5 Tips Bersepeda yang Aman dan Nyaman saat Pandemi

5 Tips Bersepeda yang Aman dan Nyaman saat Pandemi 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Bersepeda menggunakan sepeda gunung atau sepeda lipat menjadi salah satu kegiatan olahraga yang cukup digemari belakangan ini, terlebih di masa pandemi. Alasannya karena bersepeda adalah cara yang paling mudah untuk berolahraga dan paling utama karena bisa melakukan physical distancing antara satu dengan yang lainnya.

Masalahnya banyak orang yang mengabaikan keamanan mereka saat bersepeda di masa pandemi. Sebagai contoh bersepeda dalam rombongan, hanya membawa perlengkapan seadanya, dan tanpa disadari telah berhadapan dengan kerumunan orang banyak di tempat-tempat tertentu, sehingga bersepeda menjadi cukup beresiko di masa pandemi dan rentan tertular penyakit virus corona.

Supaya Anda dapat aman dan tidak khawatir, artikel ini akan memberikan 5 tips bersepeda yang aman di masa pandemi. Untuk itu mari kita simak ulasannya!

1. Tetap Gunakan Masker

Salah satu cara yang dilakukan saat bersepeda dimasa pandemi adalah dengan menggunakan masker. Tujuannya adalah agar tidak terjadi droplet dari orang lain yang sedang batuk atau bersin.

Droplet adalah cipratan cairan berupa liur seseorang yang sedang flu atau bersin. Cipratan tersebut bisa masuk ke dalam mata atau saluran pernafasan orang didekatnya, yang berpotensi akan terjangkit virus Corona.

BACA JUGA: Tips Mudah Agar Terhindar dari Virus Corona

Memang benar bahwa memakai masker akan menghalangi sistem pernafasan ketika  berkendara sepeda. Tips yang dapat dilakukan adalah dengan tidak mengayuh sepeda terlalu cepat, supaya tidak sesak nafas saat sepeda sedang digunakan.

2. Jaga Jarak dengan Pesepeda Lain

Selain mencegah droplet, jaga jarak dengan pesepeda lain juga memiliki manfaat yang penting. Salah satunya agar terhindar dari penularan virus Corona, yang biasanya terjangkit karena masuk di dalam kerumunan.

Agar tetap aman saat bersepeda, tips yang dapat dilakukan adalah dengan pergi bersepeda sendirian. Bila merasa kesepian, Anda bisa mengajak rekan-rekan lain maksimal 5 orang supaya tidak terlalu berkerumun saat berkendara sepeda bersama-sama.

3. Pilih Rute yang Tidak Dikerumuni Banyak Orang

Menjaga jarak dengan kerumunan dapat dilakukan dengan memilih rute yang tidak dikerumuni oleh banyak orang. Sayangnya banyak pesepeda yang memilih tempat bersepeda seperti di jalan atau kota-kota besar yang cenderung ramai,

Agar menghindari resiko virus Corona di masa pandemi, Anda dapat memilih rute yang sepi saat bersepeda. Salah satunya adalah dengan memilih jalan sempit atau di tempat terpencil. Dengan demikian Anda dapat bersepeda dengan tenang tanpa harus berkerumun dengan banyak orang.

4. Siapkan Perlengkapan Penting Saat Bersepeda

Jika Anda sudah melakukan persiapan dan rencana yang matang untuk bersepeda di masa pandemi, maka hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan mempersiapkan perlengkapan bersepeda. Pada umumnya perlengkapan ini terdiri dari helm, jersey sepeda, celana dan kacamata.

Bila dalam kondisi pandemi, sangat disarankan untuk menggunakan kacamata sepeda. Hal ini dikarenakan kacamata dapat menjadi pelindung yang mencegah masuknya virus Corona melalui mata.

Hidung, mulut dan mata adalah saluran masuk penularan COVID-19 di dalam tubuh, untuk itulah alat ini sangat dibutuhkan untuk membuat bersepeda menjadi lebih aman.

5. Patuhi Protokol Kesehatan

Mematuhi protokol kesehatan adalah tips yang dapat dilakukan agar dapat bersepeda dengan aman. Salah satu aturan yang dikeluarkan protokol kesehatan adalah tips ketika melakukan persiapan bersepeda, beberapa diantaranya seperti cuci tangan dengan sabun, membawa botol minum yang tertutup plastik, serta jaga kebersihan sepeda.

Selain melakukan persiapan, protokol kesehatan juga menghimbau tentang cara bersepeda dengan aman, beberapa hal diantaranya seperti jaga jarak dengan pengendara sepeda dan bermotor lain dan tidak lupa untuk selalu mematuhi peraturan rambu lalu lintas. Anda harus mematuhi berbagai protokol kesehatan supaya tetap aman beraktivitas khususnya saat bersepeda.

Catatan

Bila Anda sudah mengetahui tips aman saat bersepeda di masa pandemi, hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan mengetahui hal-hal yang diperlukan sebelum bersepeda.

Beberapa hal yang harus dilakukan adalah dengan lakukan pemanasan sebelum bersepeda, periksa jalur atau rute perjalanan yang akan ditempuh, pastikan fisik dalam keadaan prima, dan yang tak kalah penting adalah cek kondisi semua bagian sepeda seperti suspensi, tekanan ban, fork, kondisi rem dan berbagai bagian sepeda lainnya. Dengan melakukan hal-hal di atas, Anda akan dapat bersepeda dengan aman dan nyaman.

Itulah kelima tips tentang cara bersepeda yang aman di masa pandemi, semoga Anda bisa menjaga kebugaran tubuh dengan aman tanpa tertular atau terpapar virus Corona atau Covid-19. Selamat bersepeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang kompeten, profesional, dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Namun sayangnya, tidak semua karyawan...