Penasaran Bagaimana Cara Kerja Panel Surya? Simak di Sini!

Penasaran Bagaimana Cara Kerja Panel Surya? Simak di Sini! 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Bagi sebagian orang, mungkin masih asing dengan istilah panel surya. Akan tetapi, komponen satu ini memiliki fungsi yang sangat besar. Sebab, dengan adanya komponen ini mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Untuk kamu yang penasaran tentang bagaimana cara kerja panel surya, berikut simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Panel Surya yang Wajib kamu Tahu

Sekilas Tentang Panel Surya
Sekilas Tentang Panel Surya

Di Indonesia sendiri, keberadaan panel surya memang belum banyak digunakan. Bahkan sebagian orang masih belum mengerti istilah satu ini. Padahal komponen satu ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat. Panel surya atau yang bisa disebut dengan solar panel, merupakan salah satu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari ke energi listrik.

Baca juga: Yuk Ketahui Manfaat Rajin Olahraga Bagi Kesehatan

Hal ini sebenarnya sangat bagus apabila telah diterapkan di Indonesia. Sebab, berbanding lurus dengan permintaan listrik di negeri ini yang terus mengalami lonjakan setiap tahunnya. Bahkan tercatat angkanya terus mengalami peningkatan sekitar 10% hingga 15% per tahun. Sehingga, kebutuhan akan listrik dapat dibilang sangat penting di dalam kehidupan sehari hari.

Akan tetapi, hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan pembangkit listrik yang ada di Indonesia. Sebab, ketersediaan pembangkit listrik yang ada di negeri ini masih tergolong cukup rendah atau kurang. Sehingga hal ini pun membuat Pembangkit Listrik Negara atau PLN kerap kali melakukan pemadaman bergilir, yang mana kondisi ini merugikan masyarakat di Indonesia.

Namun, mengingat cara kerja panel surya memanfaatkan sinar matahari, tentunya hal ini dapat menjadi sebuah alternatif yang bisa ditempuh. Dengan memanfaatkan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS dapat dijadikan solusi bagi negara ketika menghadapi krisis listrik yang terjadi.

Baca juga: 6 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui apa itu pengertian dari panel surya. Komponen satu ini merupakan salah satu sistem yang memiliki tujuan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dimana dengan memakai prinsip yang lebih dikenal dengan efek photovoltaic.

Adanya efek satu ini membuat energi listrik yang telah dihasilkan oleh matahari akan disimpan pada baterai. Selanjutnya, baterai yang berisi energi listrik tersebut akan digunakan untuk menjalankan perangkat elektronik yang kamu miliki. Sehingga hal ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan listrik berlebih dan dapat menjadi alternatif.

Mengintip Cara Kerja dari Panel Surya

Setelah mengetahui pengertiannya, maka cara kerja panel surya ini adalah dengan membiarkan partikel cahaya atau yang dikenal foton menjatuhkan elektron bebas dari atom. Sehingga nantinya akan mampu untuk menghasilkan energi listrik. Sebenarnya, cara kerja dari komponen ini terdiri dari banyak unit yang lebih kecil.

Dimana sering kali dikenal dengan efek sel fotovoltaik. Efek satu ini memiliki arti yakni mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Sehingga kumpulan dari unit sel kecil dalam jumlah yang banyak tersebut akan membentuk panel surya. Di dalam cara kerja dari fotovoltaik ini membutuhkan untuk membentuk medan listrik.

Sedangkan untuk setiap sel dari fotovoltaik biasanya akan terdiri dari dua lapisan atau irisan yang memiliki bahan semikonduktor. Bahan silikon tersebut, biasanya merupakan bahan serupa yang sering kali dipakai dalam mikroelektronika. Untuk cara kerja panel surya ini bisa dikatakan hampir serupa dengan medan magnet. 

Baca juga: 5 Penyebab Bau Nafas yang Sering Tidak Disadari

Dimana dapat terjadi lantaran adanya kutub yang berlawanan. Pada medan listrik ini, juga terjadi ketika muatan yang berlawanan tersebut dipisah. Di dalam menjalankannya, terjadi proses semai pada fosfor ke lapisan atas dari silikon. Hal ini pun akan berfungsi untuk menambah elektron ekstra yang memiliki muatan negatif pada lapisan tersebut.

Lain hanya dengan lapisan bawah, lapisan tersebut akan mendapatkan takaran boron. Boron sendiri akan mampu menghasilkan elektron yang lebih sedikit atau dikenal dengan muatan positif. Dengan begitu, hal tersebut dapat menambah adanya medan listrik yang berada di antara lapisan silikon tersebut.

Selanjutnya, untuk mendapatkan energi dari sinar matahari tersebut akan mampu menjatuhkan elektron bebas. Sehingga medan listrik nantinya akan mendorong elektron untuk bisa keluar dari sambungan yang ada pada silikon. Adapun, cara kerja panel surya ini juga menggunakan beberapa komponen yang ada pada sel lainnya.

Dimana komponen tersebut berfungsi untuk mengubah elektron menjadi daya atau energi yang nantinya bisa untuk digunakan. Adanya pelat pada konduktif logam yang berada di sisi sel ini akan mengumpulkan elektron yang kemudian ditransfer melalui kabel. Sehingga hal ini dapat menyebabkan aliran layaknya sumber listrik pada umumnya.

Itulah yang perlu kamu tahu tentang cara kerja dari panel surya. Untuk kamu yang mulai tertarik menggunakan solar panel ini, maka kamu pun bisa memakai SUN Energy yang merupakan perusahaan terkemuka di Indonesia yang berfokus dengan sistem energi surya. Dengan menggunakan sumber energi ini, tentunya akan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

6 Cara Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Setiap perusahaan pastinya menginginkan memiliki pelanggan yang selalu setia terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Meski mempertahankan pelanggan...