Inilah Harapan untuk Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Depan

Inilah Harapan untuk Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Depan

books, student, study-1012088.jpg

Inilah Harapanku untuk Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Depan

Akses pendidikan tinggi menjadi salah satu permasalahan yang paling aku sorot sejak merasakan berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Pulau Jawa. Sebagai orang yang 12 tahun mengenyam pendidikan di luar Pulau Jawa, gap pendidikan antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa begitu aku rasakan.

Akses pendidikan tinggi menjadi salah satu permasalahan yang paling aku sorot sejak merasakan berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Pulau Jawa. Sebagai orang yang 12 tahun mengenyam pendidikan di luar Pulau Jawa, gap pendidikan antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa begitu aku rasakan. Aku merasa bahwa pendidikan di Pulau Jawa memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan pulau-pulau lainnya di Indonesia, terutama pada pendidikan tingginya. Mulai dari tenaga pengajarnya, fasilitas pembelajaran, akreditasi, dan masih banyak lagi.

Gap pendidikan tinggi di Indonesia bisa kita lihat dari pemeringkatan tiap tahunnya, hampir dari seluruh lembaga survey memperlihatkan Perguruan Tinggi dari Pulau Jawa yang mendominasi peringkat teratas. Menurutku, ini merupakan hal yang perlu dibenahi dari pendidikan tinggi di negara kita.

Harapan Untuk Pendidikan Tinggi di Indonesia

Padahal pendidikan merupakan pondasi yang dapat membantu Indonesia meraih cita-citanya menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045. Maka dari itu, pentingnya melakukan pemerataan akses ke layanan pendidikan tinggi yang berkualitas agar setiap generasi muda mendapatkan pendidikan tinggi yang layak sehingga bisa bersaing di masa yang akan datang. Selain itu, dengan mendapatkan akses pendidikan tinggi yang layak juga akan membentuk karakter dan mental sebagai generasi yang unggul dan siap mengelola kekayaan-kekayaan Indonesia nantinya.

Pemerintah Indonesia lewat Kemendikbudristek sebenarnya telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi masalah pemerataan pendidikan ini lewat menghadirkan program-program terbaiknya, seperti Merdeka Belajar.

Tak hanya itu saja, harapan saya di masa yang akan datang akan semakin banyak inovasi-inovasi yang bisa menjadi solusi dari tidak meratanya akses pendidikan tinggi di Indonesia. Apalagi kini kita tengah memasuki era transformasi teknologi digital. Dengan memanfaatkan teknologi digital dengan baik, saya harap bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memberikan pembelajaran bagi kita untuk bisa beradaptasi secara cepat dengan segala perubahan yang terjadi, termasuk di dunia pendidikan. Walaupun kin sudah banyak perguruan tinggi yang melakukan pembelajaran secara tatap muka, tetapi penggunaan platform digital masih tetap digunakan sehingga mendukung proses pembelajaran. 

Perguruan Tinggi Negeri ternama bisa berkolaborasi dengan daerah-daerah di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti Metaverse atau Augmented Reality agar mahasiswa-mahasiswa berada di daerah yang memiliki kualitas pendidikan kurang memadai bisa merasakan hal yang sama walaupun secara virtual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top