Undang-Undang Haki yang Harus Kalian Ketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali usaha yang berkembang secara masif. Para usahawan saling berlomba – lomba untuk menciptakan produk mereka dan bersaing dengan usahawan lain. Oleh karena itu mereka banyak yang memiliki niatan untuk mendaftarkan usaha mereka agar mendapatkan perlindungan dari pengadilan dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Undang – Undang Haki

Undang – undang haki sendiri memiliki beberapa daftar perundang – undangan, sebagai berikut:
– Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 yang menjelaskan mengenai Hak Cipta.
– Undang – Undang Nomor 15 tahun 2001 yang menjelaskan mengenai Merk.
– Undang – Undang Nomor 04 tahun 2001 yang menjelaskan mengenai Paten.
– Undang – Undang Nomor 32 tahun 2000 yang menjelaskan mengenai Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.
– Undang – Undang Nomor 31 tahun 2000 yang menjelaskan mengenai Desain Industri.
– Undang – Undang Nomor 30 tahun 2000 yang menjelaskan mengenai Rahasia Dagang.

BACA JUGA: Pengusaha Baru Wajib Cek Merek HAKI Terlebih Dahulu

Ruang Lingkup Haki

Ada dua jenis haki, berikut adalah penjelasannya:
1. Hak atas ciptaan yang mana hak ini akan merujuk pada subjek ciptaan seperti buku, program komputer, database, hingga fotografi.
2. Hak ekonomi merupakan hak yang memiliki hubungan serta dampak langsung terhadap ekonomi perusahaan sendiri seperti hak distribusi, hak pengadaan, hak penyiaran, hal pinjam masyarakat, hingga hak pertunjukan.

Hak – Hak yang Ada di Haki

Ada beberapa hak yang terkandung di dalam haki, sebagai berikut:
1. Hak kekayaan industri merupakan hak yang akan melindungi suatu perusahaan dari berbagai macam gangguan seperti plagiarisme dan juga nantinya akan mengatur segala sesuatu dalam ruang lingkup industri. Ada pun beberapa hak di dalamnya yaitu ada hak merek, hak desain industri, hak paten, hak rahasia dagang, hak indikasi geografis, dan hak desain tata letak sirkuit terpadu.
2. Hak cipta merupakan hak yang diberikan kepada mereka para pencipta dari produk atau jasa ciptaannya yang mana hak itu bersifat hak eksklusif atau hak khusus.

BACA JUGA: Daftar Merek Dagang Celana Jeans Pria Terkenal

Prinsip – Prinsip dari Haki

Ada beberapa prinsip yang berlaku untuk haki, sebagai berikut:
1. Prinsip sosial merupakan suatu prinsip yang mana memikirkan keseimbangan di antara kepentingan masyarakat luas dengan individu.
2. Prinsip keadilan merupakan sebuah prinsip yang mana prinsip itu memiliki kekuasaan dalam penggunaan hak karya cipta miliknya sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.
3. Prinsip kebudayaan merupakan sebuah prinsip yang mana meningkatkan pengembangan kebudayaan baik itu dari berbagai aspek dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya.
4. Prinsip ekonomi yang mana dapat memberikan keuntungan bagi mereka pemiliknya.

Dengan adanya haki ini, diharapkan para pelaku usaha tetap melakukan dan menjalankan usahanya tanpa adanya gangguan dari pihak lain yang nantinya bersifat merugikan. Haki ini akan melindungi para pemilik usaha dalam naungan pemerintah maupun pengadilan.

BACA JUGA: Hak Eksklusif Atas Jasa Daftar Merek Dagang

Oleh karena itu, sekali lagi mendaftarkan hak intelektual itu sifatnya sangatlah penting. Objek yang diatur pun merupakan objek dari karya – karya yang lahir dan timbul dari kemampuan intelektual perorangan maupun kelompok orang yang nantinya akan direalisasikan.

Undang-Undang Haki semoga dapat menjadi sumber bacaan yang berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa baca dengan seksama dan dengan teliti. Selamat membaca dan senantiasa jaga kesehatan ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top