Minuman yang Tepat Untuk Dikonsumsi Agar Lebih Sehat – Minum air putih dengan cukup adalah cara terbaik untuk menghilangkan dahaga ketika selesai beraktivitas dan membutuhkan pengganti cairan. Bahkan minum air putih itu lebih baik bila dibandingkan dengan semua gula dan energi (kilojoule) yang terdapat dalam minuman jus buah, minuman ringan, minuman olahraga dan air mineral rasa.

Baca juga: Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Minum air putih yang cukup adalah hal yang bagus untuk kesehatan, jangan pula minuman manis juga mencegah masalah gigi, sedangkan fluoride yang ditemukan dalam air ledeng dapat membantu menjaga kesehatan, memperkuat gigi dan tulang.

Pentingnya Memilih Minuman yang Tepat Untuk Dikonsumsi

Pentingnya Memilih Minuman yang Tepat Agar Tubuh Lebih Sehat 1
Pentingnya Minuman yang Tepat

Jika kamu ingin memilih minuman yang tepat untuk dikonsumsi mungkin susu bisa menjadi pilihannya. Susu merupakan minuman bergizi untuk anak-anak dan remaja dan sumber kalsium yang bagus, yang penting untuk menumbuhkan tulang dan gigi yang kuat. Sejak usia 2 tahun, anak-anak harus minum susu rendah lemak.

Ini mengandung banyak nutrisi yang sama seperti susu full cream tetapi lebih rendah lemak jenuh yang tidak sehat dan lebih rendah energi (kilojoule).

Anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh minum susu rendah lemak karena mereka membutuhkan energi ekstra (kilojoule) untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Berbeda dengan susu, memberikan anak-anak dan remaja buah utuh untuk dimakan adalah pilihan yang lebih baik daripada menawarkan jus buah untuk diminum.

Sementara buah utuh mengandung beberapa gula alami, yang membuatnya terasa manis, ia juga memiliki banyak vitamin, mineral, dan serat, yang membuatnya lebih mengenyangkan dan bergizi daripada segelas jus buah.

Apa Saja Mengonsumsi Jus Buah untuk Menjaga Kesehatan?

Satu gelas kecil jus memberikan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi anak-anak. Sayangnya, banyak anak secara teratur minum jus dalam jumlah besar dan ini dapat menyebabkan mereka menambah berat badan berlebih.

Minuman manis: minuman ringan, cordial, dan minuman olahraga

Minuman ringan, cordial, minuman olahraga, dan air mineral bercitarasa sering mengandung banyak gula dan kilojoule. Faktanya, sekaleng minuman ringan mengandung sekitar 10 sendok teh gula. Minum terlalu banyak minuman manis dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk kerusakan gigi.

Nafsu makan yang buruk, pilih-pilih makanan, perubahan kebiasaan buang air besar dan menambah berat badan. Minuman ini hanya boleh dikonsumsi sesekali tidak setiap hari. Tips untuk membantu Anda minum lebih banyak air:

  • Bungkus botol air setiap kali Anda pergi
  • Di musim panas, bungkus botol air beku di kotak makan siang anak Anda
  • Jangan menyimpan minuman manis di rumah; sediakan air dingin sebagai gantinya
  • Sederhanakan minuman manis – seperti cordial atau jus buah untuk waktu yang singkat dan kemudian mulai ganti dengan air biasa
  • Saat bermain olahraga, dorong anak-anak untuk minum air putih daripada minuman olahraga atau minuman berenergi
  • Sajikan air putih dalam kendi hias. Tambahkan irisan lemon, jeruk atau mint untuk rasa dan, di musim panas, tambahkan es batu agar tetap dingin
  • Sajikan minuman manis dalam gelas kecil dan hanya sesekali tidak setiap hari

Ingat:

Pilih air sebagai minuman dan makan buah. Minuman manis seperti minuman ringan, minuman jus buah, cordial, minuman berenergi dan olahraga bukan bagian penting dari diet sehat. Secara teratur menawarkan minuman manis membuat lebih sulit untuk memilih air sebagai minuman.

Jika minuman manis ada dalam menu, cobalah untuk tidak memasukkannya setiap hari dan pilih opsi yang lebih sehat, seperti versi minuman favorit yang encer. Ini masih akan memuaskan dahaga Anda, tetapi tanpa kelebihan gula dan kilojoule yang tidak dapat Menjaga Kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here