Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Siapa sih di antara kamu yang tak mengenal yang namanya proposal? Sejak duduk dibangku sekolah, terutama SMA, apalagi kamu termasuk anak yang aktif di berbagai kegiatan, seperti organisasi dan kepanitiaan, tentunya sudah familiar dengan yang namanya proposal kegiatan, sehingga penting banget untuk kamu mengetahui seperti apa contoh proposal kegiatan yang baik dan bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Bagi teman-teman yang belum tahu mengenai apa itu proposal tidak perlu khawatir, secara sederhananya proposal adalah agenda kegiatan yang dituangkan berbentuk perkiraan atau rancangan pekerjaan apa saja yang akan dilaksanakan, seperti kegiatan bisnis, penelitian, proyek, perlombaan, pengajuan dana, dan lainnya.

Baca juga: Pengalaman Lolos Jalur SBUB UNDIP di Tahun 2021

Agar pihak yang bersangkutan dapat memahami proposal kegiatan dengan baik, maka dari itu penting bagi teman-teman untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar. Nah, bagi kamu yang sedang mencari bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar, sekarang berada di tempat yang tepat, karena di kesempatan kali ini aku bakal bagikan kepada temen-temen semuanya mengenai cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar, sehingga proposal yang kamu buat bisa mendapatkan persetujuan menjadi lebih besar.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Masyarakat yang Baik dan Benar

Karena keterbatasan waktu, di kesempatan kali ini aku hanya akan membagikan kepada teman-teman semua mengenai bagaimana caranya membuat proposal kegiatan masyarakat saja. Agar pembuatan proposal kegiatan di masyarakat bisa dibuat dengan baik dan benar, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Baca juga: Tips Lolos SBUB Undip 2022 (Seleksi Berkas, Bakat, dan Wawancara)

Penataan Penulisan Proposal Kegiatan

Dalam membuat proposal kegiatan, baik itu pembuatan proposal kegiatan untuk sekolah, masyarakat, maupun yang lainnya tidak boleh sembarangan, harus dengan penataan atau sistematika penulisan yang tepat. Jika kelengkapan dari sistematika proposal yang kamu buat meme, akan semakin yakin pula pihak penerima proposal dalam membantu jalannya kegiatan.

Menentukan Topik Apa yang Akan Dibahas

Jika kamu bertujuan membuat proposal untuk kegiatan masyarakat, sebaiknyalah menentukan pembahasan yang bisa mengundang perhatian banyak orang dan digemari masyarakat, salah satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat budaya atau kebiasaan masyarakat sekitar.

Membuat Kerangka Penulisan Proposal

Bagi kamu yang belum terbiasa membuat proposal kegiatan masyarakat, penting bagi kamu untuk membuat kerangka penulisan proposal. Kerangka tersebut adalah gambaran global atau ide pokok yang nantinya akan dikembangkan sesuai kebutuhan.

Format Penulisan Proposal kegiatan masyarakat

Agar kamu memiliki gambaran bagaimana contoh format penulisan proposal kegiatan masyarakat yang baik dan benar, kamu bisa melihat contohnya di bawah ini.

  1. Judul Proposal Kegiatan Masyarakat. Judul ini diletakkan pada bagian sampul proposal dan buatlah judul semenarik mungkin, karena ini merupakan bagian pertama yang akan dibaca oleh orang yang menerima proposal.
  2. Latar Belakang. Pada bagian ini sedikit rumit, karena kamu sebagai pembuat proposal perlu mengetahui seluk beluk acara agar latar belakang proposal kegiatan masyarakat semakin baik.
  3. Landasan Kegiatan. Hal dasar yang menjadi alasan kenapa penyelenggaraan masyarakat ditulis pada bagian ini.
  4. Tujuan Kegiatan. Pada bagian ini kamu menulis apa saja yang menjadi fokus atau hal yang ingin dicapai dari kegiatan ini.
  5. Tema Kegiatan. Menuliskan hal yang mewakili kegiatan secara keseluruhan.
  6. Sasaran Kegiatan. Dengan mempertimbangkan siapa saja yang menjadi peserta kegiatannya.
  7. Jadwal Kegiatan. Agar kegiatan kamu terlihat dibuat dengan serius dan dilaksanakan dengan baik, pastikan kamu membuat jadwal kegiatan dengan rinci.
  8. Susunan Acara. Pada bagian ini, temen-temen menuliskan secara jelas, teratur, dan mudah dimengerti mengenai waktu kegiatan, jenis kegiatan, dan penanggung jawab masing-masing kegiatan.
  9. Susunan Panitia. Sertakan juga susunan panitia pelaksana kegiatan masyarakat tersebut, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, beserta nama lengkapnya.
  10. Rencana Anggaran.
  11. Penutup

Demikianlah tulisan kali ini mengenai cara membuat proposal kegiatan masyarakat yang baik dan benar, semoga apa yang aku bagikan bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jika tertarik membaca mengenai banyak hal seputar pendidikan, teman-teman bisa langsung saja mengunjungi https://mamikos.com/info/.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top