Siapa yang pernah melakukan aktivitas Digital Marketing? Mungkin diantara sobat pasti pernah melakukannya kan? Ya, Pemasaran Digital atau biasa disebut dengan Digital Marketing adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah merek dagang yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan. Sebelumnya, kamu baca juga ya mengenai oli motor terbaik.

Apa Itu Digital Marketing (Pemasaran Digital)? 1
Mengenal Lebih Dekat Digital Marketing

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, melakukan kegiatan Digital Marketing tentunya menjadi semakin mudah. Sebab, mudahnya mendapatkan dan mengakses internet menjadi salah satu penyebab utama mudahnya melakukan kegiatan Digital Marketing di Indonesia.

Dengan begitu, tentunya membuat kita lebih mudah dalam mempromosikan merek dagang yang kita miliki, tentunya membuat kita lebih mudah dalam menjangkau konsumen secara luas. Berbicara mengenai Digital Marketing, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menggunakan Digital Marketing untuk meningkatkan pengunjung blog yang saya miliki, berikut artikelnya.

Pengalaman Menggunakan Digital Marketing
Apa Itu Digital Marketing (Pemasaran Digital)? 2
Pengalaman Digital Marketing

Sebagai teknik promosi paling jitu, tentunya sudah banyak orang-orang yang mencoba teknik promosi Digital Marketing ini, termasuk saya pribadi. Teknik promosi yang satu ini banyak di gandrungi karena memiliki proses yang mudah dan cepat, sebab kita hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Dalam tulisan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam melakukan promosi Digital Marketing. Penasaran? Berikut adalah artikelnya…

SPAM di Sosial Media

Banyaknya orang-orang yang menggunakan sosial media untuk berbagai keperluan tentunya memberikan kemudahan bagi kita semua untuk menjangkau konsumen lebih mudah. Karena kemudahan itulah terbesit di benak saya untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.

Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk melakukan promosi ternyata cukup menguntungkan. Sebab tentunya kita akan lebih mudah dalam menjangkau konsumen secara luas, baik itu konsumen yang berada di Indonesia maupun di seluruh dunia. Salah satu teknik promosi digital marketing di internet yang cukup terkenal di internet ialah teknik spamming.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, teknik promosi dengan cara spam ini cukup manjur untuk menggaet konsumen (baca: visitor). Teknik promosi spam ini biasanya saya gunakan di media sosial Facebook, di karenakan dengan menggunakan Facebook saya akan lebih mudah melakukan promosi di berbagai grup di Facebook.

Biasanya, saat saya melakukan kegiatan promosi di Facebook saya menggunakan berbagai Tools gratis di internet. Salah satunya ialah Tools Auto Post Group. Tools ini saya gunakan untuk mengirimkan artikel blog saya ke puluhan grup yang ada di Facebook. Dengan adanya tools keren ini tentunya akan membuat kita lebih mudah dalam mempromosikan usaha ataupun website yang kita miliki, sehingga membuatnya lebih populer.

Beriklan di Sosial Media

Sosial media merupakan tempat favorit banyak orang untuk melakukan kegiatan promosi digital marketing. Ya, mudahnya melakukan promosi di sosial media memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Apa Itu Digital Marketing (Pemasaran Digital)? 3
Beriklan di Sosial Media [Freepik]

Salah satu teknik promosi yang cukup banyak di gemari oleh orang-orang ialah teknik promosi beriklan di sosial media. Beriklan di sosial media merupakan cara yang cukup ampuh untuk mendapatkan konsumen dengan jumlah yang besar dan tertarget. Ada beberapa sosial media yang biasanya digunakan oleh orang-orang untuk beriklan, seperti:

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter

Diantara ketiga sosial media diatas, yang paling banyak digunakan oleh orang-orang (termasuk saya) ialah sosial media Facebook. Sosial media buatan Mark Zuckerberg ini banyak dipilih karena cara penggunaannya yang lebih mudah serta iklan yang tertarget membuat kesempatan menjangkau konsumen jadi lebih besar.

Digital Marketing SEO

Buat kamu yang memiliki blog ataupun website mungkin sudah gak asing lagi dengan yang namanya SEO kan? Ya, SEO merupakan teknik digital terbaik untuk mendapatkan konsumen dengan mudah.

Apa Itu Digital Marketing (Pemasaran Digital)? 4
Designed by Freepik.com

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (dalam bahasa Indonesia: Optimasi Mesin Pencari)  adalah segala usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat halaman website atau blognya mendapakan posisi pertama di mesin pencari.

SEO merupakan teknik digital marketing yang paling banyak digandrungi oleh para pebisnis di tanah air, baik pebisnis pemula maupun profesional. Para pebisnis tersebut memanfaatkan SEO untuk mendapatkan konsumen-nya dengan mudah dan cepat melalui mesin pencari, seperti Google.

Walaupun begitu, ternyata untuk mendapatkan posisi pertama di mesin pencari merupakan suatu hal yang cukup sulit. Butuh kesabaran dan ilmu yang cukup untuk menjadikan website kita berada di halaman pertama mesin pencari.

Bagi kamu yang tak ingin repot optimasi sana optimasi sini, kamu bisa menggunakan layanan Google Adwords dari Google untuk mendapatkan posisi pertama di halaman mesin pencari Google. Selain harganya yang bersahabat, tentunya dengan menggunakan Google Adwords kita akan lebih mudah mendapatkan posisi pertama di mesin pencari Google.

Demikianlah tulisanku kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Kategori: Edukasi

Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalau butuh banget sama tulisan ini, silahkan hubungi kontak saya, ya..