Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang untuk Pertumbuhan Anak – Siapa yang tidak setuju makanan bergizi seimbang merupakan suatu hal penting bagi pertumbuhan anak. Namun tak bisa kita pungkiri, masih banyak orang tua yang tidak terlalu mempedulikan apa yang dikonsumsi oleh buah hatinya.

Perlu kita ketahui, memberikan makanan bergizi seimbang untuk buah hati kita merupakan hal penting yang harus kita perhatikan dengan seksama. Karena masih banyak dari para orang tua yang tidak memerhatikan dengan serius apa saja asupan gizi untuk buah hatinya.

Maka dari itu, pentingnya untuk para orang tua mengetahui betapa pentingnya makanan bergizi seimbang bagi pertumbuhan buah hati. Dalam tulisan kali ini, saya akan membagikan apa-apa saja makanan bergizi seimbang itu.

Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang untuk Pertumbuhan Anak

Sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa negara-negara di dunia memiliki peraturan pola makan seimbang yang berbeda-beda. Pola makanan bergizi seimbang di setiap negara itu dipengaruhi oleh banyak hal seperti sumber daya alamnya, keadaan fisik suku dan ras, dan kebutuhan gizinya yang berbeda.

Maka dari itu, tanpa basa-basi lagi berikut adalah pola makanan bergizi seimbang yang harus kamu ketahui.

Makanan Pokok

Pertama itu adalah makanan pokok. Untuk mendapatkan pola makanan bergizi seimbang, makanan pokok haruslah dengan porsi 3-4 dalam satu harinya. Makanan pokok adalah makanan yang mengandung karbohidrat untuk energi si kecil. Tak harus berupa nasi, orang tua bisa menggantikannya dengan umbi-umbian, jagung, kentang, dan lainnya.

Buah-buahan dan sayuran

Komponen makanan bergizi seimbang berikutnya adalah buah buahan dan sayur sayuran, yang perlu diingat, orang tua haruslah membuat jumlah porsi sayur-sayuran lebih banyak dibandingkan buah-buahan. Hal ini berguna untuk mencukupi nutrisi si kecil. Porsi yang direkomendasikan ialah 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah dalam satu harinya.

Memerhatikan asupan protein

Selanjutnya adalah dengan memerhatikan asupan protein pada anak. Perlu diketahui, bahwa protein merupakan nutrisi penting membantu tumbuh kembang bagi anak sebagai penyusun sel-sel tubuh. Maka dari itu, perlu setiap harinya anak diberikan makanan dari sumber protein hewani atau nabati. Protein hewani seperti daging ayam, telur,  Porsi protein yang direkomendasikan adalah 2-4 porsi dalam satu harinya.

Mengonsumsi air putih yang cukup

Selanjutnya adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Tak bisa dipungkiri bahwa air putih merupakan asupan penting bagi tubuh kita. Maka dari itu, penting para orang tua mengarahkan buah hatinya untuk rutin mengonsumsi air putih yang cukup. Biasanya air putih yang cukup itu minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

Membatasi mengonsumsi makanan atau minuman manis, asin, dan berminyak

Dan yang terakhir ini nih penting banget, yaitu membatasi mengonsumsi makanan ataupun minuman manis, asin, dan berminyak secara berlebihan. Tak bisa dipungkiri, makanan ataupun minuman yang rasanya manis, asin, dan berminyak disukai oleh anak-anak.

Namun, yang enak belum tentu baik untuk tubuh. Contohnya saja dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis, akan berdampak pada naiknya gula darah pada anak sehingga membuat anak jadi lebih hiperaktif.

Sedangkan makanan berminyak terutama minyaknya yang banyak banget memiliki kalori yang lebih tinggi bila kita bandingkan makanan dengan jumlah minyaknya sedikit, seperti makanan yang dipanggang, direbus, atau dibakar. Kalori yang tinggi membuat anak berisiko mengalami obesitas ataupun memiliki berat badan yang berlebih yang berbahaya bagi kesehatan

Demikianlah tulisan kali ini mengenai pentingnya makanan bergizi seimbang. Semoga apa yang sampaikan bisa bermanfaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here