Mengenal SNI: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat – Haruslah kita akui, pengetahuan dan pemahaman masyarakat kita mengenai SNI bisa dikatakan masih minim. Jika ditanyakan secara acak, bisa jadi sebagian besar masyarakat kita akan menjawab bahwa produk yang wajib memiliki label SNI hanya helm atau air minum kemasan saja.

Mengenal SNI: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat 1
Ilustrasi SNI oleh TheTanjungpuraTimes.com

Padahal sebenarnya, bukan hanya helm dan air minum dalam kemasan saja yang wajib memiliki SNI. Produk-produk seperti coklat bubuk, kopi instan, garam beryodium, tepung terigu, dan lain sebagainya juga wajib memiliki label SNI lho.

Baca juga: Oli Motor Terbaik dari Pertamina

Pada umumnya, setiap negara di dunia memiliki standar yang berbeda-beda untuk produk yang dipasarkan di negaranya. Di negara kita sendiri, SNI menjadi satu-satunya alat yang memiliki kekuatan hukum mengikat dan berlaku secara menyeluruh di wilayah Republik Indonesia.

Pengertian Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) merupakan dokumen standar teknis yang digunakan untuk menilai dan menguji suatu produk yang dimiliki oleh pelaku usaha atau pemilik merek dagang. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Tujuan dari SNI

Mengenal SNI: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat 2

Sebenarnya segala bentuk jasa ataupun produk yang tidak memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI) tetap diperbolehkan dan tidak dilarang. Akan tetapi, untuk meningkatkan daya saing produk lokal di kancah internasional, tentunya sangat diperlukan penerapan SNI.

Pada dasarnya penerapan SNI ini sifatnya sukarela. Akan tetapi, jika produk tersebut berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, keamanan serta pelestarian fungsi lingkungan hidup maka produk tersebut dapat diwajibkan memiliki SNI.

Baca juga: Tips Naik Pesawat untuk Pertama Kali

Dengan adanya SNI, tentu kita dapat menjadikannya sebagai tolak ukur dalam mengetahui kualitas suatu produk atau jasa di dalam dunia perdagangan. Sehingga dapat meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja, dan masyarakat.

Di dalam Peraturan Pemerintah RI No.102 Tahun 2000 tentang Standarnisasi Nasional pada butir A-B sudah dijelaskan tujuan dibentuknya SNI, tujuannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bahwa dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas, daya gunaproduksi, mutu barang, jasa, proses, sistem dan atau personel, yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing, perlindungan konsumen, peluusaha, tenaga kerja dan masyarakat khususnya di bidang keselamatan,keamanan, kesehatan dan lingkungan hidup, maka efektifitas pengaturan dibidang standardisasi perlu lebih ditingkatkan;
  • Bahwa Indonesia telah ikut serta dalam persetujuan pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization) yang di dalamnya mengatur pula masalah standardisasi berlanjut dengan kewajiban untuk menyesuaikan peraturan perundang-undangan nsasional di bidang standardisasi;.

Nah bagaimana? Sudah tau kan apa tujuan dibentuknya SNI ini? Ternyata berguna ya tak hanya bagi para produsen juga bagi konsumen.

Manfaat dari SNI

Mengenal SNI: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat 3
Manfaat Penerapan SNI by HandayatGraphic

Menerapkan SNI ke berbagai produk di tanah air tentunya memberikan banyak manfaat. Setidaknya ada tiga pihak yang dapat merasakan manfaat dari penerapan SNI ini. Siapa sajakah pihak-pihak tersebut?

1. Produsen

Pihak pertama yang merasakan manfaat dari penerapan SNI ini tentunya ialah produsen. Dengan adanya SNI, dapat mendorong produsen untuk menciptakan suatu produk dengan standar tertentu, yang hanya bisa dihasilkan jika proses produksinya memenuhi kriteria tertentu. Dengan begitu, tentunya produsen akan terus melakukan inovasi sehingga produk yang dihasilkannya memiliki daya saing tinggi di pasaran.

2. Konsumen

Pihak selanjutnya tentunya adalah konsumen. Dengan adanya SNI dapat membantu konsumen untuk memilih produk yang berkualitas. Dengan adanya SNI juga akan membantu konsumen terbebas dari produk yang berbahaya bagi keselamatan hidup, kesehatan, ataupun fungsi lingkungan. SNI juga membuat konsumen dapat menikmati barang yang sesuai antara harga dan kualitasnya.

3. Pemerintah

Pihak terakhir yang merasakan manfaat dari penerapan SNI tentunya adalah pemerintah sendiri. Kok bisa? Dengan adanya SNI membuat pasar di dalam negeri memiliki perlindungan dari barang-barang asing yang tidak diketahui kualitasnya. Manfaat lainnya dari penerapan SNI yang lebih luas adalah membuat tumbuh pergerakan ekonomi baru.

Menurut saya pribadi, manfaat yang paling penting dari penerapan SNI ialah SNI meningkatkan daya saing bagi para produsen produk lokal sehingga mampu menembus pasar internasional.

Pentingnya Memilih Produk Berstandar SNI

Memilih produk yang berkualitas itu bukanlah pilihan tapi sudah menjadi kebutuhan. Sebagai konsumen yang cerdas tentu kita harus jeli dalam memilih suatu produk. Jangan sampai produk yang kita beli tersebut merupakan produk berkualitas rendah seperti produk bajakan/KW.

Mengenal SNI: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat 4
Proses Sertifikasi SNI oleh BSN

Salah satu cara untuk mendapatkan produk berkualitas ialah dengan membeli produk yang memiliki label SNI-nya. Setiap produk yang sudah memiliki label SNI-nya sudah tentu memiliki kualitas terbaik dan kesehatan, keselamatan dan keamanannya. Karena setiap produk yang mengantongi label SNI pastinya sudah melalui proses sertifikasi terlebih dahulu.

So, mulai sekarang ayo kita gunakan produk-produk asli Indonesia terutamanya produk-produk yang sudah mengantongi label SNI. Dengan menggunakan produk-produk asli Indonesia artinya kita sudah membantu memajukan negeri ini. #SNIMelindungiKonsumen 

Kategori: Edukasi

Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalau butuh banget sama tulisan ini, silahkan hubungi kontak saya, ya..