Penggunaan website baru-baru ini terus membuahkan banyak manfaat serta keuntungan lebih luas. Seperti kita kenali saat ini bahwa komponen paling baru dan cara mengatasi performa website yang kurang optimal justru bisa diakses lebih mudah. Ada beberapa penyebab website lambatyang mana semuanya berasal dari gangguan ataupun spesifikasi website kurang maksimal. 

Baca juga: Tanda Tanda Kamu adalah Introvert

Dari sinilah kita bisa mencermati hasil-hasil baru yang kemudian bisa terus dikembangkan sebagai metode terbaik untuk mengembalikan performa website jadi lebih cepat dan sesuai harapan. Mungkin sekarang Anda memiliki website yang belum mencapai performa maksimal, sehingga diperlukan sarana tepat untuk kembalikan performa website jadi lebih maksimal.

Penyebab Website Lambat dan Cara Mengatasi

Ketauhilah! Ini Penyebab Website Lambat dan Trik Mengatasinya 1

Ilustrasi kecepatan website, via Freepik.com

Seringkali penggunaan website terlalu overtime dan tidak mendapat perawatan. Maha hasil pencarian ataupun akses di setiap website tidak bisa optimal, hingga jadi lambat. Performa lambat di sebuah website pastinya menganggu pengunjung, sehingga ada beberapa faktor penyebabnya yang harus Anda tahu.

1. Kekuatan Server Tidak Maksimal

Ada masalah di bagian server yang membuat performa akses website jadi kurang maksimal. Karena itulah ada sejumlah bagian penting yang membuat peluang baru dalam menggunakan website harus memanfaatkan server lebih berkualitas. Layanan penggunaan server terbaik dan paling optimal sungguh mampu membuahkan banyak manfaat kepada banyak pihak.

Sehingga dari kekuatan server wajib dicermati secara berkala. Sampai akhirnya ada beberapa poin penting yang nantinya sanggup dicermati sebagai solusi untuk mengembalikan performa website jadi lebih optimal.

Hosting adalah hal vital dalam menentukan kecepatan , berikut review hosting terbaik di Indonesia webhostingterbaik.net

2. Terjadi Kesalahan Konfigurasi

Menjadi komponen tepat dan berguna saat Anda melakukan konfigurasi lebih tepat pada performa website. Melakukan konfigurasi website butuh waktu, sehingga Anda pun sanggup meningkatkan performa lebih sempurna di setiap website. 

Beberapa pengaturan juga sanggup dihadirkan sebagai modifikasi yang membuat pengaturan dan pengolahan database, manajemen posting hingga tautan sanggup membuat performa website jadi lebih sempurna lagi.

3. Masih Menggunakan WordPress Versi Lama

Kecenderungan pemilik website menggunakan WordPress versi lama pastinya terus membuahkan sarana-sarana paling menarik untuk banyak komponen website. Jadi dengan mencermati semua porsi pemilihan website akan selalu memberi kebutuhan lebih tepat kepada banyak pihak termasuk pemilik website. 

Untuk itulah ada sejumlah poin penting untuk terus mengembangkan sistem paling mudah dan seringkali membuat performa website jadi lebih sempurna. Sisi keamanan dan versi terbaru WordPress akan memberi perlindungan malware lebih sempurna sehingga website lebih tahan terhadap tindakan hacker.

4. Ukuran Database Terlalu Besar

Salah satu penyebab website lambat lainnya adalah kapasitas databse terlalu besar yang mana postingan di satu website memiliki ukuran terlalu besar. Maka dari itu dari segi kebanyakan data tersimpan mengalami masa-masa tidak diperlukan lagi. Opsi deleted post di dalam trash ataupun beberapa fitur yang dinonakftifkan tanpa menghapusnya harus dihindari.

Pemakaian databse cukup besar biasanya terjadi karena ingin mengumpulkan data dari setiap pengunjung. Bahkan website dengan sistem membership rentan mengalami kendala seperti lambatnya akses.

5. Pemilihan Gambar Tak Dioptimasi

Seringkali pemilihan gambar dan penggunaannya masih kurang optimasi. Tidak sedikit website menggunakan akses gambar terlalu besar di postingannya. Bahkan sebagian besar gambar yang diposting masih belum dioptimasi sehingga menjadi penyebab website jadi lambat diakses. 

File gambar terlalu besar justru membuat penggunaan badwidth terlalu besar sehingga memberi beban besar bagi pengunjung untuk mengakses semua konten. Akan lebih baik jika Anda menggunakan gambar dengan format lebih sederhana ataupun ukuran kecil untuk mempermudah aksesnya.

6. Terlalu Banyak Plugin

Ada penyebab website lambat lainnya yakni terlalu banyak plugin. Karena itulah plugin di dalam WordPress sebaiknya pilih paling efektif untuk maksimalkan website. Fungsi tambahan berupa plugin untuk memperbanyak sarana-sarana terbaik di dalam website akan membuat proses loading cukup lambat.

Karena itulah akan ada beberapa akses plugin yang berjalan bersama sehingga dari proses loading website pun jadi cukup lama bahkan terasa lebih berat dari biasanya. Bukan hanya itu saja, ada komponen plugin yang usang bahkan tidak mengalami update, sehingga membuat kecepatan website tidak maksimal lagi.

7. Tema Website Terlalu Berat

Mempercantik tampilan website memang jadi aspek penting. Akan tetapi dari penggunana tema terlalu berat akan menjadipenyebab website lambat. Untuk itulah Anda wajib mencermati kembali adanya sarana-sarana baru yang kemudian bisa dijadikan modal paling tepat untuk melihat semua pilihan modal terbaik dalam mencermati sarana-sarana baru di setiap pengembangan website.

Pilih tema sederhana yang membuat performa website tidak cukup berat. Sehingga dari semua komponen baru di dalam pengembangan website justru bisa membuahkan banyak manfaat secara luas.

Kini ada sejumlah penyebab website lambat yang kemudian bisa terus dikembangkan menjadi sistem terbaik untuk memaksimalkan akses-akses paling tepat dan paling sempurna bagi pemilik website. Jadi cobalah cara-cara terbaik dan simple untuk terus menghindari penurunan performa website.


Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *