Tips Memilih Seragam Sekolah yang Berkualitas Pendidikan merupakan hal penting yang harus kita tempuh agar menjadi seorang yang cerdas dan memiliki pemikiran yang terdidik. Di negara kita Indonesia, salah satu cara menempuh pendidikan adalah dengan bersekolah.

Pemerintah sendiri mewajibkan setiap warga negaranya untuk bersekolah minimal 12 tahun lamanya, yaitu SD (Sekolah Dasar) enam tahun, SMP (Sekolah Menengah Pertama) tiga tahun, dan SMA  (Sekolah Menengah Atas) enam tahun.

Program wajib belajar dari pemerintah ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia, hal ini dibuktikan semakin menjamurnya sekolah-sekolah di berbagai daerah, bahkan di pelosok-pelosok sekalipun.

Tips Memilih Seragam Sekolah yang Berkualitas

Berbicara mengenai sekolah, salah satu hal yang kerap kali dibingungkan dan jadi perbincangan adalah bagaimana cara memilih seragam sekolah yang berkualitas. Banyak dari orangtua yang bingung bagaimana caranya memilih seragam sekolah dengan kualitas terbaik sehingga bisa digunakan oleh anaknya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbeda dengan memilih kemeja kerja atau seragam kantor, memilih seragam sekolah untuk anak-anak tidaklah boleh sembarangan. Karena anak-anak biasanya memiliki kulit yang lebih sensitif bila dibandingkan dengan orang dewasa.

Baca juga: Wajib Coba! Inilah 7 Tips Sukses dalam Menghadapi Ujian di Sekolah

Daripada kebingungan dan penasaran, berikut adalah tips memilih seragam sekolah yang berkualitas!

Memerhatikan bahan yang digunakan pada seragam

Pertama yang harus diperhatikan dalam membeli seragam untuk anak sekolah adalah dengan memerhatikan bahan yang digunakannya. Untuk seragam sekolah anak-anak, sebaiknyalah menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat, biasanya berbahan dasar katun. Selain itu seragam yang menggunakan bahan dasar katun juga terasa lebih dingin ketika digunakan.

Memerhatikan kualitas jahitan seragam

Yap, selanjutnya hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli seragam sekolah adalah kualitas jahitannya. Untuk seragam sekolah, pastikan memiliki kualitas jahitan yang baik dan kokoh sehingga lebih awet ketika digunakan, terutama pada bagian-bagian yang penting seperti kancing dan resleting, karena pada bagian itu sangat mudah lepas atau rusak.

Memilih ukuran yang tepat

Salah satu hal yang penting namun cukup sering diabaikan adalah memilih ukuran yang tepat untuk seragam. Sebaiknya dalam memilih seragam tidak boleh terlalu pas-pasan karena nantinya akan membuat seragam jadi cepat tidak bisa digunakan karena terlalu sempit, terutama bagi anak-anak sedang dalam usia pertumbuhan.

Baca juga: Menghadapi Ujian di Sekolah Semakin Percaya Diri

Sebaiknya pilihlah seragam dengan ukuran satu tingkat di atasnya. Dengan memilihkan pakaian seragam dengan ukuran sedikit besar tentu akan lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Memilih warna seragam yang tepat

Selanjutnya selain hal-hal di atas, yang tak kalah penting dari memilih seragam untuk anak sekolah adalah memilih warnanya. Karena banyak dari orangtua yang salah dalam memilih warna untuk pakaian sekolah anaknya. Maka dari itu, sebelum salah membeli sebaiknyalah tanya dengan detail seperti apa peraturan seragam di sekolah anak kamu.

Memilih toko yang tepat

Dan terakhir yang tak kalah penting dibandingkan poin-poin di atas adalah memilih toko yang menjual seragam sekolah dengan tepat. Pasalnya banyak dari penjual seragam sekolah yang bertebaran di pasaran. Namun yang harus kita ingat, penting memilih toko dengan reputasi yang bagus di kota anda!

Bagaimana, semoga bermanfaat ya tulisan kali ini. Demikianlah tulisan saya Tips Memilih Seragam Sekolah yang Berkualitas bisa bermanfaat, terutama bagi para orangtua yang sedang kebingungan memilih seragam sekolah untuk dipakai anaknya ketika sudah bersekolah normal nanti. Terima kasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here