Ini dia 5 Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Mudah

Saat datang bulan tiba, sebagian besar wanita merasakan tidak nyaman di perutnya. Bahkan tak jarang merasakan nyeri haid yang berat hingga dapat mengganggu aktivitas harian. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meredakan nyeri haid, karena nyeri haid atau dismenore merupakan kondisi yang terjadi saat sebelum ataupun sewaktu haid. Nyeri ini biasanya terjadi selama beberapa hari, dan bisa hilang sendiri.

Cara Meredakan Nyeri Haid yang Sangat Mengganggu

Meski begitu, rasa tidak nyaman dan nyeri haid yang parah seringkali dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Nyeri haid dapat disebabkan beberapa hal seperti kontraksi otot yang terjadi pada rahim hingga peningkatan zat prostaglandin di tubuh.

Apabila Anda sering mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba beberapa cara meredakan nyeri haid tanpa bantuan obat berikut ini.

Kompres menggunakan air hangat

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengompres air hangat. Caranya yaitu dengan mengisi air hangat dalam botol atau bisa dengan bantal pemanas. Lalu kompres pada bagian perut serta punggung bagian bawah selama 15 sampai 20 menit. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari.

Baca juga: Muncul Flek Cokelat Sebelum Haid? Ini dia Ternyata Penyebabnya!

Panas yang dihantarkan dari air hangat tersebut bisa mengendurkan otot serta meredakan kram yang Anda rasakan. Manfaat lainnya yaitu dapat membantu otot rahim maupun organ lainnya rileks sehingga nyeri haid berkurang.

Mengompres dengan air hangat diyakini sama efektifnya dengan Anda mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Melakukan olahraga ringan

Biasanya orang berpikir ketika nyeri haid menyerang, maka tidak boleh melakukan olahraga. Padahal, melakukan olahraga ringan mampu membantu meredakan nyeri haid yang Anda alami.

Melakukan aktivitas aerobik dengan intensitas rendah selama 30 menit. Maka kram perut Anda dapat berkurang. Anda bisa melakukan latihan ini 3 hari dalam 1 minggu.

Baca juga: Ini dia Tips Mengetahui Masa Subur dengan Mudah

Selain aerobik intensitas rendah, melakukan yoga juga dianjurkan untuk meredakan nyeri haid. Bahkan ada penelitian menyebutkan seorang wanita yang melakukan yoga selama 60 menit dalam seminggu dapat mengurangi rasa nyeri haid.

Olahraga ringan lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu jalan kaki, bersepeda, jogging, peregangan menari dan lain-lain. 

Perawatan akupuntur

Ingin meredakan nyeri haid dengan nyaman dan tenang bisa dengan melakukan perawatan akupuntur. Hasil penelitian yang dipublikasikan PLOS One menyebutkan bahwa akupuntur bisa meredakan nyeri haid dan kram perut.

Dengan melakukan akupuntur, bisa melepaskan hormon endorfin, mengurangi peradangan serta membantu Anda merasa lebih rileks. 

Pijat

Untuk mengatasi nyeri haid berikutnya bisa dilakukan dengan melakukan pijatan lembut di perut. Lakukanlah gerakan melingkar selama 5 menit.

Baca juga: Ini Dia Cara Online Dan Manual Untuk Menghitung Masa Subur Wanita

Gunakan minyak kelapa atau minyak esensial seperti cengkeh, lavender atau kayu manis. Minyak esensial tersebut memiliki sifat anti nyeri dan anti radang yang mampu meredakan nyeri haid. Jika tidak ada minyak kelapa atau minyak esensial, Anda juga bisa menggunakan kompres hangat saat memijat perut.

Mengubah pola makan

Saat terjadi kram perut, melakukan perubahan pola makan bisa membantu meredakan nyeri haid. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, kacang-kacangan, sayuran hingga biji-bijian.

Penuhi asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Sebab dehidrasi bisa jadi penyebab terjadinya kram perut. Selain itu jangan sampai terlambat makan.

Nah itu tadi beberapa cara meredakan nyeri haid tanpa bantuan minum obat. Saat nyeri melanda hindarilah minuman berkafein sebab bisa meningkatkan dehidrasi.

Sebaiknya hentikan juga aktivitas berat yang sedang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top