4 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Usia Remaja

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Usia Remaja 3
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Kesehatan mental adalah kesehatan yang berkaitan dengan faktor psikis dari manusia. Meskipun terlihat sebagai hal yang sederhana, ternyata hal ini tidak bisa disepelekan. Bahkan memiliki dampak yang besar.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mental di usia remaja. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental di usia remaja? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Usia Remaja

Cara menjaga kesehatan mental di usia remaja ada berbagai cara. 4 di antara dari segala cara tersebut adalah sebagai berikut.

Tidur Tepat Waktu

Tidur tepat waktu serta bangun dalam keadaan segar bugar adalah harapan sebagian besar orang. Orang yang tidak memiliki jam istirahat yang cukup dan selalu begadang, di dalam tubuhnya terjadi peningkatan hormon kortisol yang dapat meningkatkan stress.

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur dengan Mudah

Akhirnya akan berdampak ke masalah masalah psikologis, seperti overthinking, mudah depresi, dan lain sebagainya. Dianjurkan untuk tidur sebelum jam 10. Karena pada jam 10 sampai jam 2 pagi tubuh sedang memproduksi hormone melatonin, yang dapat meningkatkan sekresi HGH, yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga kamu akan menjadi lebih sehat.

Makan Bergizi dan Olahraga

Makan bergizi dan berolahraga merupakan salah satu diantara kebutuhan tubuh yang harus kamu penuhi. Apabila kamu mengkonsumsi makanan bergizi, tubuh kamu akan sehat dan bisa melakukan aktifitas dengan semangat. 

Baca juga: Yuk Ketahui Manfaat Rajin Olahraga Bagi Kesehatan

Begitupun dengan olahraga, ini dapat membuat tubuh sehat dan refresh otak, sehingga tubuh kamu akan menjadi lebih bugar dan semangat dalam melakukan aktifitas. Berolahraga juga dapat menekan hormon kortisol, jika hormone kortisol dalam tubuh tidak terlalu banyak, maka kamu tidak mudah depresi dan stress.

Katakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Langkah selanjutnya ialah katakan atau berikan sugesti positif terhadap diri kamu sendiri. Yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa melewati segala kesulitan ini. Dibalik kesusahan pasti terdapat kemudahan. Tuhan tidak akan menguji hamba Nya diluar batas kemampuan hamba tersebut. 

Mencoba berdamai dengan diri kamu, jika kamu saja bisa memaklumi kekurangan orang lain, mengapa tidak bisa memaklumi dan menerima kekurangan diri sendiri? 

Yakinlah dengan diri kamu. kamu berhak bahagia dengan cara kamu, dan kamu juga merupakan orang hebat versi diri kamu masing masing.

Komunikasikan Kesulitanmu

Jika mengalami kesulitan, akan lebih baik jika kamu komunikasikan masalah tersebut dengan seseorang yang dapat mengerti kamu.  Baik orang tua, teman, sahabat, atau bahkan guru kamu. Intinya berceritalah kepada siapapun yang dapat membuat kamu merasa nyaman.

Baca juga: Caraku Meningkatkan Kepercayaan Diri di Usia Remaja

Memiliki sebuah kesulitan merupakan sebuah hal yang wajar. kamu lakukan ialah bangkit dan jangan terpuruk pada suatu masalah. Orang lain juga pernah berada di posisi kamu dan pernah mengalami kesulitan. kamu bisa menceritakan kesulitanmu terhadap orang lain supaya mendapatkan solusi.

Menggunakan Aplikasi Meditasi dan Konseling Online: Riliv

Tak bisa dipungkiri, menyampaikan masalah atau curhat dengan orang lain yang tidak tepat malah bisa membuat masalah yang kita miliki semakin parah. Hal ini bisa terjadi biasanya karena orang yang kita percayai untuk menyampaikan masalah (curhat) malah membandingkan masalah yang ia milikinya dengan masalah kita, sehingga kerap kali menjadi ajang adu nasib.

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Usia Remaja 1

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memilih partner yang tepat dalam menuangkan masalah yang kita miliki agar bisa jadi lebih membaik. Bagi kamu yang saat ini kesulitan dalam mencari teman curhat professional tak perlu khawatir, pasalnya kini sudah ada Riliv yang siap membantu kamu.

Riliv merupakan sebuah aplikasi keren yang menawarkan layanan curhat dan konseling online pertama di Indonesia. Riliv hadir sebagai platform yang menghubungkan orang-orang dengan psikolog yang tanpa takut dihakimi jika menuangkan masalah yang dimiliki.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Riliv di tautan https://bit.ly/rilivsekarang dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya seperti #TenangdiRumah yang mana merupakan fitur menarik dari Riliv yang menyediakan meditasi instan dalam bentuk audio dengan durasi 7-10 menit lamanya dan berbagai fitur lainnya yang siap membantu kesehatan mental kamu agar tetap terjaga.

Intinya, ada berbagai cara menjaga kesehatan mental di usia remaja yang dapat kamu coba, tidak terbatas dengan apa yang ada di tulisan ini. Lakukanlah apa yang kamu senangi dan tidak merugikan orang lain. Semoga informasi dan wawasan ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang kompeten, profesional, dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Namun sayangnya, tidak semua karyawan...