Mungkin di antara teman-teman pembaca setia blog ini (kegeeran ada pembaca setia) memiliki ketertarikan kepada dunia otomotif apalagi setelah membaca tulisanku mengenai oli motor terbaik beberapa waktu lalu, sehingga membuat keinginan sobat mendalami dunia otomotif jadi semakin besar. Bener nggak?

Sama, aku juga begitu jadi makin tertarik kepada dunia otomotif.

Tapi eh tapi, pengetahuanku mengenai dunia otomotif bisa dibilang nol besar, alias nggak ada sama sekali. Hal ini tentunya membuatku bingung. Lalu, timbul lah pertanyaan di benakku “Jika ingin mempelajari otomotif, bagusnya mulai dari mempelajari bagian apa ya?”.

Tips Mempelajari Dunia Otomotif

Ingin Belajar Otomotif? Pelajari Bagian Mobil Ini Dulu! 1

Tips Mempelajari Dunia Otomotif

Serius, awalnya aku bingung banget ingin memulai dari mana jika ingin mendalami dunia otomotif. Untung saja aku sering membaca tulisan-tulisan yang ada di platform tanya jawab Quora. Di sana ada sebuah ruang yang bernama “Otomania” yang mana isinya adalah jawaban-jawaban dari penulis Quora yang ahli di bidang otomotif.

Aku menemukan jawaban dari Federico Timothy. Ia menjabarkan tips mengenai apa-apa saja yang harus dipelajari oleh seseorang jika ingin mendalami dunia otomotif, terutama otomotif yang berkaitan dengan mobil. Apa-apa saja tips yang ia sampaikan? Berikut adalah tulisannya.

Mempelajari sistem radiator

Pak Federico menyarankan bagi para pemula yang ingin berkecimpung di dalam dunia otomotif mobil yang harus dipelajarinya untuk pertama kali adalah sistem radiator. Bukan tanpa alasan, beliau menyebutkan bahwa sistem radiator ini merupakan bagian yang cukup krusial bagi mobil.

Baca juga: Rekomendasi oli motor terbaik

Beliau mengatakan bahwa banyak mobil yang masuk bengkel karena overheat, dan permasalahan overheat ini memakan biaya yang besar, uang kamu bisa habis di atas 5 juta rupiah jika kamu tidak tahu apa-apa soal radiator. Pelajari jalur coolant, lokasi pompa air, thermostat, kipas radiator, dan juga jalur heater pada mobil yang memiliki heater. Untuk mobil transmisi otomatis, pelajari juga dari mana oli matic masuk ke radiator, dan dari mana keluarnya.

Mempelajari cara kerja bahan bakar

Nah jika kamu udah paham betul dengan sistem radiator, beliau menyarankan kamu untuk mempelajari cara kerja bahan bakar, seperti bagaimana bahan bakar bisa terbakar di dalam mesin. Jadi pelajari dari mana pompa bensin memompa bahan bakar sampai ke dalam mesin, pelajari juga jalur udara masuk kedalam mesin, dan pada mesin bensin, pelajari juga lokasi businya.

Sehingga ketika kamu sudah paham mengenai kondisi mesin, kamu bisa mengerti tanda tanda karburator atau mass airflow bermasalah, tanda tanda busi atau ignition coil perlu diganti, atau pompa bensin yang sudah tidak main. Nilai ekstra jika anda mengerti sedikit mengenai cara kerja accu, alternator, dan dinamo starter.

Sampai poin ini rasanya kamu sudah akan mengerti masalah masalah umum yang mengharuskan kamu ke bengkel jika anda mogok.

Mempelajari sistem suspensi

Ingin Belajar Otomotif? Pelajari Bagian Mobil Ini Dulu! 2

image via quora

Jika bagi kamu mempelajari bagaimana cara kerja bahan bakar di sebuah mesin itu sulit, beliau menyarankan kamu belajar hal lainnya yang lebih mudah, yaitu mempelajari sistem suspensi.

Mengapa beliau menyarankan ini? Karena sistem suspensi ini penting banget. Pasalnya, jika suspensi  buruk bisa membuat kamu bolak balik ke bengkel, karena jika bagian ini bermasalah kamu akan sering mendengar bunyi-bunyian.

Kamu bisa mempelajari fungsi shockbreaker beserta supportnya, fungsi bushing armtie rodball joint dan link stabilizer sehingga ketika ada bunyi-bunyian muncul, kamu dapat mendiagnosa sedikit dan memberitahukan pada pihak bengkel, misalkan kamu curiga bushing arm jelek karena seperti ada bunyi metal ke metal saat lewat polisi tidur, meskipun mungkin dugaan kamu salah, pihak bengkel tidak akan berani untuk tipu tipu karena mereka tahu kamu sedikit paham mengenai sistem suspensi..

Dan yang paling penting jika kamu ingin mempelajari dunia otomotif disampaikan oleh pengguna Quora lainnya, yaitu Mamank Pare, berikut tipsnya:

  1. Memahami kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada pekerjaan otomotif.
  2. Penggunaan kunci-kunci, tang, kunci moment, maupun kunci spesial dan lain-lain.
  3. Memahami cara penggunaan alat ukur yg meliputi alat ukur mekanik, elektrik, hidrolik, maupun pneumatik.
  4. Memahami prinsip dasar motor 2 tak dan 4 tak serta komponen dan fungsinya.
  5. Memahami Dasar Listrik, yg meliputi Arus, Tahanan, maupun tegangan serta komponen-komponen kelistrikan pada kendaraan.

Bagaimana? Semoga bermanfaat! Jika kamu tertarik ingin melihat tulisan aslinya bisa langsung mengunjungi pertanyaan ini: Saya ingin mulai belajar otomotif. Bagian mana pada mobil/motor yang anda sarankan untuk pelajari terlebih dahulu?

Kategori: Otomotif

Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalau butuh banget sama tulisan ini, silahkan hubungi kontak saya, ya..