Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran untuk Kesehatan – Sebelumnya, aku membagikan tulisan tentang kesehatan juga, tepatnya mengenai Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen sekarang aku akan membagikan tulisan mengenai manfaat dari mengonsumsi buah dan sayuran bagi kesehatan.

Nah, penting bagi kita untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari  baik mentah maupun dimasak. Jumlah harian yang disarankan untuk anak-anak dan remaja tergantung pada usia, selera, dan tingkat aktivitas mereka.

Disarankan bagi kita semuanya untuk menyajikan buah dan sayuran setiap hari berdasarkan usia untuk Gaya Hidup SehatAgar tak membingungkan, kamu sudah menyediakan gambaran sederhana konsumsi buah dan sayuran berdasarkan tingkat usia.

Usia       Buah      Sayuran

4-7          1-2              2-4

8-11       1-2              3-5

12-18     3-4              4-9

Catatan: Satu porsi buah adalah 150 gram (sama dengan 1 apel ukuran sedang; 2 potong lebih kecil (misalnya aprikot); 1 cangkir buah kaleng atau cincang; ½ cangkir (125ml) 99% jus buah tanpa pemanis; atau 1½ sendok makan buah kering ).

Satu porsi sayuran adalah 75 gram (sama dengan ½ cangkir sayuran matang; 1 kentang sedang; 1 cangkir sayuran salad; atau ½ cangkir kacang polong yang dimasak (kacang kering, kacang polong atau lentil).

Buah segar adalah pilihan yang lebih baik daripada jus

Sementara buah utuh mengandung beberapa gula alami yang membuatnya terasa manis, ia juga memiliki banyak vitamin, mineral, dan serat, yang membuatnya lebih mengenyangkan dan bergizi daripada segelas jus buah.

Satu gelas kecil jus memberikan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi anak-anak. Sayangnya, banyak anak secara teratur minum jus dalam jumlah besar dan ini dapat menyebabkan mereka menambah berat badan berlebih.

Cara membuat anak-anak dan remaja makan lebih banyak buah dan sayuran

Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran untuk Kesehatan 1
manfaat buah dan sayuran

Makan lebih banyak buah dan sayuran setiap hari terkadang bisa menjadi perjuangan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung melakukannya jika tersedia dan siap untuk dimakan. Anak-anak mungkin perlu mencoba buah dan sayuran baru hingga 10 kali sebelum mereka menerimanya.

Beberapa ide untuk dicoba:

Libatkan seluruh keluarga dalam memilih dan menyiapkan buah dan sayuran. Pilih buah dan sayuran yang sedang musim rasanya lebih enak dan biasanya lebih murah. Simpan semangkuk buah segar di rumah.

Jadilah kreatif dalam cara Anda mempersiapkan dan menyajikan buah dan sayuran seperti mentah, diiris, parut, microwave, dihaluskan atau dipanggang; sajikan buah dan sayuran berwarna berbeda atau gunakan piring saji atau mangkuk yang berbeda.

Sertakan buah dan sayuran di setiap makanan. Misalnya, tambahkan sayuran cincang, parut atau bubur ke saus pasta, burger daging, frittatas, tumis kentang goreng dan sup, dan tambahkan buah ke sereal sarapan.

Camilan buah dan sayuran. Cobalah jagung rebus; kentang jaket atasnya dengan keju rendah lemak; popcorn biasa (tidak beraspal dan tanpa gula atau lapisan garam); sayuran cincang dengan saus salsa, hummus atau yoghurt; buah rebus; buah hancur; buah beku.

Cobalah buah-buahan atau sayuran berbeda pada roti panggang Anda pisang, jamur atau tomat. Tambahkan buah cincang atau bubur ke yoghurt biasa. Buat smoothie buah dengan buah segar, beku atau kalengan (dalam jus alami atau tanpa gula).

Campur dengan susu rendah lemak dan yoghurt. Potong beberapa buah atau stik sayuran untuk kotak makan siang. Dimusim panas, bekukan buah di tusuk sate (atau campur dengan yoghurt sebelum dibekukan) untuk camilan menyegarkan. Jika tidak suka, kamu juga bisa mencoba Kopi Jujur untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Buat makanan penutup berbahan dasar buah (seperti buah yang hancur atau dipanggang, rebus atau rebus) dan sajikan dengan puding lemak yang berkurang karena hal ini dapat menjaga Gaya Hidup Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here