cPanel vs Plesk, Mana yang Lebih Baik?

Saat memilih layanan web hosting kamu juga harus memikirkan tentang kontrol server yang tepat. Biasanya akan ada dua pilihan untuk mengontrol web hosting yaitu menggunakan cPanel vs Plesk. Namun, jika kita bandingkan keduanya: cPanel vs Plesk manakah yang lebih baik? 

cPanel vs Plesk 

Ketika harus memilih antara cPanel atau Plesk, para pengguna biasanya akan sangat berhati-hati dalam memutuskan. Pasalnya, pemilihan cPanel atau Plesk ini nantinya berkaitan dan berdampak langsung pada kontrol server web hosting. Kamu bisa dapatkan hosting murah bayar bulanan hanya di DomaiNesia. 

Baca juga: Inilah Keuntungan Membuat Blog atau Website di Era Digital!

Oleh sebab itu, kamu harus memilih yang tepat agar kontrol server web hosting bisa berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa perbandingan lengkap antara cPanel vs Plesk:

Lebih populer mana cPanel vs Plesk?

Apabila berbicara tentang popularitas, cPanel memang jauh lebih dikenal dan sering digunakan daripada Plesk. Hal ini karena banyak perusahaan web hosting menggunakan cPanel untuk interface manajemen filenya. 

Apa itu cPanel? ini merupakan sebuah control panel web hosting berbasis sistem operasi Linux. Dengan penggunaan cPanel ini kamu bisa mendapatkan fasilitas pengelolaan website untuk manajemen file, database, domain, security, dan konfigurasi lainnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Website di Internet dan Berbagai Keunggulannya

Kemudian, untuk Plesk sendiri adalah jaringan control panel yang menggunakan sistem operasi Windows dan Linux. Sudah lebih 50 persen dari sekitar 100 penyedia layanan web hosting di seluruh dunia menggunakan Plesk untuk kontrol panel web hosting. 

Tampilan dashboard Plesk vs cPanel

Faktor atau elemen utama yang akan memengaruhi keputusan kamu dalam memilih control panel web hosting adalah tampilan dashboard.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan seperti: 

  • Apakah tampilan dashboard user friendly atau mudah digunakan oleh pengguna baru?
  • Apakah ada tautan ke berbagai item dan opsi penyesuaian untuk mendesain interface sesuai dengan keinginan.

Dan berikut ini perbedaan tampilan dashboard cPanel vs Plesk:

cPanel

Apabila kamu menggunakan dashboard cPanel ini bisa dengan mudah disesuaikan oleh penyedia web hosting untuk menentukan fitur dan tampilan seperti yang diinginkan. Dashboard cPanel sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu file, database, dan domain. 

Baca juga: Pentingnya Website Untuk Bisnis Skala Kecil dan Besar

Plesk

Sedangkan, untuk dashboard Plesk memang memiliki desain yang jauh lebih modern. Letak menu utamanya berada di bagian sebelah kiri. Pilihan menu tersebut sudah mencakup tombol untuk berlangganan, domain, dan lainnya. 

Selain itu, juga tersedia fitur tampilan akses cepat yang terletak di bagian tengah halaman dan gambaran umum sistem yang dapat disesuaikan. 

Sebenarnya Plesk mengkategorikan item pada pilihan menunya menggunakan sebuah label seperti Manajemen Server dan Layanan Hosting. Tetapi sayangnya konfigurasi seperti ini cenderung meningkatkan jumlah fitur yang tidak digunakan.

Jenis server web yang tersedia pada cPanel dan Plesk

Baik cPanel dan Plesk menawarkan dukungan untuk Virtual Private Server dan Dedicated Server. Penggunaan sistem Linux dan Windows juga merupakan opsi untuk kedua control panel tersebut. 

Bahasa skrip yang tersedia pada cPanel dan Plesk

Mirip dengan situasi server web, rata-rata pengguna kemungkinan besar akan baik-baik saja saat menggunakan Plesk atau cPanel karena didukung oleh beberapa jumlah bahasa skrip. Berikut adalah bahasa skrip yang terdaftar saat ini dari setiap panel kontrol:

cPanel

  • Perl
  • PHP
  • Ruby on Rails
  • CGI
  • XML/XSLT
  • JSP 
  • Python

Plesk

  • ASP
  • Microsoft ASP.NET
  • Server Side
  • PHP
  • CGI
  • FastCGI
  • Perl
  • Python

Database di Plesk vs cPanel

Database di cPanel sering dilakukan tanpa diketahui oleh pengguna. cPanel menyediakan pembuatan untuk database khusus dengan penggunaan MySQL Wizard dan phpMyAdmin. 

Beberapa tools lain sebenarnya juga tersedia untuk mengelola database, tetapi MySQL dan phpMyAdmin adalah standar industri. 

Selanjutnya Plesk yang hampir mirip dengan cPanel, menyediakan akses ke phpMyAdmin untuk mengelola database MySQL. Plesk ini mendukung phpPgAdmin untuk database PostgreSQL. Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan dari Plesk termasuk myLittleAdmin dan ASP.NET Enterprise Manager.

Secara keseluruhan, cPanel dan Plesk sama-sama memiliki esensi untuk manajemen database. Namun, dalam hal database ini Plesk lebih transparan tentang spesifikasinya.

Baca juga: Ketauhilah! Ini Penyebab Website Lambat dan Trik Mengatasinya

Jadi, manakah yang lebih baik cPanel vs Plesk?

Kedua control panel untuk web hosting di atas yaitu cPanel dan Plesk memang sama-sama mumpuni dalam pengelolaan. 

Apabila kamu membutuhkan pengelolaan server web hosting dengan menggunakan sistem Linux, cPanel bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk Plesk juga mendukung bagi kamu yang menggunakan Windows.

Jadi, pada dasarnya kedua control panel tersebut memiliki fitur canggihnya masing-masing sehingga kamu bisa memilih sendiri mana yang baik sesuai dengan kebutuhan. 

Tetapi, memang secara umum cPanel cukup direkomendasikan. Terutama bagi kamu yang menginginkan control panel user friendly atau mudah digunakan. 

Itulah perbandingan lengkap cPanel vs Plesk. Keduanya sama-sama memiliki fitur canggih, namun mana yang lebih baik tergantung pada penyesuaian dengan kebutuhanmu. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap