Manfaat Sabun Cuci Tangan Bagi Kesehatan – Di masa pandemi virus Covid-19 seperti sekarang ini yang terkadang terasa memuakkan bagi banyak orang ternyata juga memberikan banyak hikmah atau dampak positif bagi banyak orang, salah satunya adalah orang-orang jadi lebih memerhatikan kebersihan tubuhnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh para ahli kesehatan di dunia, salah satu penyebab dari virus corona menginfeksi seseorang adalah dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan bersih, contohnya tidak mencuci tangan ketika sudah memegang sesuatu entah itu benda atau yang lainnya ketika berada di luar rumah.

Kenapa mencuci tangan begitu penting ketika wabah virus corona melanda seperti sekarang ini? Menurut informasi yang saya dapatkan, salah satunya dari situs kesehatan Halodoc.com menyebutkan bahwa virus corona dapat bertahan 2 hingga 8 jam di suatu permukaan benda. Maka dari itu, diperlukannya kesadaran diri untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Selain itu, ternyata ada banyak manfaat lainnya loh jika kita rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Sangat beruntung tentunya bagi kamu yang sekarang sudah terbiasa mencuci tangannya menggunakan sabun cuci tangan, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini.

Membantu Mencegah Penyakit Berbahaya

Manfaat pertama dari mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan adalah dapat membantu mencegah timbulnya penyakit berbahaya. Walaupun nampaknya sepele, nyatanya manfaat yang kita dapatkan besar sekali dengan rajin mencuci tangan, salah satunya seperti membantu mencegah penyakit berbahaya seperti infeksi dari parasit, penyakit diare, pneumonia, sampai dengan mencegah wabah seperti Corona,

Kenapa bisa sebegitu besarnya manfaat dari mencuci tangan? Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan sarang virus dan bakteri yang masuk ke tubuh kita berasal dari tangan kita yang biasanya menyentuh sembarangan, entah itu seperti berjabat tangan, memegang pintu, uang, fasilitas umum, dan lainnya. Dengan rajin mencuci tangan, risiko penularan penyakit berbahaya bisa diminimalisir.

Mencegah Terhindar dari Infeksi Mata

Selanjutnya yang merupakan manfaat dari mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan adalah mencegah kita terhindari infeksi mata. Banyak dari kita yang mungkin pernah mengalami mata menjadi merah, kering, gatal, dan gangguan mata lainnya.

Salah satu penyebab terjadinya infeksi mata seperti di atas adalah dikarenakan tangan yang kotor namun digunakan untuk mengucek-ngucek mata. Seperti yang kita ketahui bersama, mata merupakan salah satu organ vital sensitif yang terdapat tubuh kita, sehingga kita harus berhati-hati dalam menjaganya. Tangan yang kotor berpotensi memindahkan bakteri atau kuman yang berada di tangan berpindah ke mata, sehingga mata terjadi infeksi.

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah pemilihan waktu yang tepat untuk cuci tangan, jangan sampai waktu melakukan cuci tangan kita salah, bukannya kuman dan bakteri hilang malah makin banyak nantinya.

Berdasarkan saran dari para ahli kesehatan, mencuci tangan yang baik itu dilakukan secara rutin ketika sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Kenapa begitu? Karena seperti yang disebutkan di atas tadi, kita tidak tau menyentuh apa saja tadi, yang mana takutnya apa yang kita sentuh tadi bersarang kuman dan virus.

Selain itu, para ahli kesehatan juga menyarankan kita untuk mencuci tangan ketika sesudah memegang binatang, entah itu binatang peliharaan kita sendiri apalagi ketika sesudah menyentuh binatang liar yang berada di luar.

Kesimpulannya, mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan sangat amat penting bagi kesehatan kita. Jangan sampai kita lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun selepas melakukan berbagai aktivitas, terutama aktivitas di luar rumah. Demikianlah tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here