Kepuasan pelanggan adalah salah satu aspek penting dalam dunia bisnis. Terlebih jika bergerak di bidang bisnis jasa atau fnb. Tingkat impresi mereka akan sangat mempengaruhi jalan nya roda bisnis kita kedepan nya. Dalam praktik nya, banyak sekali langkah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan konsumen akan layanan atau produk kita.

Misal, anda adalah seorang Tukang Servis AC, maka cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan seberapa ‘jarang’ konsumen menghubungi anda lagi setelah jasa selesai. Jika anda dipanggil kembali dalam waktu dekat, ada kemungkinan jasa anda kurang baik karena mungkin produk yang anda servis tidak sempurna.

Baca juga: UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, beberapa cara ini membutuhkan effort ekstra, seperti berikut:

Membuat Survei Tingkat Kepuasan Pelanggan

Ini adalah salah satu cara lama yang hingga kini masih sering digunakan. Cara nya pun cukup mudah, jika bisnis mu masih bersifat tradisional dan tidak membutuhkan teknologi digital sebagai aspek utama.

Kamu bisa menuliskan serangkaian pertanyaan terkait kepuasan pelanggan dan memberikan nya pada konsumen saat layanan jasa atau produk mu sudah kamu berikan kepada mereka. Pastikan juga untuk tidak membaca hasil jawaban konsumen didepan mereka ya, agar penilaian tidak subjektif dan terkesan merendahkan konsumen.

Melakukan Survei Rating

Cara ini terbilang baru, biasanya sistem rating berada pada aplikasi. Jika anda mengunduh sebuah aplikasi melalui Play Store misal nya, anda akan menemukan kolom rating dalam bentuk bintang. Rating ini akan menghitung secara otomatis berdasarkan rating yang sudah diberikan pengguna aplikasi.

Aplikasi Halo Jasa
Aplikasi Halo Jasa

Beberapa aplikasi juga bahkan memiliki fitur rating nya sendiri, seperti halo jasa, aplikasi on-demand jasa ini memiliki fitur rating terhadap vendor atas pelayanan mereka ketika layanan selesai. Selain berguna bagi perusahaan, rating semacam ini juga membantu vendor untuk mengetahui kinerja nya.

Menerima segala jawaban konsumen atas produk kita

Menjadi seorang pebisnis berarti kita harus siap dengan segala celotehan konsumen. Baik itu respon positif maupun negatif, meski terkadang menyakitkan. Respon negatif adalah salah satu respon terbaik yang bisa perusahaan terima agar bisnis nya bisa berkembang.

Pastikan bahwa respon negatif dari seorang konsumen lebih kamu perhatikan, selama respon negatif tersebut mengandung kritik yang bisa kamu perbaiki. Jika respon negatif tersebut bersifat hate speech atau cemooh belaka, maka hiraukan perkataan tersebut.

Menjadikan Data sebagai informasi masa mendatang

Semua hasil review yang kamu dapatkan, baik itu digital maupun secarik kertas, harus kamu kumpulkan dan rangkum. Dari hasil rangkuman tersebut, cek seberapa banyak suatu poin diulang oleh konsumen yang berbeda.

Misalnya nih ada dua orang konsumen yang mengeluhkan hal yang sama “Layanan Service AC anda kurang baik karena tidak memperhatikan aspek kebersihan ruangan setelah selesai layanan.” Jika sudah begini, tentu ada satu hal negatif dari anda yang harus anda benahi. Kumpulkan semua data dan berkaca pada opini konsumen.

Itu tadi adalah poin-poin penting mengapa kamu harus mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Sebagai pelaku bisnis, wajib hukumnya kita untuk menerima segala bentuk opini dan kritik dari konsumen.

Karena merekalah yang membuat bisnis kita bisa berjalan dengan baik. Selain berinovasi, pastikan juga selalu mendengar apa yang konsumen mu mau ya. Semoga bisa bermanfaat tulisan kali ini, ya!