta api Kertajaya.

Anda hanya perlu menggunakan aplikasi booking online, baik milik PT. KAI atau yang lainnya. Dengan aplikasi ini tiket akan diperoleh secara mudah, berikut sistem pembayarannya.  


Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *