Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes – Jumlah wirausahawan muda di Indonesia jumlahnya sangatlah sedikit. Menurut informasi yang saya kutip dari news.ralali.com, jumlah wirausahawan di Indonesia pada tahun 2015 hanya berkisar 1,4% dari jumlah pekerja di Indonesia. Berbeda dengan negara maju seperti China yang memiliki sekitar 196 juta pengusaha, di Indonesia jumlah pengusaha hanya sekitar 2,4 juta orang.

Baca juga: oli motor terbaik

Kurangnya kesadaran dan minat masyarakat untuk membuka usaha merupakan faktor utama yang membuat sedikitnya jumlah pengusaha muda di Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda seharusnyalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya membuka usaha, apalagi di usia muda. Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai memulai bisnis di usia muda dan bagaimana caranya meningkatkan kesadaran orang-orang untuk tips memulai usaha di usia muda.

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 1
Tips Memulai Usaha di Usia Muda by Freepik.com

Banyak dari anak muda di Indonesia lebih memilih menjadi karyawan atau TKI dibandingkan membuka usaha sendiri. Mereka beranggapan bahwa dengan menjadi karyawan hidupnya akan terjamin karena semuanya akan ditanggung oleh perusahaan (kesehatan, dll.)

Baca juga: tips naik pesawat

Padahal sebenarnya dengan membuka usaha sendiri kita akan merasakan lebih banyak lagi manfaatnya dibandingkan bekerja di tempat orang lain sebagai karyawan.

Manfaat Membuka Usaha Sendiri
Berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan jika membuka usaha sendiri adalah antara lain sebagai berikut:

  1. Menjadi orang yang mandiri karena kamu tidak lagi bergantung kepada perusahaan
  2. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitar
  3. Masa depan lebih terjamin tanpa akan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)
  4. Menambah pengalaman dan wawasan dalam kehidupan
  5. Usaha bisa diwariskan kepada anak
  6. Tak memerlukan ijazah
  7. Dan masih banyak lagi~
 

Faktor yang menyebabkan seseorang tidak ingin membuka usaha:
Ada ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak ingin membuka usaha, antara lain sebagai berikut..

  • Ngikutin orang lain jadi karyawan
  • Takut bersaing
  • Takut gagal
  • Gak ada modal
  • Dan masih banyak lagi...

Banyak anak muda yang takut gagal dalam memulai usaha, karena kebanyakan dari mereka memiliki sifat mudah putus asa dan tidak yakin pada dirinya sendiri, belum memulai eh udah pasrah duluan. Oleh karena itu, kita harus menghindari sifat-sifat tersebut agar tidak terjangkit pada diri kita.

Baca: oli motor terbaik dari pertamina

Nah, buat anak-anak muda yang lainnya jangan ragu untuk memulai usaha. Kali ini saya akan membagikan sedikit tips buat kamu yang ingin memulai usaha di usia muda. Berikut adalah Tips Memulai Usaha di Usia Muda.

Tips Memulai Usaha di Usia dengan Sukses

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 2
Ilustrasi Sukses oleh Freepik.com

Dalam artikel yang berjudul Tips Memulai Usaha di Usia Muda kali ini, saya akan memberikan beberapa tips jitu bagi para pemula untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Berikut adalah tips memulai usaha di usia muda untuk sahabat semua yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya….

Memulai Usaha dengan Modal yang Kecil Terlebih Dahulu

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 3
Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Uang bukanlah segalanya dalam memulai usaha -Richard Branson (Pendiri Virgin Group, Pebisnis Terkaya di Inggris)

Tips memulai usaha di usia muda yang pertama ialah dengan memulai usaha dengan modal yang kecil. Uang merupakan suatu kendala yang biasanya di hadapi oleh setiap orang yang ingin memulai usaha. Kecilnya modal membuat mereka mengurungkan niat untuk membangun usahanya. Namun, sebenarnya modal bukanlah segalanya dalam memulai usaha. Ada banyak orang-orang diluar sana yang sukses dengan usahanya dengan modal yang kecil, bahkan tanpa modal sekalipun.

Baca juga: Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Oleh karena itu, kamu jangan menganggap uang sebagai kendala utama dalam memulai usaha. Ada banyak usaha diluar sana yang bisa kamu mulai dengan modal yang kecil.

Contoh Bisnis dengan Modal Kecil
Kamu tidak perlu khawatir sob, dengan modal yang kecil kamu bisa mencoba membuka beberapa bisnis ini. Nah, apa saja bisnisnya? Berikut adalah contohnya..

  • Bisnis Kuliner
  • Bisnis Pulsa
  • Bisnis Sembako
  • Jasa Laundry
  • dan Lain-Lain.

Diatas merupakan contoh bisnis dengan modal yang sedikit. Walaupun dengan modal yang sedikit, semua usaha-usaha diatas memiliki omset penjualan yang besar jika mau cerdas dalam membangunnya.

Memilih Bisnis Sesuai dengan yang Digemari 

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 4
Pilih Usaha Sesuai dengan Kesukaanmu!

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar (Ridwan Kamil)

Pasti kamu memiliki kesukaan atau hobi, kan? Ya, semua orang di dunia pasti memiliki hobi atau kegemaran. Entah itu menggambar, fotografi dan lain sebagainya. Dan tahukah kamu, bahwa hobi atau kegemaranmu itu bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, loh! Sudah banyak orang yang sukses dalam berbisnis berkat hobinya tersebut.

Contoh-Contoh Bisnis yang Berkaitan dengan Hobi
Berikut adalah contoh bisnis dengan hobi yang bisa kamu tekuni:

  • Membuka jasa melukis (Untuk yang Hobi Melukis)
  • Membuka jasa fotografer (Untuk yang Hobi Fotografi)
  • Les atau kursus menyanyi (Untuk yang Hobi Menyanyi)
  • Membuka jasa pembuatan website (Untuk yang Hobi Coding)
  • Membuka jasa penulisan artikel (Untuk yang Hobi Menulis)
  • Dan masih banyak lagi, bisa kamu sesuaikan dengan hobimu.

Untuk memulai berbisnis dengan hobi, kamu harus tahu apa hobi yang kamu miliki dan selanjutnya mengembangkan hobi yang kamu miliki tersebut. Keuntungan membangun bisnis dengan hobi ialah kamu tidak membutuhkan modal yang banyak, bahkan tidak membutuhkan modal. Soalnya kamu hanya menjual keterampilan yang kamu miliki saja. Yuk, tunggu apalagi? Tertarik mencoba membuka usaha dengan hobi?

Memilih Bisnis Sesuai dengan Passion yang Dimiliki

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 5
Pilih Bisnis Sesuai Passions

Pilihlah bisnis yang kamu minati, jangan dari bisnis makanan pindah ke batu bara atau lainnya. -Hendy Setiono (CEO Baba Rafi Enterprise)

Tips memulai usaha di usia muda selanjutnya ialah dengan memilih usaha atau bisnis sesuai passion kamu. Salah satu permasalahan utama yang kerap merintangi para pebisnis pemula adalah mudah bosan. Kerap kali pebisnis muda bergonta-ganti bisnis karena tidak kunjung melihat profit yang nyata atau hanya sekadar mengikuti tren semata. Dengan memulai usaha sesuai passion, akan membuat kamu jadi lebih mudah dalam menghadapi segala rintangan dalam dunia bisnis, termasuk mudah merasa bosan. Passion dalam dunia bisnis itu ibaratkan sebuah bahan bakar yang akan membuat kamu tetap maju dalam situasi apapun.

Langkah Memulai Bisnis Sesuai Passions
Sebelum memulai berbisnis sesuai passions yang kamu miliki ada ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan, berikut adalah langkah-langkahnya…

  • Perluas wawasan industri bisnis kamu
  • Mulai aksi!
  • Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang bervisi sama
Berbisnis sesuai passion tidak hanya akan memberikan keuntungan dengan melakukan hal yang kamu cintai, tapi juga membantu kamu meraih kesuksesan dalam berbisnis dan mempertahankannya dalam waktu yang lama. Jadi segera temukan passion kamu, gali pengetahuan bisnis di bidang yang kamu minati, mulailah berbisnis, dan bekerjasamalah dengan orang-orang yang sevisi.

Fokus dalam Menekuni Bisnis yang Dijalani

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 6
Fokus Dalam Menekuni Bisnis

Fokuslah kepada bisnis yang kamu tekuni, karena fokus merupakan salah satu kunci kesuksesan. -Muhammad Nur Ardi Handayat (CEO Handayat Media Group)

Seperti yang dikatakan oleh CEO Baba Rafi Enterprise yaitu Hendy Susanto, kita harus berfokus pada bisnis yang kita tekuni, jangan dari bisnis makanan berpindah ke bisnis batubara atau yang lainnya, artinya kita harus fokus. Banyak anak muda yang mudah merasa bosan dengan bisnis yang mereka tekuni, karena bisnis tersebut merupakan bisnis yang tidak mereka sukai, oleh karena itu untuk memulai usaha di usia muda pilihlah usaha yang sesuai dengan passion kamu agar kamu bisa fokus terhadap bisnis tersebut dan bisa meraih kesuksesan.

Tidak Boleh Takut dengan Kegagalan

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 7
Jangan Takut Gagal

Kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Salah satu faktor yang menyebabkan anak muda tidak ingin memulai usaha ialah karena takut gagal. Ya, kegagalan merupakan momok yang menakutkan bagi setiap pebisnis pemula. Padahal sebenarnya kegagalan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. Hampir setiap usaha pernah mengalami masalah dan kegagalan dalam bisnisnya.

Namun, mereka (orang-orang yang sukses) akan menghadapi masalah tersebut dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, mereka yakin bahwa setiap masalah yang mereka lalui akan membuahkan hasil. Banyak orang-orang sukses sekarang, dahulunya adalah orang-orang yang pernah mengalami kegagalan, contohnya saja orang terkaya di dunia saat ini, yaitu Bill Gates. Bill Gates dulunya pernah mengalami kegagalan bahkan hampir bangkrut saat mendirikan perusahaan pertamanya yaitu Traf-O-Data.

Tips Menghadapi Kegagalan dalam Bisnis
Berikut adalah cara dalam mengahadapi kegagalan dalam berbisnis:

  • Pantang menyerah dan tidak putus asa.
  • Yakin akan bisa menghadapinya
  • Berusaha dan berdoa
  • Bangkit lagi jika gagal
  • Tidak menghiraukan ‘cemoohan’ orang lain
Kita harus pantang menyerah dan tidak putus asa untuk menghadapi kegagalan dan yakin pasti bisa mengahadapinya. Berusaha dan berdoa merupakan cara terbaik untuk meraih kesuksesan. Jika kamu gagal, jangan menyerah, bangkit lagi! Jika ada yang mencomoohmu, jangan hiraukan, anggap itu sebuah motivasi untuk membuatmu lebih baik lagi kedepannya.

Membuat Tim yang Kompak

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 8
Buatlah Sebuah Tim!

Kamu bisa memulai bisnis dengan menjadi Superman, namun untuk mengembangkannya kamu butuh sekumpulan power rangers. -Irzan Raditya (CEO YesBoss)

Seperti kata-kata diatas yang disebutkan oleh Irzan Raditya yaitu CEO dari YesBoss, menyebutkan bahwa untuk memulai sebuah bisnis kita bisa menjadi seorang superman, artinya kita bisa memulai sebuah bisnis sendirian. Namun, untuk mengembangkannya kita membutuhkan sekumpulan power rangers, artinya kamu tak bisa sendiri untuk mengembangkan bisnis kamu itu, kamu membutuhkan sebuah Tim!

Tim bagian penting dalam suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan. Bagaimana tidak, dengan adanya sebuah tim, kita akan jadi lebih mudah dalam mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, untuk mengembangkan suatu bisnis kita memerlukan sebuah tim. Tim berguna membantu kita untuk mengembangkan bisnis, pemasaran dan lain-lain

Mendengarkan Kritik dan Saran dari Orang Lain

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 9
Dengarkan Masukan dari Orang Lain

Untuk menjadi orang yang sukses seharusnyalah kamu harus mendengarkan kritik, saran dan masukan dari orang lain. Selagi kritikan dan saran itu berguna dan bermanfaat untuk kemajuan dirimu kenapa tidak? Namun, jika ada orang yang merendahkan atau mencemooh dirimu anggap saja itu sebagai angin lalu, jangan di pikirkan. Jika memang sudah kelewatan balas cemoohan dari orang-orang itu dengan prestasi, jangan kamu balas pula cemoohan orang tersebut dengan pukulan yang akan membuat urusan kamu jadi semakin panjang.

Mencoba Memulai Usaha Laundry Bagi Para Pemula

7 Tips Memulai Usaha di Usia Muda dengan Sukes 10
Ayo Memulai Bisnis Laundry di Usia Muda

Bisnis Laundry merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, bisnis laundry hanya membutuhkan modal yang sedikit dibandingkan bisnis yang lain yang bisa memakan modal puluhan hingga ratusan juta rupiah. Menurut yang dilansir oleh news.ralali.com untuk membuka usaha Laundry hanya membutuhkan modal sebesar 17.236.000 rupiah. Dengan modal sebesar itu kamu bisa mendapatkan:

  • Mesin Cuci: 3 unit, seharga Rp11.625.000
  • Pengering: 2 unit, seharga Rp5.567.400
  • Dan setrika: 1 unit, Rp42.475
Dengan modal segitu kamu sudah bisa mempunyai bisnis laundry sendiri yang keren. Semua alat-alat tersebut dibeli untuk mempermudah dan memperlancar bisnis laundry kamu, sob! Dengan lengkapnya alat-alat tersebut akan membuat bisnis laundry kamu semakin maju dan berkembang.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha Laundry..

Agar bisnis laundry kamu berjalan dengan lancar dan bisa sukses, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis laundry:

Tempat atau Lokasi
Tempat merupakan hal utama yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha laundry ini. Bagaimana tidak, dengan pemilihan tempat yang benar dan strategis akan membuat usaha kamu berjalan lancar dan sukses. Usaha laundry ini bisa kamu jalankan dirumah kamu sendiri loh, dengan begitu membuat hemat uang untuk penyewaan ruko.

Tempat yang cocok untuk membuka usaha laundry ialah dengan memilih tempat dimana orang-orang memiliki banyak kesibukan yang tidak memungkinkan dirinya untuk mencuci pakaian sendiri. Contoh tempat-tempatnya ialah kompleks mahasiswa, kompleks pekerja dan apartemen. Ketiga lokasi tersebut merupakan lokasi yang cocok untuk kamu yang ingin membuka usaha laundry.

Mesin Cuci dan Pengering
Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan jika ingin membuka usaha laundry ialah mesin cuci dan pengering. Kedua benda ini merupakan komponen wajib yang harus ada jika seseorang ingin membuka usaha laundry. Bayangkan saja jika kedua benda ini tidak ada, pasti usaha laundry kamu tidak akan berjalan dengan lancar.

Kamu tidak perlu membeli langsung banyak mesin cuci untuk usaha laundry kamu, satu saja sudah cukup untuk memulai usaha laundry kamu. Jika pelanggan sudah banyak dan orderan melimpah barulah kamu membeli tambahan mesin cuci baru sebagai penunjang bisnis laundry kamu dan mencegah orderan menumpuk.

Karyawan
Karyawan juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai usaha laundry. Sebagai makhluk sosial manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, untuk membantu kamu dalam menjalankan usaha laundry, kamu harus mencari beberapa karyawan agar usaha kamu berjalan lancar dan mencegah orderan menumpuk. Tak harus orang jauh, orang terdekat kamupun bisa kamu ajak untuk bergabung menjadi karyawan di dalam usaha laundry kamu tersebut, contohnya saja istri, saudara dan orang terdekat lainnya.

Penutup

Demikianlah tulisan kali ini, semoga bisa memotivasi bagi teman-teman semua yang ingin membuka usaha atau bisnis di usia mudah. Mohon maaf apabila ada kekurangan, Terima Kasih! 


Muhammad Nur Ardi Handayat

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kalau butuh banget sama tulisan ini, silahkan hubungi kontak saya, ya..