“Pak Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Maju pernah mengatakan bahwa pembangunan SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan hal penting yang harus diperhatikan demi terwujudnya kesuksesan Indonesia di masa depan. Apalagi, negara kita sekarang sedang menikmati bonus demografi. Hal ini  tentunya merupakan saat yang pas dan juga peluang bagi kita untuk menuju visi Indonesia Maju.”

Mungkin masih membekas di ingatanmu dengan slogan HUT kemerdekaan RI yang ke-74 pada tahun ini. Eh, masih pada ingat nggak sih? Slogannya adalah SDM Unggul, Indonesia Maju. Keren banget kan slogannya? Slogan ini sebenarnya sejalan dengan komitmen Presiden Jokowi di periode beliau yang kedua ini. Yang mana di periode sebelumnya beliau fokus membangun dan membenahi infrastruktur di Indonesia, nah di periode yang kedua ini beliau ingin fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Mantep banget kan?

Bukannya tanpa alasan, Pak Jokowi ingin memfokuskan pembangunan dan peningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul karena beliau punya harapan dalam 5 tahun ke depan Indonesia bisa menjadi negara maju lewat tangan-tangan SDM yang unggul ini. Apalagi kita sekarang tengah memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang mana SDM unggul sangat dibutuhkan untuk memenuhi keinginan pasar ekonomi di era digital. Semoga saja, SDM Unggul, Indonesia Maju ini tak hanya slogan belaka dan benar-benar dapat terwujud. 

Berbagai Tantangan dalam
Mewujudukan SDM Unggul

Sebagai warga negara yang baik, tentunya wajib bagi kita semuanya untuk mendukung bersama, agar rencana pembangunan sumber daya manusia ini bisa cepat-cepat tercapai. Sehingga nantinya bisa memunculkan SDM unggul di bidang ekonomi kreatif yang dapat memajukan perekonomian negara kita. Dengan begitu, semoga saja gelar ‘negara berkembang’ tidak lagi tersemat, dan juga tidak ada lagi negara lain yang memandang remeh negara kita.

Tapi yang menjadi persoalan, untuk mewujudkannya bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak banget tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah kita untuk menciptakan SDM yang unggul. Apa-apa saja sih tantangannya?

Tantangan Pemerintah Indonesia

Infografis di atas menunjukkan bahwa ternyata tidak mudah juga bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul. Banyak tantangan yang harus dihadapinya. Berikut adalah tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah kita seperti yang diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro; 

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 1

1. Kualitas daya saing yang masih rendah

Bila dibandingkan dengan negara tetangga, kualitas daya saing SDM di negara kita ketertinggalan cukup jauh. Hal ini dikarenakan rendahnya keterampilan SDM yang membuat daya saing negara kita kalah dengan negara lain. Semoga aja bisa cepat-cepat berbenah, ya!

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 2

2. Banyaknya pekerja di sektor informal

Masih banyaknya pekerja di sektor informal menyebabkan banyaknya pekerja yang memiliki upah yang rendah, lingkungan kerja yang buruk, dan juga memiliki kesempatan pelatihan yang lebih sedikit. Nah, karena daya saing yang rendah itulah yang menyebabkan lebih banyaknya pekerja di sektor informal dibandingkan di sektor formal

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 3

3. Rendahnya kesempatan bagi kelompok rentan

Kelompok rentan iyang dimaksud disini adalah seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan penduduk daerah tertinggal. Biasanya, mereka ini sulit mendapatkan akses kesempatan kerja yang berkualitas, terutama di sektor formal. Sedih banget, kan? Semoga aja pemerintah kita makin fokus terhadap hal ini, sehingga "kelompok rentan" ini bisa mendapatkan kesempatan kerja yang berkualitas.

Tahu nggak sih kamu, Indonesia termasuk salah satu negara dengan produktivitas yang rendah. Salah satu penyebabnya seperti yang disebutkan oleh Kadin (Kamar Dagang dan Industri) adalah dikarenakan kualitas SDM yang masih tertinggal.  Hal ini bisa kita lihat dari survey yang dilakukan oleh Bank Dunia, negara kita mendapatkan skor 0,53 atau berada di posisi ke-87 dari 157 negara untuk Indeks Modal Manusia. Dengan begitu, artinya Indonesia berada di kategori negara dengan pendapatan per kapita menengah ke bawah.

Upaya yang Bisa dilakukan untuk Mewujudukan SDM yang Unggul

Walaupun banyak permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi, bukan berarti kita nggak bisa nih mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan. Apa-apa aja sih yang bisa kita lakukan?

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di negara kita banyak banget permasalahan yang dihadapi, mulai dari masalah pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga infrastruktur pendukung pun masih menjadi masalah dalam pembangunan SDM. Rendahnya kualitas sumber daya manusia yang terjadi saat ini juga dikarenakan masih banyaknya masyarakat kita yang berada pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), yang mana daerah tersebut sangat sulit untuk diakses.

Sedih banget rasanya melihat banyaknya permasalahan yang harus dihadapi oleh pemerintah kita untuk meningkatkan SDM yang unggul. Tapi, walaupun begitu, kita nggak perlu berkecil hati, bukan berarti kita nggak bisa mewujudkan SDM yang unggul, loh. Banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan. Apa-apa aja sih yang bisa dilakukan agar sumber daya manusia yang unggul bisa terwujud?

 

upaya meningkatkan sdm #1

Meningkatkan Literasi Dasar Masyarakat di Indonesia

Upaya pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan SDM yang unggul dan bisa bersaing kita bisa memulai dari hal yang sederhana, seperti dengan meningkatkan literasi dasar masyarakat Indonesia. Haa, seriusan? Iya, serius! Sebagian dari kita mungkin masih menganggap kemampuan literasi dasar seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berhitung adalah hal yang sepele, tapi nyatanya kemampuan tersebut penting banget. Karena literasi dasar merupakan pondasi awal yang harus kita miliki agar nantinya bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik di kehidupan bermasyarakat.

Untuk meningkatkan literasi dasar ini mungkin pemerintah bisa mencoba untuk menyediakan lebih banyak lagi perpustakaan di setiap daerahnya. Kenapa begitu? Karena perpustakaan memiliki peranan yang penting banget. Perpustakaan berguna memberikan rangsangan kepada masyarakat agar minat menulis dan membacanya semakin meningkat. Dengan begitu, semoga saja perpustakaan tak hanya menjadi tempat untuk meminjam dan membaca buku saja, namun juga bisa menjadikan perpustakaan sebagai tempat bagi masyarakat untuk berdiskusi dan saling bertukar informasi.

upaya meningkatkan sdm #2

Mengembalikan Pendidikan Pancasila di Sekolah Indonesia

Upaya selanjutnya yang mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah kita untuk mewujudkan SDM yang unggul adalah dengan lebih memperhatikan sektor pendidikan, salah satu caranya ialah dengan mengembalikannya pendidikan pancasila di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Kenapa harus pendidikan pancasila? Karena pendidikan pancasila itu penting banget! Dengan diterapkannya kembali pendidikan pancasila akan membangun pemahaman generasi muda terhadap dasar-dasar nilai dari pancasila.

Untuk menerapkan pendidikan pancasila, pemerintah tak perlu terlalu tergesa-gesa, mungkin bisa menerapkannya terlebih dahulu di tingkat sekolah yang paling bawah, seperti pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan begitu, para pendidik bisa menerapkan nilai-nilai pancasila melalui permainan-permainan yang edukatif, sehingga nilai pancasila seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan bisa tertanam sejak dini di dalam anak-anak Indonesia. Semoga aja cepat terlaksana, ya!

upaya meningkatkan sdm #3

Memanfaatkan Bonus Demografi dengan Baik

Di media, kita sering banget mendengarkan istilah “bonus demografi”, tapi apakah kamu sudah tau apa bonus demografi itu? Jadi, bonus demografi itu adalah kondisi di mana negara kita memiliki jumlah penduduk usia produktifnya yang lebih besar dibandingkan jumlah penduduk usia tidak produktif. Nah, penduduk produktif ini adalah orang-orang yang berusia berkisar antara 15 sampai dengan 64 tahun.

Nah, diperkirakan Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030-2040, yang mana pada saat itu diperkirakan penduduk dengan usia produk menginjak angka hingga 64 persen, banyak banget kan? Maka dari itu, seperti yang dikatakan oleh Erik Hidayat (Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia), seharusnyalah pemerintah kita memanfaatkan bonus demografi ini sebaik mungkin. karena mereka ini (penduduk usia produk) nantinya yang akan mengisi posisi-posisi penting di negara ini. Bayangkan jika bonus demografi ini tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, banyak banget pastinya pengangguran nantinya di negara kita. Jangan sampai ya Allah..

upaya meningkatkan sdm #4

Memanfaatkan Teknologi untuk SDM Unggul

Selanjutnya, upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi. Apalagi sekarang kita udah memasuki Revolusi Industri 4.0 yang mana tentunya teknologi merupakan hal paling penting dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa tercapainya SDM unggul. Hal ini bisa dilakukan dengan memulai menyediakan fasilitas-fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah-sekolah Indonesia. 

Dengan begitu tentunya akan memberikan pemahaman generasi muda terhadap teknologi sehingga bisa menciptakan SDM unggul dan siap untuk menghadapi industri 4.0. Tak hanya itu saja, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan para generasi muda untuk mengetahui dunia luar dan bisa mengembangkan ide serta kreatifitas yang dimilikinya.

Mengapa pembangunan SDM
begitu diperhatikan?

Mungkin di antara kamu ada yang mempertanyakan, mengapa sih pembangunan sumber daya manusia ini begitu diperhatikan oleh pemerintah kita? Apa pentingnya pembangunan SDM ini hingga pemerintah kita rela menggelontorkan dana yang tak sedikit?! Nah, bagi kamu yang belum tau mengapa pembangunan SDM ini begitu diperhatikan oleh pemerintah kita, berikut adalah alasannya~

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 4

Apa-apa saja sih alasan pak Jokowi ingin fokus meningkatkan kualitas SDM di periodenya yang kedua ini? Alasan beliau ingin fokus membangun kualitas SDM udah banyak banget dimuat oleh media-media mainstream di Indonesia. Seperti ingin meningkatkan kualitas daya saing di dunia global, ingin memajukan perekonomian, dan juga meningkatkan ekonomi kreatif sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang lebih produktif.

Nah, dengan adanya sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi diharapkan nantinya dapat menggenjot produktivitas Indonesia sehingga berdampak terhadap majunya perekonomian nasional. Tak hanya itu aja, dengan banyaknya sumber daya manusia yang terampil dan berpendidikan yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan pasar di era digital. 

Upaya pemerintah kita dalam memfokuskan pembangunan SDM unggul patut diapresiasi dan kita dukung penuh. Namun tentunya untuk mewujudukan SDM yang unggul, pemerintah kita nggak bisa kerja sendirian aja ya, kan? Maka dari itu, tak hanya dari kalangan masyarakat biasa, upaya pemerintah dalam meningkatkan SDM yang unggul juga didukung oleh kalangan pengusaha Indonesia yang dijembatani oleh KADIN Indonesia.

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 5

Apa itu KADIN?

Dari tadi, aku udah beberapa kali menyebutkan nama KADIN. Tapi, apakah sobat udah tau apa itu KADIN? Jadi, KADIN itu bukanlah sebuah makhluk atau pun nama hewan langka, melainkan singkatan dari Kamar Dagang dan Industri yang merupakan organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

kadin mendukung sdm unggul

Mengadakan RAPIMNAS Upaya Peningkatkan Ekonomi Nasional

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 6

Buat kamu yang bertanya-tanya, apa sih bukti KADIN turut ikut membantu dan mendukung pemerintah dalam meningkatan sumber daya manusia yang unggul? Nah, ini nih buktinya, yaitu dengan mengadakan Rapat Pimpinan Nasional atau RAPIMNAS. Rapat yang berlangsung selama dua hari di Nusa Dua, Bali ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional sehingga memiliki daya saing dan berkeadilan. 

Banyak banget hal yang dibahas di RAPIMNAS ini, dan tentunya hal yang dibahas di sini masih berkaitan dengan dunia perekonomian, ya sesuai lah dengan fokus pembahasannya yaitu “Upaya Peningkatan Ekonomi Nasional”. Dari rapat ini, kita bisa mengetahui, betapa pedulinya KADIN Indonesia terhadap kondisi perekonomian nasional dan juga terhadap pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.  Apa sih buktinya?

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 7
Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 8
Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 9

Mendongkrak Peningkatan Ekspor Nasional

Kadin sendiri sebagai induk organisasi usaha di Indonesia juga telah melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak peningkatan ekspor nasional sehingga memiliki daya saing. Pada tahun 2018 lalu, KADIN Indonesia meluncurkan Gerakan Ekspor Nasional atau GEN. Gerakan ini merupakan salah satu bentuk upaya Kadin dalam meningkatkan minat menjadi eksportir di kalangan anak muda, terutama bagi mereka yang masih duduk di perguruan tinggi dan menggeluti UKM. 

Nah, seperti yang bisa kita lihat melalui gambar di atas, perjuangan KADIN dalam meningkatkan ekspor nasional tak sampai di tahun itu aja, rekomendasi hasil RAPIMNAS Kadin 2019 juga menunjukkan semangat Kadin untuk mendongkrak peningkatan ekspor nasional. Semoga aja dengan ide-ide dan program keren dari Kadin bisa melahirkan 100.000 eksportir baru sampai tahun 2030.

Mendongkrak Ekonomi Kreatif

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh Kadin Indonesia adalah industri ekonomi kreatif. Aku setuju banget nih, apalagi sekarang kita tengah menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang mana ekonomi kreatif itu sangat penting bagi perekonomian nasional. Kadin berharap, dengan adanya upaya pembangunan sumber daya manusia ini nantinya bisa tercipta SDM unggul yang bisa menjawab kebutuhan pasar di era digital. 

Tak hanya itu aja, dengan adanya peningkatan sumber daya manusia ini para SDM unggul nantinya diharapkan bisa menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya. Mengapa sih KADIN begitu semangat mendongkrak ekonomi kreatif?

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 10

Memiliki catatan yang positif

Berdasarkan data dari Kadin, ekonomi kreatif memiliki catatan yang positif. Tercatat pada tahun 2017 lalu menyumbang PDB hingga sebesar Rp1.000 triliun, dan naik menjadi Rp1.105 triliun di tahun 2018, dan pada tahun 2019 ini diperkirakan akan tumbuh menjadi Rp1.211 triliun, keren kan?

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 11

Memiliki potensi yang besar

Ekonomi kreatif memiliki potensi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi bangsa. Hasil riset terbaru menyebutkan pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia melaju pesat. Tahun ini diperkirakan ekonomi digital Indonesia mencapai USD 40 miliar.

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 12

Menjadi kekuatan baru

Melihat catatan positif dan potensi yang besar dari ekonomi kreatif ini diharapkan nantinya lewat tangan-tangan SDM unggul bisa diandalkan untuk menopang perekonomian Indonesia, baik di masa kini maupun di masa depan.

Menjadi Penggerak Program Vokasi

Selanjutnya, yang menjadi bukti upaya Kadin dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul adalah dengan menjadi motor atau penggerak dalam mempercepat pendidikan dan pelatihan vokasional. Hal ini bisa kita lihat dari salah satu hasil rekomendasi RAPIMNAS Kadin lalu, yaitu ‘Menciptakan Human Capital yang Berkualitas’. Program vokasi semoga saja menjadi langkah yang tepat untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, dan juga menjadi upaya untuk menekan pengangguran. Namun, untuk memuluskan langkah program vokasi ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti kolaborasi lintas sektor contohnya kolaborasi antarpemerintah dan pemerintah-swasta, pemerintah juga perlu bersinergi dengan industri, dan yang paling penting adalah mengoptimalkan dialog sosial dan kolaborasi berupa kemitraan. Semoga berhasil ya!

kesimpulan

Kadin untuk Indonesia Produktif

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 13
Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 14

Walaupun KADIN merupakan organisasi pengusaha, tapi RAPIMNAS Kadin tak hanya memerhatikan keuntungan bagi pengusaha saja, namun juga memerhatikan pertumbuhan ekonomi yang berpengaruh kepada banyak pihak. Semoga saja, Indonesia semakin produktif dan usaha pemerintah dalam menciptakan SDM unggul pun menjadi terwujud.

Pentingnya Pembangunan SDM untuk Indonesia yang Lebih Produktif 15
  • https://kadin.id/news-event/news-detail/643/perkuat-dunia-usaha-ini-hasil-rapimnas-kadin-2019
  • https://kadin.id/en/tentang-kami/visi-misi
  • https://nasional.kompas.com/read/2019/02/12/19541131/jokowi-infrastruktur-bisa-ditinggal-kita-fokus-ke-sdm

38 Komentar

RR. Wulandari · 30 Desember 2019 pada 3:18 pm

Yes Human Resources is much more needed for the country, and even in a company, Human Resources act as the mover and to make it significant.

Annafimuja · 30 Desember 2019 pada 5:10 pm

sdm unggul Indonesia maju. Memang pantas untuk digaungkan. Kalau sdm nya bagus-bagus bangsa kita pasti bangkit dari keterpurukan. Apalagi jika itu dtg dri para pemudanya. Bisa berguncang dunia

    Ardi Handayat · 31 Desember 2019 pada 7:29 am

    Iya, setuju banget. Semoga aja keseriusan pemerintah kita dalam membangun SDM bisa membuahkan hasil.

Maya Afrilia · 31 Desember 2019 pada 4:07 am

Ternyata KADIN banyak kegiatan yang menunjang pembentukan SDM yang berkualitas ya

    Ardi Handayat · 31 Desember 2019 pada 7:30 am

    Iya bener banget, Kadin merupakan salah satu organisasi yang sangat peduli dengan pembangunan SDM di Indonesia, salut deh pokoknya!

Ann Solo · 31 Desember 2019 pada 4:21 am

wow, tampilan blog nya keren plus tulisan dan graphic nya juga bagus.
semoga ekspor kita lebih luas dan pajaknya lebih dimudahkan bagi usaha kecil..mana pajak bakalan naik ya besok ini *biasa beli skincare online..ahaha

Dyah ummu AuRa · 31 Desember 2019 pada 6:59 am

Semoga pemerintah mampu membangun SDM Indonesia menjadi lebih unggul dari sebelumnya. Dan berharap pemerintah mau mengajak peran serta keluarga, sekolah dan masyarakat. Agar visi tersebut segera terealisasikan. BTw artikelnya lengkap dan keren. Good luck y bang

Syahidah Azizah · 31 Desember 2019 pada 10:24 am

Semoga saja apa yang sudah diplaningkan pemerintah bisa sama-sama dikerjakan oleh masyarakat Indonesia khususnya kaum muda-mudi. Biar pemerintah juga tidak kerja sendiri.

Yuli Astuti · 1 Januari 2020 pada 1:47 am

SDM unggul tentunya akan semakin maju ekonomi kreatifnya. Semoga semakin banyak pemuda2 yang menjadi pelopor menghasilkan produk baru yang mampu bersaing dengan produk luar dan menjadi komoditi ekspor yang membantu menaikkan perekonomian negara.

    Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 7:00 am

    Bener banget, semoga aja SDM unggul bisa terwujud di negeri kita..!!!

Dhamala Shobita · 1 Januari 2020 pada 2:33 am

Fokus pada SDM memang seharusnya mulai digalakkan dari pendidikan. Sekolah vokasi dan meningkatkan literasi sedini mungkin harus dilakukan. Agak miris bacanya tentang Indonesia angka produktivitasnya rendah, padahal usia produktif adalah pemilik jumlah terbanyak penduduk Indonesia. Semoga program KADIN bisa diterapkan dengan baik untuk pembangunan Indonesia.

    Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 7:01 am

    Aamiin, semoga KADIN Indonesia terus semangat membangun negara ini.

Merry · 1 Januari 2020 pada 4:41 am

Persoalan SDM bangsa kita memang harus memjdi perhatian serius. Sayang aja rasanya SDA yang melimpah tapi tidak mampu dikelola oleh SDM yang kualitasnya terbatas. Semoga SDM bangsa kita semakin unggul agar kakayaan negeri ini bisa dinikmati oleh rakyatnya.

    Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 7:01 am

    Aamiin, semoga saja 😀

      Muthi Haura · 1 Januari 2020 pada 11:06 am

      Suka banget sama tampilan blognya. Unik. Infografisnya juga kece. Semoga saja SDM Indonesia semakin maju. Amiin.

        Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 2:24 pm

        Terima kasih mbak, do’akan saya bisa menang lomba blog dari Kadin ini ya, hehe.

Aulia · 1 Januari 2020 pada 5:01 am

Sedih deh tahu fakta tentang Indonesia yang produktivitas masyarakatnya dalam kategori rendah, padahal populasi masyarakat kita termasuk di golongan atas dalam kuantitas. Semoga yaa KADIN bisa membantu menggiatkan masyarakat sehingga lebih produktif dan maju.

    Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 7:02 am

    Iya sedih juga aku nih mbak 🙁 Kadin!! Aku padamu~

moodtya · 1 Januari 2020 pada 5:45 am

Sebagai mitra pemerintah, semoga program KADIN untuk mendorong SDM Unggul yg bisa ngejawab kebutuhan ekonomi di era digital. terlebih lagi dengan perubahan landscape ekonomi di era Jokowi yang mulai fokus di ekonomi kreatif. semoha SDM unggul di ekonomi kreatif Indonesia bisa jadi tulang punggung perekonomian nasional kedepannya. Aamiin untuk SDM Indonesia yang lebih unggul!

D. Athri Kasih · 1 Januari 2020 pada 2:05 pm

SDM Unggul yang produktiv memang hal yang paling penting untuk meningkatkan banyak sektor dan bidang di Indonesia. Ga sabar nunggu Kinerja KADIN ke depannya, karena aku yakin sih, ada banyak SDM unggul di Indonesia, hanya kurang poles aja

    Ardi Handayat · 1 Januari 2020 pada 2:25 pm

    Bener banget, SDM unggul nya masih malu-malu nih menampakkan diri ke permukaan. 😀

Ebi · 1 Januari 2020 pada 4:18 pm

SDM unggul is a must , buat ngadepin tahun 2020. Beda sekolah aja dalam satu daerah belum tentu punya daya berpikir yang sama. Mau disamain, ya dengan program bagus. Ikut dukung kalo beginian, semoga banyak perubahan baik.

    Ardi Handayat · 2 Januari 2020 pada 8:32 am

    Aamiin. Dukung terus program baik dari pemerintah kita.

Mirwan Choky · 1 Januari 2020 pada 11:37 pm

Meningkatkan literasi dasar itu penting banget. Kemaren yang ku tahu, Indonesia itu minat bacanya berada peringkat 60 dari 61 negara kalau gak salah. Gak tau sih sekarang sudag berubah atau belum.

Cicajoli · 2 Januari 2020 pada 1:52 pm

SDM diusia produktif emang harus di ayomi banget. KADIN salah satu wadah tempat kumpul, berkolaborasi dan berinovasi agar melahirkan muda mudi yang kecee 👍

hairil habibi · 2 Januari 2020 pada 2:32 pm

isu sdm ni emang emnjadi isu serius sih bang untuk bangsa kita semoga semakin tahun semakin berkualitas SDM di negeri kita ya bang

mutia nurul rahmah · 6 Januari 2020 pada 8:27 am

wah ini nih informasi yang sangat dibutuhkan. baru tahu banget bang

    Ardi Handayat · 6 Januari 2020 pada 9:45 am

    Siyaap, semoga bermanfaat untuk kehidupan beragama dan bernegara.

Firdaus Deni Febriansyah · 7 Januari 2020 pada 2:33 pm

Mari membangun Indonesia dengan menjadi manusia berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *