Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Melalui Email 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah gampang-gampang susah. Kamu tidak boleh menyepelekan dokumen satu ini untuk mengantarkanmu mendapatkan kerja.

Terkadang karena terlalu banyak mengirimkan lamaran, kamu menggunakan surat lamaran kerja yang sama untuk beberapa perusahaan. Padahal hal tersebut sangat tidak dibenarakan.

Karena bisa saja terjadi kesalahan penulisan maupun kesalahan posisi atau jabatan ketika lupa. Sehingga lebih baik menulis surat lamaran pekerjaan sesuai dengan posisi dan perusahaan yang dilamar saat hendak melamar. 

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja Perlu Kita Perhatikan

Jangan pernah berhenti belajar dan mengevaluasi kesalahan ketika melamar pekerjaan. Karena bila kamu melakukan kesalahan kecil yang terjadi secara berulang, maka ini bisa menghambatmu mendapatkan pekerjaan.

Seperti salah satunya penggunaan titik ataupun koma, maka kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja ini bias-bisa HRD tidak menjamin keseriusan Anda melamar pekerjaan. Untuk itu, dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu perlu mengikuti format penulisan, yaitu berikut ini:

  1. Tempat dan Tanggal Penulisan
    Hal pertama yang harus dituliskan dalam surat lamaran kerja adalah tempat dan tanggal dimana surat tersebut dituliskan. Biasanya keterangan tempat dan tanggal ini terletak di pojok kanan atas.
  2. Perihal dan Lampiran
    Selanjutnya kamu bisa mulai menulis dengan margin kiri yaitu perihal dan lampiran. Tulislah perihal surat lamaran pekerjaan, sedangkan untuk lampiran sesuaikan dengan jumlah berkas yang kamu lampirkan bersama surat lamaran kerja.
  3. Nama dan Alamat Perusahaan
    Tuliskanlah nama perusahaan serta alamat lengkap perusahaan. Jangan sampai kamu salah menuliskan, baik itu besar kecilnya maupun singkatan resminya. Kamu bisa melihat di website resmi perusahaan yang ingin dilamar untuk menghindari kesalahan penulisan.
  4. Salam Pembuka
    Kamu bisa membuka surat lamaran pekerjaan dengan kalimat “Dengan hormat,” agar terkesan professional.
  5. Pengantar
    Setelah salam, tuliskan pengantar di dalam surat lamaran kerja.
  6. Identitas Diri
    Jangan lupa untuk memasukkan identitas diri di dalam surat lamaran kerja. Tidak perlu data diri rinci, tetapi cukup data diri singkat termasuk jenjang pendidikan terakhir dan nomor telepon.
  7. Maksud dan Tujuan
    Di dalam surat lamaran kerja harus dicantumkan maksud dan tujuan. Yaitu nama posisi atau jabatan yang akan kamu lamar serta nama perusahaan tujuan. Hal ini untuk memperjelas HRD posisi apa yang ingin kamu lamar.
  8. Tuliskan Sedikit Pengalaman Kerja atau Keahlian
    Kamu boleh mencantumkan sedikit pengalaman kerja dan keahlian yang sesuai. Agar HRD tertarik untuk membaca lebih lanjut berkas lamaran yang kamu kirimkan.
  9. Penutup
    Terakhir adalah penutup, jangan lupa sampaikan terima kasih atas ketersediaan membaca surat lamaranmu. Jika perlu tunjukkan pula empati terhadap pekerjaan HRD yang memeriksa ribuan berkas lamaran.
  10. Salam Penutup
    Akhiri dengan salam penutup dan nama lengkap di surat lamaran kerja.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Melalui E-mail Yang Direkomendasikan

Di zaman yang serba digital, saat ini proses melamar pekerjaan juga bisa dilakukan secara digital dengan mengirimkan e-mail. Tentunya hal ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga karena pelamar tidak perlu pergi jauh mengirimkan berkas dan HRD juga bisa melakukan pemilahan berkas secara lebih cepat.

Selain itu proses lamaran kerja melalui e-mail juga bisa mengurangi produksi sampah dari ribuan pelamar dan tentunya lebih hemat. Namun terkadang di dalam berkas lamaran juga dicantumkan syarat surat lamaran kerja. Lalu bagaimana penulisan isi surat lamaran kerja di dalam e-mail yang baik dan benar? 

Ada dua pendapat dalam menuliskan surat lamaran di dalam e-mail. Pendapat pertama menyatakan jika di dalam e-mail tidak perlu terlalu rinci atau sedetail yang ada dalam surat lamaran kerja.

Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa dalam body e-mail juga harus dituliskan seperti surat lamaran kerja. Untuk menyikapi hal tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan syarat yang diajukan oleh perusahaan.

Jika pihak perusahaan tidak mewajibkan adanya surat lamaran kerja dalam berkas pendaftaran, kamu bisa menuliskan body e-mail seperti surat lamaran kerja pada umumnya. Tetapi jika surat lamaran kerja wajib dicantumkan, maka kamu tidak perlu menjelaskan secara detail dalam e-mail. Cukup pengantar dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan dan santun.

Sekarang kamu sudah bisa lebih memahami penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Kunci untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian adalah tidak pernah putus asa dan menyerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Keunggulan AC Multi Split yang Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

AC sudah menjadi salah satu perangkat elektronik penting yang harus ada di rumah, apalagi untuk masyarakat yang tinggal di...
error: Kalau mau copas untuk tugas boleh hubungi kontak aku. Kalau untuk maling mending gausah, haha.