7 Cara Untuk Mengatasi Demam Pada Anak   

thermometer, fever, temperature-5185847.jpg

Terkadang anak-anak suka mengalami demam yang disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, sebaiknya bunda tidak langsung memberikan obat-obatan pereda demam kecuali bila suhu badannya benar-benar tinggi. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi demam pada anak? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini. 

Berikan Kompres

Cara yang pertama untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan memberikan kompres pada tubuhnya menggunakan kain yang sudah direndam di dalam air biasa atau sedikit hangat (hangat-hangat kuku) selama kurang lebih 20-30 menit. 

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Usia Remaja

Gunakan kompres pada dahi, dada, perut, atau ketiak anak saat sedang tidur atau berbaring. Selain mengganti kompres ketika mulai kering, anda juga harus selalu memantau suhu tubuh si kecil secara berkala setiap 1-2 jam setelah dikompres. 

Terapi kaus Kaki

Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya adalah dengan terapi kaus kaki. Caranya adalah masukkan kaki bunda di panas, lalu masukkan sepasang kaus kaki katun ke air dingin, peras dan pada si kecil sebelum pergi tidur.

Baca juga: Ini dia Fakta Seputar Virus Corona yang Harus Diketahui

Kenakan sepasang kaus kaki kering dari bahan wol di atas kaus kaki yang basah. Cara ini dipercaya membantu untuk mengatasi demam pada anak dengan mengumpulkan darah di kaki, sehinga peredaran darahnya menjadi lebih lancar. 

Mandikan Dengan Air Hangat

Cara menurunkan demam pada anak lainnya adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat. Pasalnya, jika menggunakan air dingin akan menyebabkan suhu tubuhnya semakin menaik dan membuatnya menggigil lantaran kedinginan. 

Baca juga: Inilah Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Rumahmu!

Kalau perlu bunda bisa tambahkan garam mandi atau essensial oil untuk menenankan tubuh. Jika tidak memungkinkan untuk memandikannya, bunda cukup lap tubuh anak menggunakan handuk basah yang hangat. 

Pijat Dengan Ramuan Herbal

Pijat dengan ramuan herbal bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan demam pada si  kecil. Caranya adalah campurkan minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah, serta ditambah seiirsis jeruk nipis. Jika minyak kayu putih dianggap terlalu keras bisa diganti dengan minyak kelapa.

Jeruk nipis juga bisa diganti dengan asam Jawa. Lalu pijatlah tubuh anak dengan ramuan tersebut, terutama pada bagian punggung, dada, dan perut anak. 

Asupan Makanan Sehat

Asupan makan yang sehat merupakan cara lainnya untuk menurunkan demam pada anak. Bagi si kecil yang berusia kurang dari 6 bulan, sumber asupan nutrisi yang paling baik adalah ASI. Lantaran ASI mengandung antobodi alami yang bisa membantu di kecil melawan infeksi yang menyebabkan demam.

Sedangkan bagi anak yang sudah besar, anda bisa memberikan sup ayam yang dicampur dengan berbagai jenis sayur dan buah-buahan. 

Istirahat Yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan demam pada anak. Pasalnya, aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu tubuh anak. Maka dari itu, selama demam biarkan anak beristirahat, berbaring dan mengurangi waktu bermain. 

Memberikan Obat Penurun Demam

Jika cara-cara di atas tidak efektif dalam menurunkan demam pada anak, maka caranya lainnya bisa bunda lakukan adalah dengan memberikan obat penurun demam.

Ada banyak obat penurun panas yang bisa digunakan salah satunya adalah paracetamol. Namun, penggunaan paracetamol ini harus disesuaikan dengan usia serta berat badan si kecil atau sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tercantum pada kemasan obat tersebut. 

Demikianlah artikel kali ini tentang 7 cara untuk mengatasi demam pada anak. Semoga ada guna dan manfaatnya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap