Tips Biar Materi Pelajaran Cepet Masuk ke Dalam Otak! Apa Aja? 

Tips Biar Materi Pelajaran Cepet Masuk ke Dalam Otak! Apa Aja? 

library, books, shelves-922998.jpg

Bagaimana progress persiapan untuk ujian masuk perguruan tinggi? Pasti kamu sudah melahap beragam materi, modul, dan latihan soal, ya.

Tak heran, hal yang perlu disiapkan untuk keperluan ujian masuk perguruan tinggi memang sangat banyak. Mulai dari belajar materi pelajaran hingga latihan soal yang segudang, calon mahasiswa dituntut untuk menjalaninya dengan sungguh-sungguh jika ingin hasil yang maksimal.

Sayangnya, beberapa hambatan kerap kali ditemui oleh para siswa ketika belajar untuk keperluan ujian, salah satunya susahnya proses menghafal materi pelajaran yang jumlahnya seabrek.

Permasalahan ini bak momok yang menghambat proses belajar siswa. Pasalnya, seorang siswa dituntut menghafal dan memahami materi dalam waktu yang relatif singkat. Apakah kamu termasuk salah satu yang mengalaminya?

Tak perlu khawatir, Quipper siap jadi teman belajarmu! Dengan ribuan materi pelajaran dan modul latihan soal yang bisa kamu akses kapanpun, kelas online Quipper adalah opsi tepat tempat bimbel online terbaik.

Selain itu, Quipper punya coach yang asyik dan siap membimbingmu belajar hingga paham dan hafal. Jadi, belajar untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi pun akan jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Semangat Belajar Ketika Daring

Nah, Quipper punya tips bermanfaat khusus untuk Quipperian yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Dengan tips ini, proses belajar dan hafalan akan jadi lebih mudah. Penasaran? Simak selengkapnya!

Tips Hafalan Nempel di Otak dengan Teknik Feynman

Salah satu teknik yang tokcer untuk belajar adalah Teknik Feynman. Diturunkan dari pemikiran seorang fisikawan peraih Nobel Prize 1965, Richard Feynman, teknik ini digadang-gadang dapat meningkatkan potensi seseorang untuk memahami suatu materi dengan baik. Simak penjelasannya berikut ini!

Tulis yang Didengar dan Dilihat

Ketika mendengarkan atau membaca suatu materi pelajaran, usahakan untuk selalu mencatatnya, baik itu di buku catatan, di aplikasi notes ponsel, atau di manapun. Mengapa kamu harus mencatat?

Faktanya, dengan mencatat tiap materi yang kamu pelajari, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya kembali kapanpun. Jadi, ketika kamu lupa akan materi tertentu, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya kapanpun lewat catatanmu.

Baca juga: Ini dia Tips Belajar Bahasa Inggris Online dengan Mudah

Tak hanya itu, ternyata, semakin sering kamu mencatat suatu materi, otakmu akan menyimpan materi tersebut pada bagian yang disebut hipokampus, tempat untuk menyimpan memori.

Dengan kata lain, ketika kamu mencatat, kamu punya peluang besar untuk mengingatnya di kemudian hari.

Buat Lebih Sederhana

Terkadang, faktor utama yang membuat materi pelajaran susah dihafal adalah karena banyaknya istilah-istilah rumit yang kurang familiar di telinga.

Nah, solusi dari permasalahan ini adalah dengan menyederhanakan materi pelajaran. Dengan menyederhanakannya, kamu akan lebih mudah menghafal materi tersebut.

Kamu bisa menghafalkan suatu materi dengan membuat visualisasinya atau membuat singkatan-singkatan tertentu.

Misalnya, untuk menghafalkan tabel periodik, kamu bisa menggunakan kalimat rangkaian kata yang cenderung mudah diingat, seperti Hari Libur Nanti Kita Rebut Csnya Feri untuk golongan 1A.

Dengan menyederhanakan materi sesuai dengan preferensi pribadi, niscaya materi pelajaran akan lebih gampang untuk kamu ingat.

Review Materi

Belajar suatu materi tentu tak cukup hanya sekali duduk saja. Kamu perlu melakukan review materi berulang selama beberapa kali hingga yakin telah paham benar.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Belajar Daring Menyenangkan

Nah, untuk mempersingkat waktu review materi, ada suatu trik yang bisa kamu terapkan, yaitu dengan memberi tanda pada poin-poin yang sulit diingat atau dipahami.

Nantinya, tanda tersebut dapat mempermudah kamu selama proses review materi. Selain mempersingkat waktu, kamu juga bisa memperkuat ingatan mengenai poin-poin yang sebelumnya susah kamu pahami tersebut.

Dengan begitu, kamu dapat memahami keseluruhan materi dengan lebih baik dan merata.

Jelaskan dengan Storytelling

Albert Einstein pernah berkata bahwa jika seseorang tidak dapat menjelaskan sesuatu hal secara sederhana, itu artinya orang tersebut belum cukup paham. Jadi, salah satu cara untuk membuktikan paham tidaknya seseorang akan suatu materi adalah dengan memintanya menjelaskan sesuatu dengan sederhana.

Nah, kamu bisa berlatih untuk memperkuat alur berpikir dan pemahaman akan suatu materi dengan cara latihan storytelling. Umpamakan kamu sedang memberikan penjelasan materi kepada seorang anak kecil yang tak punya basic ilmu terkait materi tersebut.

Dengan melakukan ini berulang-ulang, kamu bisa memperkuat pemahaman dan hafalan dari waktu ke waktu. Kemudian, kamu bisa melakukan tes pemahaman melalui lancar tidaknya kamu menerangkan materi tersebut kepada orang lain.

Jika kamu bisa menjelaskan materi tersebut dengan sederhana dan berhasil membuat orang tersebut paham, maka bisa dipastikan kamu sudah cukup paham akan materi tersebut.

Quipper, Solusi Tepat untuk Mudah Pahami Materi Pelajaran

Itulah sederet tips membuat materi pelajaran lebih cepat dihafal dan dipahami berdasarkan Teknik Feynman. Mulai dari rajin mencatat, menyederhanakan materi, melakukan review, hingga menjelaskan lewat storytelling, teknik tersebut wajib kamu coba untuk membuat materi pelajaran jadi gampang dihafal dan dipahami.

Nah, jika kamu ingin belajar jadi lebih mudah nempel di otak, daftar dan jadilah bagian dari bimbel Quipper sekarang juga. Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan di platform konsultasi belajar terbaik Quipper. Kalau kamu merasa sederet tips di atas masih sulit untuk diterapkan secara langsung, kamu bisa mengandalkan Quipper Video sebagai solusi terbaik untuk merangkum pembelajaran yang ada.

Video pembelajaran merupakan salah satu fitur unggulan tersedia di Quipper, yang dapat kamu gunakan untuk mengulang kembali materi pelajaran yang pernah dipelajari melalui penjelasan Super Teacher, hingga melakukan ulasan balik materi-materi yang ada.

Karena rangkumannya sudah tersedia dalam materi yang kamu pilih, ini akan memudahkan kamu untuk mengulas materi dan belajar kapan saja di mana saja. Tinggal buka kembali materi pelajaran yang ingin kamu ulas dan lakukan review.

Quipper memberikan fasilitas belajar interaktif dengan cara yuk klik disini sehingga proses belajar jadi cepat dipahami. Kuasai materi pelajaran dan jadilah makin siap menghadapi ujian masuk perguruan tinggi hanya di Quipper!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top