6 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

6 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar 2
Muhammad Nur Ardi Handayathttps://www.handayat.com/
Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas yang tertarik pada dunia blogging, tulis-menulis, desain grafis, videografi, dan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital.

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang menyenangkan, namun hanya sedikit yang mengetahui tips merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar. Tak bisa dipungkiri, memiliki hewan nyatanya bisa memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan seseorang, misalnya:

  • Mengatasi rasa kesepian karena ada yang menemani.
  • Bisa membantu menurunkan tingkat stres.
  • Membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Melatih anak-anak jadi penyayang terhadap hewan.
  • dan masih banyak lagi.

Namun, dalam memelihara hewan tak boleh asal-asalan. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar si hewan tersebut bisa terus hidup dengan bahagia, terutama dalam masalah perawatannya, seperti kebersihan dan kesehatan si hewan tersebut. Beda jenis hewan beda pula metode dalam merawatnya.

Kebanyakan dari orang Indonesia menyukai hewan peliharaan seperti kucing, burung, ikan, dan kelinci untuk dipelihara di rumah. Alasan dari kebanyakan orang memilih untuk memelihara hewan-hewan tersebut dikarenakan mudah ditemukan dan (bisa dibilang) tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.

6 Tips Merawat Hewan Peliharaan dengan Baik dan Benar

Tips Memelihara Hewan
Tips Memelihara Hewan

Nah, di tulisan kali ini aku akan membagikan kepada kalian semua bagaimana tips memelihara hewan peliharaan dengan baik dan benar. Apa-apa aja sih yang harus dilakukan untuk memelihara hewan yang kita miliki dengan baik dan benar? Berikut adalah tipsnya untuk kalian semuanya!

Memerhatikan Kandang Hewan Peliharaan

Tips merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar yang pertama adalah dengan memerhatikan kandang hewan peliharaan. Banyak dari pemilik hewan peliharaan yang kurang memerhatikan kondisi kandang hewan peliharaannya.

Dalam penempatannya, sebaiknya kandang yang kamu miliki untuk hewan peliharaan ditempatkan di lokasi yang jauh dari keramaian, karena dapat menimbulkan kebisingan. Hal ini dikarenakan banyak hewan yang tak terbiasa dengan suasana yang bising karena bisa menimbulkan stres.

Dan yang paling penting dalam proses pemilihan ataupun pembuatan kandang untuk hewan peliharaan pastikanlah memiliki tempat khusus untuk membuang kotoran, agar lokasi di sekitar tempat peletakan kandang tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan bahan utama untuk pembuatan kandang, pastikanlah terbuat dari bahan yang aman dan diletakkan di tempat yang sejuk.

Memberikan Makan dan Minum 

Tak bisa dipungkiri, masih ada di sekitar kita orang-orang yang hanya sekadar memelihara hewan peliharaan tanpa memerhatikan asupan makanan dan minuman untuk hewan tersebut. Sebagian dari mereka beralasan karena kesibukan, hewannya bisa cari makan sendiri, dan berbagai alasan lainnya untuk tidak memberi makan pada hewan.

Padahal memberikan asupan berupa makanan dan minuman merupakan kewajiban kita sebagai pemilik hewan tersebut dan juga sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadapnya. Padahal memberikan makanan dan minuman bukanlah suatu hal yang sulit, sekarang sudah banyak tersedia toko-toko ataupun warung yang menjual kebutuhan makanan untuk hewan yang dipelihara.

Dalam pemberian makanannya pun tak perlu berlebihan, kamu bisa memberikan makanan kepada hewan yang kamu pelihara secukupnya saja. Karena jika kamu memberikannya secara berlebihan akan bisa membuat si hewan menjadi muntah dan kondisi kandang pun menjadi kotor.

Memerhatikan Kebersihan Kandang

Tak hanya sekadar memberikan kandang tempat ia tinggal, kebersihan kandang juga kamu harus perhatikan. Banyak dari pemilik hewan hanya sekadar memberikan kandang tanpa rutin memerhatikan kebersihan kandang dari hewan yang ia pelihara.

Dampaknya apa? Kandang bisa jadi kotor dan kumuh, sehingga bisa menimbulkan risiko terkena penyakit dan virus yang berbahaya bagi kesehatannya. Untuk membersihkan kandangnya kamu cukup menyisihkan waktu minimal satu kali setiap dua pekannya, tergantung jenis hewan yang kamu pelihara. Jika kamu memelihara hewan seperti burung dan ikan, kamu harus membersihkan kandangnya satu kali setiap pekannya.

Berikan Kasih Sayang dan Perhatian

Tak hanya manusia saja, hewan peliharaan yang kamu miliki juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari pemiliknya, dengan memberikan kasih sayang kepada hewan yang dipelihara akan membuatnya jadi lebih bahagia.

Contoh kecil dari memberikan kasih sayang dan perhatian kepada hewan peliharaan yang kita miliki adalah dengan mengelusnya, memberikan makan tepat waktu, dan mengajaknya bermain bersama.

Memberikan Perawatan Khusus

Selanjutnya tips merawat hewan peliharaan yang harus kamu lakukan adalah memberikan perawatan khusus kepada hewan yang kamu pelihara. Dalam memberikan perawatan khusus untuk hewan bisa disesuaikan dengan jenis hewan yang dipelihara.

Misalnya kucing, hewan ini sebaiknya dipotong bulunya setiap 4 bulan sekali guna untuk membantu pertumbuhan bulu barunya.

Rajin Membaca Informasi Tentang Hewan

Dan tips merawat hewan peliharaan yang terakhir adalah dengan rajin membaca informasi tentang hewan. Salah satu bentuk kasih sayang dan keseriusan kita dalam merawat hewan yang kita miliki adalah dengan rajin membaca informasi tentang hewan yang dipelihara.

Karena dengan rajin membaca informasi seputar hewan peliharaan yang kita miliki akan menambah wawasan kita dan membuat kita bisa memperlakukannya dengan baik dan benar.

Website Zona Hewan
Website Zonahewan.com

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudahnya mengakses banyak informasi seputar hewan yang kita pelihara dengan menggunakan akses internet. Salah satu rekomendasi website yang membahas mengenai hewan dengan lengkap yang bisa kamu jadikan referensi bahan bacaan adalah Zonahewan.com

Di web Zonahewan.com kamu bisa menemukan beragam artikel yang membahas seputar hewan, mulai dari burung, ikan, kelinci, hingga kucing kamu bisa temukan di sana. Tampilan web yang ringan memudahkan kamu untuk mengakses berbagai macam artikel tentang hewan di website-nya.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga tulisan aku mengenai tips merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar di atas bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tulisan Terbaru

Waktu yang Paling Tepat untuk Melakukan Proses Recruitment

Setiap perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang kompeten, profesional, dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan. Namun sayangnya, tidak semua karyawan...