Cara Membuat Podcast di Spotify dengan Mudah

Cara Membuat Podcast di Spotify dengan Mudah 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Siapa sih di antara kalian yang belum mengetahui cara membuat podcast di Spotify? Ya, tidak bisa dipungkiri masih banyak orang-orang di Indonesia yang ingin membuat atau mengupload podcast yang sudah dibikinnya di Spotify tapi masih kebingungan.

Jagat maya akhir-akhir ini sedang ramai dengan tren baru di dunia digital, yaitu podcast. Buat kamu yang belum tahu, jadi podcast ini adalah sebuah audio yang biasanya berisikan obrolan-obrolan seputar apa saja, bisa kehidupan, bisnis, karir, pengembangan diri, dan lainnya.

Jika kita bahasakan secara sederhana, podcast ini bisa disebut sebagai audio modern yang bisa kita dengarkan lewat platform streaming audio seperti Spotify.

Spotify adalah salah satu aplikasi layanan streaming kajian, video hingga podcast yang memungkinkan Kamu bisa terhubung ke jutaan konten dari artis dari seluruh dunia. Bagi Kamu yang juga ingin ambil bagian dari aplikasi ini, ada cara membuat podcast di spotify. Yang tentunya bisa Kamu jadikan panduan untuk membuat podcast yang berkualitas.

Ini dia Cara Membuat Podcast Di Spotify

Sebelum membuat podcast, ada baiknya Kamu mencari tahu bagaimana cara membuat podcast di spotify yang berkualitas. Podcast sendiri adalah sebuah konten berupa audio yang membahas mengenai tren dan isu-isu terkini. Yang tentunya bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja.

Nah, bagi Kamu yang tertarik untuk membuat podcast di spotify. Ini dia panduannya !! Diantaranya :

Menyiapkan Peralatan

Untuk membuat podcast, salah satu untuk membuat podcast ini yaitu dengan menyiapkan peralatan. Yang dimaksud dengan peralatan disini, yaitu mikrofon, laptop/komputer, mixer, aplikasi audio editing, webcam serta pop filter.

BACA JUGA: Mengenal IDN App, Aplikasi Berita Andalan Generasi Muda

Menentukan Tema/Topik

Dalam menentukan tema/topik ini, ada baiknya untuk memilih topik yang belum banyak dibahas. Namun memiliki makna dan pesan yang kuat. Sehingga orang akan menjadi tertarik untuk mendengarnya. Meskipun begitu, Kamu tetap harus memilih tema/topik yang Kamu kuasai. Akan lebih baik lagi untuk mengangkat tema/topik yang benar-benar Kamu sukai.

Menyiapkan Narasi

Karena podcast merupakan konten berupa audio. Maka narasi sangat berperan penting dalam pembuatan podcast ini. Kamu bisa menyiapkan narasi yang menarik, yang bisa membuat orang tertarik untuk mendengarkan podcast yang Kamu buat. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah, jangan sampai narasi yang dibuat terlalu kaku, ataupun terlalu berlebihan.

Melakukan Recording

Langkah selanjutnya untuk membuat podcast pada spotify ini yaitu dengan melakukan proses recording. Ada beberapa tools yang bisa Kamu gunakan untuk recording ini. Salah satunya adalah audacity. Caranya bisa dilakukan dengan membuka tools audacity, kemudian menautkan mikrofon pada laptop/komputer, kemudian mulai melakukan recording.

BACA JUGA: Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Download Video di Youtube

Menyimpan File Dan Menentukan Cover Image

Setelah melakukan recording, Kamu bisa menyimpan hasilnya dalam format mp3. Dengan ukuran tidak melebihi 200MB. Baru kemudian menentukan cover image hingga judul podcast Kamu. Dalam menentukan cover image ini, ada baiknya Kamu memilih gambar-gambar yang tidak memiliki hak cipta. Sehingga Kamu terhindar dari pelanggaran hukum.

Menentukan Host Website Dan Mengupload Podcast Di Spotify

Langkah selanjutnya, Kamu tinggal menentukan host website. Gunanya agar podcast tersebut bisa terhubung dengan internet. Setelah memilih host website yang berupa RSS Feed, maka selanjutnya Kamu tinggalmengupload podcast di spotify.

Adapun caranya yaitu dengan login ke spotify. Kemudian cari laman submit your podcast dan pilih menu get started. Selanjutnya Kamu tinggal centang di kolom terms and condition. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu continue.

Masukkan link RSS Feed, kemudian klik menu next. Lengkapi keterangan mengenai bahasa, negara, dan sebagainya. Kemudian klik lagi menu next. Dan terakhir menu submit. Barulah podcast yang Kamu buat tersebut telah terdaftar di podcast.

Itu dia cara membuat podcast di spotify dengan mudah. Ternyata tidak terlalu sulit, bukan ? Maka dari itu, siapkan dulu segala sesuatunya dengan matang dan terencana. Baru kemudian memulai pembuatan podcast. Agar nantinya podcast yang Kamu buat tersebut terhindar dari kesalahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Cara Membuat Podcast di Spotify dengan Mudah

Siapa sih di antara kalian yang belum mengetahui cara membuat podcast di Spotify? Ya, tidak bisa dipungkiri masih banyak...
error: Kalau mau copas untuk tugas boleh hubungi kontak aku. Kalau untuk maling mending gausah, haha.