Pernahkah Anda berpikir bagaimana kehidupan ini berjalan jika kita tidak memiliki air dalam kehidupan kita? Jika hal tersebut terjadi, maka kita tentu tidak bisa hidup secara normal. Sebab, air merupakan elemen penting yang harus dijaga seperti di dalam tubuh yang terkandung mayoritas air hingga 60%. Untuk itu, kita perlu memastikan ketersediaan sumber mata air bersih tetap tercukup hingga di masa yang akan datang. Agar bisa mewujudkan hal tersebut, bersama air mineral paling laris, Aqua, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Sebelum diulas lebih lengkap, kunjungi juga laman berikut ini https://www.sehataqua.co.id/

Tidak Membuang bahan kimia sembarangan

Penggunaan bahan kimia saat ini tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahan kimia dibutuhkan untuk membersihkan pakaian, dan membantu proses produksi dalam industri agar bisa menghasilkan suatu barang dengan cepat. Hanya saja, selain memberikan manfaat yang begitu besar, bahan kimia juga bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Ini bisa terjadi jika kita membuang bahan kimia begitu saja secara sembarangan setelah digunakan.

Salah satu contoh kasus yang seringkali terjadi adalah membuang bekas air cucian secara sembarangan. Air bekas cucian yang mengandung deterjen bisa mencemari lingkungan terutama sumber mata air jika dibuag secara sembarangan. Hal ini tentu dapat mengganggu kelestarian sumber mata air dan membuat cadangan air bersih jadi berkurang karena telah tercemar. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuang bahan kimia sembarangan dan sayangi lingkungan kita selalu.

Membuang sampah pada tempatnya

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan baik yang perlu diterapkan sehari-hari. Karena, cara ini bisa membuat lingkungan terjaga kebersihannya dan membuat sampah tidak menghambat saluran air. Selain itu, membuang sampah pada tempatnya juga bisa memudahkan langkah daur ulang jika sampah dipisah berdasarkan jenisnya masing-masing.

Sayangnya, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya belum diterapkan oleh banyak orang di Indonesia. Masih banyak masyarakat yang terbiasa membuang sampah dengan sembarangan ke sungai hingga akhirnya mencemari lingkungan. Tidak hanya itu, sampah yang dibuang secara sembarangan juga bisa merusak sumber mata air karena jadi tercemar. Akibatnya, cadangan air bersih akan berkurang karena lebih dulu tercemar oleh sampah yang dibuang secara sembarangan.

Disamping dua hal diatas, Aqua juga menjalankan kampanye PIJAR. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar senantiasa memilih, menjaga dan merawat air bersih disekitarnya. Dengan dilakukannya konservasi sumber air secara berkelanjutan diharapkan air bersih yang dibutuhkan manusia tetap tercukup hingga ratusan atau bahkan ribuan tahun kedepannya.

Kategori: ArtikelEdukasi

Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *