8+ Kelebihan WordPress Dibandingkan Platform Lainnya

8+ Kelebihan WordPress Dibandingkan Platform Lainnya 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Berbicara mengenai kelebihan WordPress jadi ingat aku sudah lama banget menggunakannya. Tak terasa, sudah bertahun-tahun lamanya aku menggunakan WordPress sebagai CMS (Content Management System) utama untuk mendukung kegiatan ngeblogku. Alasanku memilih menggunakan WordPress sebagai platform utama adalah dikarenakan banyaknya kelebihan yang ditawarkannya.

Tak hanya aku saja yang merasakan kelebihan WordPress bila dibandingkan CMS blog lainnya seperti Blogspot/Blogger, Tumblr, WordPress gratisan, dan yang lainnya, temen-temen sesama bloger pun mengatakan hal yang sama: “WordPress banyak kelebihannya!”

Tak bisa dipungkiri, sebagai orang yang sebelumnya menggunakan Blogspot sebagai platform/CMS utama untuk blogging, setelah migrasi ke WordPress merasakan banyak banget kelebihannya. Tak heran apabila ketika membaca data dari W3Techs yang menyatakan bahwa 34,5% website di dunia dibangun menggunakan WordPress.

Awal Mula Tertarik dengan WordPress

Seperti blogger pemula lainnya, dulunya aku tidak tahu banyak dengan jenis platform blog yang ada di dunia, yang aku tahu hanya ada Blogspot/Blogger saja. Seiring dengan berjalannya waktu aku jadi tahu bahwa ada platform blogging lain selain Blogspot, yaitu WordPress.

Nama WordPress sungguh menyita perhatianku, ditambah testimoni-testimoni positif dari rekan-rekan bloger yang lain mengenai WordPress membuatku semakin penasaran untuk mencobanya.

Singkat cerita dan aku pun mencobanya, dan kamu tahu apakah yang terjadi? Ya, aku takjub banget! Seumur hidupku tak pernah menemukan platform blog sekeren ini.

Kelebihan WordPress Dibandingkan Platform Blogging Lainnya

Kelebihan WordPress Dibandingkan Platform Blogging Lainnya
Kelebihan WordPress

Nah, di tulisan kali ini aku akan membahas apa-apa saja sih kelebihan WordPress bila kita bandingkan dengan platform blogging lainnya? Sebelum aku membahasnya, sekadar informasi aja nih, di sini aku membahas mengenai platform WordPress.org ya, bukan WordPress.com.

Gratis dan Open Source

Kelebihan WordPress pertama adalah gratis. Sama dengan kebanyakan platform blogging lainnya, WordPress juga bisa kita gunakan tanpa harus membayar sepeserpun alias gratis dan juga open source. Hanya saja untuk menggunakannya kita membutuhkan web hosting dan domain agar website kita bisa dioperasikan.

Sekarang tak perlu khawatir dalam memilih web hosting yang berkualitas untuk membangun website atau blog WordPress kamu, pasalnya sudah banyak provider hosting yang menyediakan WordPress hosting nomer 1 dengan harga yang terjangkau. Sangat cocok untuk pemula!

Banyak Pilihan Plugin yang Membantu

Banyaknya pilihan plugin yang tersedia menjadi kelebihan dari WordPress berikutnya. Buat temen-temen yang belum tahu, plugin ini merupakan tools dari WordPress yang memungkinkan kita untuk menambah berbagai fitur menarik ke dalam website yang kita miliki.

Dengan adanya plugin kita bisa mengubah website yang kita miliki sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pengin bikin website toko online? Tenang ada plugin WooCommerce yang siap membantu. Pengin bikin website forum komunitas? Ada plugin Budypress atau Bbpress yang siap mewujudkannya. Dan segudang plugin menarik lainnya ada di WordPress!

Berbagai Pilihan Tema Menarik

Di repository WordPress sendiri ada lebih dari 7000 pilihan tema yang tersedia di sana. Hal ini memungkinkan untuk membuat tampilan website atau blog kita menjadi semenarik mungkin. Ada banyak pilihan tema tersedia, mulai dari tema untuk blog pribadi, sekolah, komunitas, toko online, dan masih banyak lagi.

Yang aku sukai dari tema-tema yang ada di WordPress adalah kustomisasi-nya mudah banget, kita tidak membutuhkan skill coding untuk membuat tampilan web kita semakin menarik. Mulai dari mengubah font, warna, tata letak, dan lainnya bisa dilakukan dengan mudah.

Lebih Aman dari Berbagai Ancaman Keamanan

Keamanan sebuah data website tentunya penting banget dan harus menjadi perhatian utama kita. Nah, WordPress dari dulu sudah dikenal dengan tingkat keamanannya yang baik. Hal ini dibantu dengan adanya plugin-plugin security yang bisa kita pasang dengan mudahnya lewat WordPress.

Buat kamu yang masih khawatir dengan keamanan privasi dan data website kamu mungkin bisa membaca mengenai cara bikin proxy agar jadi lebih tahu bagaimana cara meningkatkan keamanan sebuah situs web.

Multifungsi, Bisa Dibikin Apa Aja

Multifungsi menjadi keunggulan dari WordPress selanjutnya. Dengan adanya fitur plugin dan tema memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk membuat web WordPress-nya jadi apa aja, mulai dari toko online, forum komunitas, landing page, dan lainnya bisa dibuat dengan mudah.

Mobile Friendly, Bisa Diakses di Segala Perangkat

Keunggulan dari WordPress berikutnya adalah mobile friendly, ini artinya website kamu yang dibangun menggunakan CMS WordPress bisa dengan mudahnya diakses lewat perangkat apa saja, karena nantinya tampilan web akan menyesuaikan dengan tampilan layar dari suatu perangkat.

Mudah Dipelajari, Tutorialnya Banyak

Jika kamu mengira mengoperasikan WordPress bakalan susah, kamu salah besar. Tak kalah dengan platform lainnya, WordPress mudah banget untuk dipelajari. Pasalnya menu-menu yang tersedia di WordPress bisa diakses dengan mudah, banyak pilihan bahasa, panduannya pun banyak bertebaran di internet.

Lebih “Gahar” di Mesin Pencari

Dan selanjutnya yang merupakan keunggulan dan juga kelebihan dari WordPress yang membuat banyak orang beralih menggunakannya adalah ini, optimasi SEO jadi lebih mudah.

Hal ini dikarenakan adanya bantuan plugin SEO yang membantu kamu mengoptimasi web di mesin pencari semakin mudah. Ditambah permalink dari postingan artikel yang bisa diubah jadi lebih singkat sehingga lebih SEO Friendly.

Komunitas yang Besar

Seperti yang sudah aku sebutkan di awal tulisan tadi, bahwa banyak dari website di dunia ini yang dibangun menggunakan WordPress. Ini menjadikan banyaknya komunitas pengguna WordPress yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Besarnya komunitas pengguna WordPress ini bikin memudahkan kita mendapatkan relasi teman sefrekuensi, memudahkan tanya jawab, ketemuan, dan masih banyak lagi.

Demikianlah tulisan kali ini yang membahas mengenai kelebihan WordPress bila dibandingkan dengan Blogspot atau platform blogging lainnya. Semoga tulisan kali ini bisa memberikan manfaat buat kamu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

6 Cara Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Setiap perusahaan pastinya menginginkan memiliki pelanggan yang selalu setia terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Meski mempertahankan pelanggan...